Sponsors Link

5 Akibat Hidung Mimisan yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Sponsors Link

Mimisan adalah pendarahan dari bagian dalam hidung. Mimisan bisa terjadi pada semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Darah dapat keluar dari salah satu lubang hidung dengan durasi yang berbeda-beda. Ada yang berlangsung beberapa detik, namun ada juga yang lebih dari 20 menit. Faktor yang menyebabkan terjadinya mimisan adalah:

ads

1. Masalah kesehatan tertentu

Jika anda mengalami mimisan tiba-tiba tanpa anda sadari penyebabnya, hal ini kemungkinan sebagai akibat dari penyakit hati, ginjal, atau konsumsi alkohol berlebihan. Anda juga bisa lihat akibat mimisan berlebihan yang akan membahayakan tubuh yang juga bermanfaat untuk di pelajari.

Kondisi ini juga bisa di sebabkan karena masalah kesehatan lainnya yang dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk membekukan darah. Hipertensi dan gagal jantung kongestif. Misalnya, bahakan pilek dan alergi dapat mengakibatkan mimisan tiba-tiba akibat lapisan hidung yang mengalami iritasi.

2. Udara yang kering.

iasanya kondisi ini, lebih sering terjadi pada iklim dingin ketika banyak terjadi infeksi saluran pernapasan atas dan ketika suhu serta kelembapan naik turun secara drastis. Anda juga bisa lihat penyebab anak mimisan mendadak yang belum banyak orang ketahui yang juga bermanfaat untuk anda informasinya.

Perubahan suhu dari lingkungan luar yang dingin ke dalam rumah yang hangat dan kering juga dapat membuat hidung lebih rentan terhadap pendarahan. Namun, anda juga perlu ingat bahwa mimisan bukan hanya terjadi di udara dingin saja, tapi juga pada udara panas dan kering dengan kelembapan rendah atau ketika ada perubahan musim.

3. Penggunaan obat pengencer darah

Obat yang dalam jenis ini misalnya, aspirin, Coumadin atau jantoven, obat anti platelet, dan obat anti-inflamasi nonsteroid ternyata dapat membuat anda mengalami mimisan tiba-tiba yang cukup banyak keluar darahnya. Alasannya, karena obat pengencer darah akan mengubah kemampuan darah untuk menggumpal dan juga membeku.

Anda juga bisa lihat penyebab mimisan setiap hari yang berbahaya yang mungkin bisa membantu anda dalam hal ini. Akibatnya, perdarahan di hidung tidak dapat terhindarkan dan sulit di hentikan. Mengingat tujuan dari obat ini adalah, untuk orang-orang yang memiliki kondisi jantung fibrilasi atrium atau detak jantung yang tidak teratur yang membantu mencegah pembekuan darah.

4. Cedera pada hidung

Cedera yang tidak sengaja pada hidung dapat membuat pembuluh darah di lubang hidung rusak hingga akhirnya mengeluarkan darah. Penyebab mimisan yang satu ini sering terjadi pada anak-anak, saat menggaruk atau mengorek hidung mereka.


Namun, pada orang dewasapun kebiasaan untuk menggaruk hidung yang gatal juga bisa membuat hidung terluka. Sehingga tanpa di sadari hidung mereka akhirnya berdarah.

5. Perubahan hormon selama kehamilan

Mimisan tiba-tiba saat hamil bukanlah hal yang perlu di khawatirkan secara berlebihan. Biasanya penyebab mimisan tiba-tiba saat hamil adalah karena adanya perubahan hormonal. Anda juga bisa ciri-ciri tumor hidung berikut ini! yang bagus juga untuk kita pelajari.

Tingginya kadar hormon saat hamil meningkatkan aliran darah estrogen dan progesteron pada semua selaput lendir di dalam tubuh termasuk pada hidung. Selaput ini kemudian akan membengkak dan melebar hingga dapat menekan pembuluh darah di dalamnya. Akibatnya, pembuluh darah bisa pecah dan membuat hidung berdarah saat hamil.

, , ,
Oleh :
Kategori : mimisan