Sponsors Link

9 Akibat Memakai Headset Terlalu Sering Sangat Berbahaya

Sponsors Link

Salah satu kebiasaan buruk seperti memakai headset yang dilakukan terlalu sering sangat berbahaya karena bisa menyebabkan telinga mengalami cedera khususnya jika volume yang digunakan sangat keras dan meningkatkan risiko terkena macam macam penyakit telinga. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan akan berpengaruh pada listrik otak dan tentunya telinga. Headset sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti earplug, headphone, earphone, in ear monitor dan masih banyak lagi jenis lainnya. Seperti halnya menonton televisi dan terlalu lama menggunakan komputer yang bisa merusak mata, akibat memakai headset terlalu sering juga akan berdampak buruk bagi kesehatan telinga seperti beberapa masalah yang bisa ditimbulkan berikut ini.

ads
  1. Penyebab Telinga Berdengung

Akibat memakai headset terlalu sering yang pertama bisa menjadi penyebab telinga berdengung dan akhirnya menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman pada pendengaran. Telinga berdengung yang terjadi serupa pada saat melakukan perjalanan dengan pesawat.

  1. Kerusakan Permanen Telinga

Kerusakan telinga secara permanen juga bisa terjadi saat headset terlalu sering digunakan. Ini bisa terjadi karena telinga tidak kuat menahan suara terlalu keras yang dihasilkan headset dan berlangsung terlalu lama yang umumnya lebih sering terjadi pada usia remaja.

  1. Pendengaran Hilang Pada Usia 20-an

Dari hasil penelitian, akibat memakai headset terlalu sering memang efeknya tidak langsung terasa. Kerusakan akibat kebiasaan buruk ini akan muncul secara bertahap dimana pada umumnya akan mulai dirasakan saat usia 20-an yakni mulai terjadinya penurunan kemampuan telinga untuk mendengar dan menimbulkan gejala tinnitus.

  1. Kerusakan Otak

Tidak hanya telinga saja yang merasakan dampak buruk dari penggunaan headset, namun kerusakan pada otak juga bisa terjadi karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkan headset tersebut. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan headset akan mempengaruhi listrik otak sehingga kinerja otak akan terganggu dan kemudian rusak.

  1. Kelelahan Pada Telinga

Seseorang yang sangat senang mendengarkan musik memakai headset menamakan kelelahan telinga dengan sebutan ear fatigue yang bisa terjadi pada saat telinga mendengar stimulus dari suara secara bersamaan dan terjadi dalam waktu yang lama. Kelelahan telinga ini nantinya akan membuat telinga terasa sakit dan juga perih, tidak nyaman dan kesulitan dalam menangkap gelombang suara dan bahkan bisa menjadi penyebab telinga berdarah.

  1. Kuman Akan Masuk ke Telinga

Kuman juga bisa masuk ke dalam telinga akibat memakai headset terlalu sering. Headset yang seringkali di letakkan pada tempat terbuka dan sangat jarang dibersihkan menjadi tempat subur pertumbuhan kuman sehingga kuman serta bakteri berpindah ke dalam telinga dan tumbuh subur didalamnya.

  1. Menyebabkan Radang Telinga

Pemakaian headset yang terlalu sering juga bisa mengakibatkan radang telinga. Peradangan telinga yang terjadi nantinya akan menjadi penyebab telinga berdenging sebelah kanan atau kiri dan kemudian akan menyebabkan telinga rusak secara permanen karena peradangan sudah berubah menjadi kronis.


  1. Perkembangan Bakteri

Seperti pada bagian tubuh lainnya, di dalam telinga manusia juga dipenuhi dengan sejumlah bakteri namun sebagian diantaranya tidak berbahaya dan bahkan merupakan bakteri yang menguntungkan. Namun sebagian kecil dari bakteri lainnya bisa menimbulkan masalah kesehatan. Penggunaan headset terlalu sering bisa merangsang pertumbuhan bakteri karena suhu dan kelembaban meningkat pada saluran pendengaran. Hal ini akan membuat telinga lebih rentan terhadap infeksi karena bakteri patogen terlalu banyak di dalam telinga.

  1. Radiasi Elektromagnetik

Akibat memakai headset terlalu sering lainnya adalah radiasi elektromagnetik dari transmisi radio yang juga berlaku pada headset nirkabel serta telepon seluler itu sendiri yang akan mengganggu fungsi daun telinga. Dari beberapa penelitian membuktikan jika ada hubungan daro elektromagnetik dengan kesehatan dimana headset akan menyebabkan telinga terkena radiasi elektromagnetik yang tidak hanya merusak telinga namun juga merusak otak secara permanen dalam pemakaian jangka panjang.

Akibat memakai headset terlalu sering yang tidak disadari ini ternyata sangat berdampak buruk untuk telinga dan juga otak yang sampai bisa menyebabkan kehilangan pendengaran secara permanen. Selain itu penggunaan headset di berbagai area keramaian juga akan menurunkan tingkat kewaspadaan sehingga rawan kecelakaan. Untuk itu, sudah seharusnya kita semua selalu melakukan cara menjaga kesehatan telinga secara alami yang salah satunya bisa dilakukan dengan memakai headset secara tepat dan sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup