Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Telinga Berdengung Akibat Flu Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Terganggunya fungsi salah satu indra kita tentu menimbulkan ketidaknyamanan dalam menjalani aktivitas sehari hari. Tahukah anda darimana asal dengungan ini? Saluran pernapasan dan tenggorokan terhubung melalui saluran yang sama (eustachius). Saluran ini memiliki fungsi menyeimbangkan tekanan pada telinga tengah dengan tekanan udara diluar telinga. Ada beberapa cara merawat telinga agar tidak tuli.

ads

Bila flu, saluran tersebut akan penuh dengan lendir. Akibat penimbunan atau penumpukan lendir itulah muncul sumbatan pada saluran yang dapat menyebabkan gangguan seperti infeksi dan dengung bisa terjadi. Tapi jangan khawatir sobat, semua masalah tentu ada solusinya. Demikian pula dengan hal ini. Berikut cara menghilangkan telinga berdengung akibat flu.

  1. Memperhatikan pola istirahat

Saat banyak aktivitas tubuh kita tidak cukup istirahat. Minimnya porsi istirahat fungsi tubuh menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh kita. Ketika hal itu terjadi, maka virus penyebab flu akan lebih cepat berkembang biak.

  1. Merawat kebersihan telinga

cara Menjaga kesehatan telinga secara alami itu penting. Telinga perlu dibersihkan secara berkala agar kotoran telinga tidak menumpuk. Jika tidak dibersihkan maka salah satunya dapat menimbulkan infeksi telinga.

  1. Tidak sering mendengarkan suara keras

Bila terlalu sering mendengarkan suara dengan volume yang keras akan menyebabkan telinga berdengung. Telinga sakit karena headset juga bisa disebabkan karena terlalu keras. Untuk itu jika anda mempunyai hobi mendengarkan musik, usahakan musik tersebut bervolume lembut.

  1. Menggunakan earphone atau headphone seperlunya saja

Penggunaan headphone/earphone membuat suara langsung masuk ke gendang telinga, telinga sakit karena headset, intinya akibat memakai headset terlalu sering memicu timbulnya dengungan pada telinga

  1. Meniup telinga

Langkah ini tentu memerlukan bantuan orang lain. Meniup telinga dapat berfungsi untuk memecah cairan pada telinga. Tentunya jangan meniup terlalu keras agar tidak melukai telinga.

  1. Mengganti posisi berbaring

Memiringkan badan dapat membantu mengeluarkan cairan penyebab berdengungnya telinga.

  1. Mengompres telinga yang berdengung

Dengungan yang muncul akibat infeksi telinga bisa dikurangi dengan mengompres telinga dengan air hangat. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai air kompresan masuk dalam telinga.

  1. Menggunakan obat tetes telinga

Kandungan kimia dari obat tetes telinga dapat menghancurkan/membersihkan kotoran telinga yang menumpuk yang menyebabkan dengungan. Tetes telinga yang digunakan tentunya yang aman digunakan, dapat berupa hasil campuran bahan-bahan alami maupun obat tetes telinga yang dijual di apotek – apotek atau toko obat terdekat. (Artikel Lainnya: Obat Radang Telinga pada Anak


  1. Mengonsumsi obat flu

Dengungan bisa muncul akibat penyakit flu yang tidak kunjung sembuh, untuk itu mengonsumsi obat flu dapat membantu mempercepat menghilangkan dengungan akibat flu. Konsumsi obat flu juga harus didahului dengan membaca aturan pakai pada kemasan obat, pastikan juga obat yang dikonsumsi tidak melebihi tanggal kadaluarsanya. Penggunaan obat yang salah dapat memperburuk kondisi penyakit.

  1. Konsultasi dengan dokter spesialis THT

Dengungan yang tak kunjung hilang pada saat flu atau setelah flu sembuh menandakan ada yang salah pada telinga kita. Untuk itu tidak dianjurkan untuk melakukan hal yang dapat membahayakan atau merusak telinga. Segeralah ke dokter spesialis THT untuk mendapat perawatan dan pengobatan yang benar.

Sebab, resiko terparah dari cara pengobatan yang salah adalah hilangnya fungsi pendengaran kita, untuk itu sangat disarankan tidak melakukan cara pengobatan yang tidak dianjurkan dokter.

Demikian beberapa tips mengenai cara menghilangkan telinga berdengung akibat flu, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah dan keluhan anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan