Sponsors Link

4 Akibat Penyakit Polip yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Apakah Polip?

ads

Anda tentu pernah mendengar seseorang yang didiagnosis menderita polip, dalam kasus ini polip hidung. Namun perlu kita ketahui bahwa polip sendiri memiliki pengertian yang lebih luas, dan tidak hanya terjadi di hidung saja.

Definisi Polip adalah sebuah jaringan abnormal dengan tangkai yang dapat tumbuh dimana saja dalam tubuh. Ukuran polip biasanya kecil dan tangkainya menyerupai jamur dengan sifat jinak.

Akan tetapi karena polip merupakan sebuah jaringan tidak normal, perlu diwaspadai bahwa polip dapat berkembang menjadi ganas (kanker). Gejala polip sendiri juga beragam tergantung dimana polip tersebut tumbuh.

Lalu apa sebenarnya akibat penyakit polip itu sendiri? Meskipun pada umumnya jinak, tapi polip juga dapat memberikan dampak pada tubuh dan kesehatan.

Seperti yang telah disampaikan bahwa polip dapat tumbuh dimana saja dan, bisa di hidung, usus, lambung atau rahim. Berikut ini beberapa akibat penyakit polip yang harus diwaspadai :

1. Polip pada usus

Jika polip tumbuh pada usus berikut ini akibat yang mungkin terjadi:

  • Dapat menimbulkan pendarahan pada usus besar. Biasanya akan disertai dengan feses yang bercampur dengan darah.
  • Dapat menimbulkan sembelit atau malah diare yang berlangsung berhari-hari.
  • Mudah lelah dan sesak nafas. Hal ini mungkin terjadi karena penyerapan nutrisi atau zat yang dibutuhkan oleh tubuh tidak dapat berlangsung dengan optimal karena adanya polip di usus.
  • Selain itu polip juga berakibat rasa sakit pada perut seperti terlilit-lilit.

2. Polip pada hidung

Sedangkan jika terdapat pada hidung, akibat penyakit polip adalah sebagai berikut :

  • Akibat paling umum polip pada hidung adalah kesulitan untuk bernafas. Jalannya pernafasan akan tertutup oleh jaringan polip sehingga hal tersebut mungkin akan mengganggu waktu istirahat anda.
  • Keluar ingus yang berlebihan juga menjadi akibat polip pada hidung.
  • Postnasal drip (lendir yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan).
  • Sakit kepala
  • Sleep apnea parah dimana penderita dapat berhenti bernafas ketika seadng tidur.

3. Polip pada rahim

Hal ini cukup ditakuti oleh kaum perempuan. Kenapa? karena polip pada rahim dapat membawa akibat seperti uraian berikut ini:

  • Perubahan jadwal menstruasi
  • Pendarahan yang berlebihan ketika sedang menstruasi
  • Munculnya bercak darah di vagina meskipun bukan pada jadwal menstruasi.
  • Ada tanda-tanda ketidaksuburan

Tentu beberapa hal di atas sangat diwaspadai oleh kaum perempuan terlebih polip dapat menghambat proses mendapatkan keturunan. Jika polip tumbuh pada bagian serviks atau bagian bawah rahim maka dapat berakibat pendarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual.

4. Polip pada saluran kemih

Pernahkah anda merasa anyang-anyangan, gangguan BAK atau nyeri saat BAK dan juga darah yang bercampur dengan urine? Maka bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh polip yang tumbuh pada saluran kemih anda.

Berdasarkan penjelasan di atas ternyata akibat penyakit polip sendiri sangat beragam. Gangguan atau dampak yang terjadi tergantung dari dimana jaringan polip itu sendiri tumbuh. Apakah polip bisa diobati? Saat ini anda dapat menemukan obat polip hidung di apotek atau menggunakan cara alami mengobati polip hidung dan juga obat herbal polip.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Polip