Sponsors Link

6 Alat Terapi Tinnitus Sudah Teruji Keampuhannya

Sponsors Link

Hampir semua orang di dunia setidaknya pernah mengalami tinnitus atau telinga berdengung setidaknya satu kali selama hidup. Bunyi atau suara yang terjadi tidak berasal dari luar tubuh namun terjadi di dalam yang bisa terjadi salah satunya karena mendengar suara yang terlampau keras dalam waktu yang cukup lama. Tinnitus ini umumnya terjadi dalam waktu singkat sekitar beberapa jam dan akan hilang dengan sendirinya.

ads

Namun untuk sebagian penderita mengalami tinnitus ini secara berkepanjangan yang tentunya sangat mengganggu aktivitas dan menjadi salah satu penyebab telinga sakit. Tinnitus yang terjadi dalam waktu lama akan menimbulkan masalah tidur, depresi dan juga kecemasan.

Untuk mengatasi tinnitus bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan bahan alami untuk tinnitus ringan, obat obatan yang diresepkan dokter atau bisa dibeli bebas di apotik dan juga memakai alat terapi tinnitus yang semuanya bisa dilakukan untuk menyembuhkan tinnitus. Dalam ulasan kali ini, kami akan mengulas secara khusus tentang beberapa jenis alat terapi untuk tinnitus yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. Alat Bantu Dengar

Alat terapi untuk tinnitus pertama adalah alat bantu dengar untuk meningkatkan pendengaran dan juga mengurangi tinnitus serta mengatasi macam macam penyakit telinga. Dengan alat ini, pendengaran bisa lebih ditingkatkan dan gangguan tinnitus bisa dikurangi. Alat ini dipakai dengan cara mengambil suara ambien diatas mikrofon yang sebelumnya sudah diperkuat kemudian dimasukkan ke dalam telinga.

Hal ini akan membuat pemakainya bisa lebih fokus pada suara dan nada yang ada di sekitar. Suara daun di hutan, musik yang indah, desiran ombak dan suara menenangkan lainnya akan sangat menenangkan dan memperkecil ruang lingkup tinnitus. Pada beberapa penderita yang sudah menggunakan alat terapi ini mengaku jika hampir tidak mendengar suara mendengung dari tinnitus pada saat alat ini dinyalakan.

  1. Tinnitus Noiser

Beberapa jenis instrumen pendengaran juga sebagian dilengkapi dengan fungsi noiser. Kombinasi alat terapi tinnitus ini akan memperkuat suara yang ada di sekitar sehingga bisa membantu mengurangi gangguan yang ditimbulkan tinnitus sekaligus mencegah kerusakan fungsi daun telinga. Noiser menghasilkan suara yang lembut untuk mengalihkan gangguan tinnitus. Alat ini sangat mudah digunakan yakni dengan cara menyentuh tombol fungsi alat pendengar murni atau fungsi noiser murni atau bisa juga kombinasi dari keduanya.

  1. Masking

Masking merupakan alat terapi tinnitus yang juga dipakai sebagai alat bantu dengar yang menghasilkan white noise tingkat rendah seperti contohnya desis bernada tinggi yang sangat berguna untuk mengurangi persepsi tinnitus dan juga menghambat residu tinnitus khususnya penyebab telinga berdenging sebelah kanan.

  1. Biofeedback

Tinnitus menyebabkan tingkat stres tinggi bagi penderita sehingga sangat mengganggu. Biofeedback merupakan teknik relaksasi yang akan mengendalikan stres dengan cara mengubah respon tubuh. Alat terapi tinnitus ini adalah elektroda yang dilekatkan pada kulit sehingga berhubungan dengan denyut nadi, suhu kulit dan juga ketegangan otot ke komputer. Alat ini akan menampilkan output pada monitor dimana pasien akan belajar untuk mengubah pikiran dan juga perasaan sekaligus mengurangi stres yang diakibatkan tinnitus penyebab telinga berdengung.


  1. Terapi Pengobatan Gigi

Beberapa pakar mengatakan jika tinnitus yang terjadi bisa dipengaruhi karena masalah temporomandibular joint [TMJ] dimana tulang rahang melekat pada kepala tepat di bagian depan telinga. Perawatan gigi dikatakan bisa meringankan gejala tinnitus serta cara mengatasi telinga berdenging sebelah kiri sebab otot serta saraf yang ada di rahang dan telinga saling berkaitan dengan erat.

  1. Conchlear Implants

Conchlear impants merupakan piranti yang ditanamkan pada telinga yang umumnya digunakan untuk mengatasi tuli berat dan cara mengobati telinga berdengung. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tinnitus yang berhubungan dengan masalah pendengaran kronis. Alat ini akan bekerja dengan cara mengirimkan sinyal listrik dari telinga menuju otak.

Beberapa alat terapi tinnitus ini bisa menjadi solusi mengatasi telinga berdengung khususnya untuk penderita yang tidak ingin mengkonsumsi obat. Beberapa alat ini bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masing masing penderita. Semoga bisa bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tinnitus