Sponsors Link

5 Antibiotik Penyakit Sinusitis Menyembuhkan dalam Hitungan Jam

Sponsors Link

Berbicara tentang penyakit, sebagian besar disebabkan oleh adanya mikroorganisme jahat berupa bakteri, virus, ataupun jamur yang menyerang tubuh disaat sistem kekebalannya menurun. Pada saat sistem kekebalan tubuh menurun, mikroorganisme jahat akan jauh lebih mudah menginfeksi dan menularkan penyakit yang ia bawa, salah satu jenis penyakit umum yang disebabkan karena bakteri dan jamur adalah sinusitis. Sinusitis adalah penyakit yang ditandai dengan gejala terjadinya peradangan atau pembengkakkan dibagian sinus atau rongga hidung. Peradangan tersebut membuat penderita akan kesulitan bernafas, kehilangan indra penciumannya, dan lain lain. Bahkan untuk penderita penyakit sinusitis akut, bagian hidungnya kerap mengeluarkan cairan seperti nanah yang berwarna kuning kehijauan. Apabila hal ini terjadi, haruslah diambil antisipasi yang cepat dan tepat, seperti konsultasi ke dokter atau dengan cara pemberian antibiotik. (Baca juga : terapi sinusitis)

ads

Antibiotik adalah bahan kimia yang telah diracik khusus yang menargetkan kepada mikroorganisme jahat yang dirasa menjadi penyebab timbulnya gejala penyakit. Antibiotik yang bertujuan untuk membunuh virus juga berfungsi pula untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain pengobatan secara alami, antibiotik sebaiknya segera digunakan apabila gejala penyakit tidak kunjung hilang bahkan semakin parah. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menentukan antibiotik seperti apa yang cocok untuk anda gunakan. Hal ini sangat penting, karena tidak semua antibiotik cocok dengan sistem metabolisme anda. Ada beberapa antibiotik yang tidak bisa dikonsumsi oleh beberapa orang yang memiliki alergi tertentu. Jika hal ini diremehkan, maka antibiotik tidak memberikan pengaruh apapun atau justru akan memberikan pengaruh buruk kepada tubuh.

Adapun beberapa contoh antibiotik penyakit sinusitis yang kerap diberikan dokter untuk menyembuhkan penderita sinusitis antara lain sebagai berikut:

  1. Macrolide

Macrolide adalah salah satu obat yang bisa anda gunakan untuk mengobati gejala sinusitis. Jenis antibiotik ini tergolong aman, karena sifat antibiotik ini lembut dan sangat efektif untuk membunuh bakteri dan virus penyakit sinusitis. Selain itu, Macrolide juga kerap dianjurkan dokter sebagai obat mengatasi sinusitis bagi penderita anak-anak, karena memiliki daya toksiksitas yang rendah. Jenis antibiotik seperti eritromisin, azitromisin, klaritromisin, ecomed, dan lain lain juga masih termasuk didalam antibiotik Macrolide.

  1. Penisilin

Penisilin adalah salah satu jenis antiobtik yang termasuk ampuh, karena daya kerja antibiotik ini adalah menghentikan sintesis protein didalam sel bakteri atau virus. Sehingga sel bakteri sinusitis dapat dibunuh secara pasti meskipun perlahan. Ada banyak antiobiotik lain yang masih sekelompok dengan jenis penisilin, seperti ampisilin, mazpotsilin, amoxilin, dan lain lain. Sebenarnya bagi anda yang tidak memiliki riwayat alergi, antibiotik penisilin tidak memberikan efek samping yang begitu berpengaruh. Namun, bagi anda yang memiliki alergi dengan kandungan penisilin sebaiknya mencoba untuk mengkomsumsi obat alternative lain yang disarankan oleh dokter.

Terkhsus unutuk jenis amaoxilin, sebaiknya gunakan sesuai dosis yang telah dianjurkan secara tepat. Dosis penggunaannya untuk orang dewasa adalah 250 hingga 500 mg per 8 jam. Sedangkan untu usia anak – anak, konsumsilah obat ini dengan dosis 125 hingga 250 mg setiap per 8 jam. Amoxilin bahkan tidak hanya mengatasi infeksi pada bagian sinus, namun juga dapat mengobati infeksi yang terjadi pada saluran kemih, kemudian untuk mengobati bronchitis, dan beberapa penyakit lainnya. Amoxilin juga dikatakan memberikan sedikit efek samping dalam konsumsinya, seperi gejala mual, diare, dan ruam. Namun apabila gejala tersebut masih berjalan sekedarnya dan tidak berlebihan, anda tidak perlu risau.

  1. Tetrasiklin

Selain penisilin dan macrolide, tetrasiklin juga termasuk salah satu antibiotik yang dapat mengatasi penyakit sinusitis anda. Untuk jenis obat ini bisa digunakan lama atau dalam jangka waktu yang panjang. Adapun obat yang memiliki jenis seperti tetrasiklin antara lain doxycycline, moroklin, vidoksin, dan lain lain. Tetrasiklin umunya jarang dijadikan obat utama, namun lebih bersifat sebagai obat penunjang saja. Selain untuk mengobati penyakit sinusitis, antibiotik tetrasiklin juga kerap digunakan untuk mengatasi jerawat, bintik hitam, dan lain lain yang disebabkan adanya bakteri atau jamur yang menempel dan menginfeksi pada bagian tertentu pada tubuh.


  1. Ceftriaxone

Antibiotik ceftriaxone adalah antibiotik yang paling popular atau yang palings erring direkomendasikan para dokter untuk anda yang mengidap penyakit sinusitis. Ceftriaxone dianggap dapat bekerja jauh lebih cepat dalam membunuh bakteri sinusitis dibandingkan dengan antibiotik lain. Selain itu, antibiotik ini juga aman bagi anda yang memiliki riwayat alergi tertentu. Ceftriaxone terfokus untuk bekerja dan mempengaruhi bakteri, virus, dan jamur melalui aliran darah. Efek dari obat ini akan berpengaruh maksimal apabila dikonsumsi setidaknya 4 hingga 7 hari.

  1. Sefalosporin

Antibiotik ini sebenarnya memiliki kesamaan dengan tetrasiklin. Obat ini bisa menjadi salah satu pilihan dari beragam antibiotik untuk mengatasi penyakit sinusitis. Sefalosporin atau yang biasa diperjualbelikan dengan nama mefoxin ini dapat bekerja secara maksimal setelah penggunaan setidaknya 3 hari.

Berikut merupakan beberapa jenis obat atau antibiotik yang dapat digunakan bagi anda yang sedang menderita penyakit sinusitis. Sebaiknya gunakan berbagai jenis obat diatas sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter, jangan dilebihkan ataupun dikurangi. Hindari pula penggunaan antibiotik secara bersamaan tanpa didahulu konsultasi terlebih dahulu dengan orang yang paham dibidang kesehatan, karena hal ini bisa saja mengurangi daya kerja antibiotik dalam membunuh sel bakteri. Selain itu, beberapa daftar antibiotik diatas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, karena konsumsi dalam dosis yang tinggi dan waktu yang berkepanjangan dapat mempengaruhi proses perkembangan dan pertumbuhan sang bayi.

Sebagai individu, seharusnya kita tidak hanya mempelajari atau mengetahui informasi cara pengobatannya penyakitnya saja, namun juga hal seputar bagaimana cara penyakit itu bisa menular dan juga cara mencegah penyakit itu dari awal. Dan tahukah kamu? Bahwa virus atau bakteri yang menjadi awal mula penyakit sinusitis ini membutuhkan waktu setidaknya 2 hingga 3 minggu untuk dapat berhasil menyerang sistem kekebalan tubuh. Selain itu jika anda mengidap penyakit sinusitis, sebaiknya hindarilah kondisi atau udara yang dingin. Karena pada saat udara dingin, flu akan menjadi semakin parah dan hal tersebut akan meningkatkan peradangan atau pembengkakkan padan sinus atau rongga hidung anda.

Penggunaan antibiotiokpun sebaiknya tidak disarankan untuk dijadikan sebuah kebiasaan. Karena bagaimanapun ada banyak unsur kandungan kimia didalam antibiotik, dan tubuh pun tetap punya standar atau batas dalam mentolerir kandungan bahan kimia yang masuk. Oleh karena itu, sebaiknya iringi pula metode pengobatan dengan cara yang alami pula. Beberapa pengobatan alami yang bisa anda terapkan untuk mengobati penyakit sinusitis antara lain :

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih adalah salah satu metode alami yang sangat berpengaruh untuk kesehatan, namun banyak yang meremehkannya. Air putih adalah kunci utama larutan yang mampu membuang sisa sisa kotoran di pencernaan, dan mengerluarkan bakteri, racun yang terdapat didalam tubuh. Dengan memperbanyak meminum air putih, maka tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berpotensi untuk menyerang anda.

  1. Tingkatkan Konsumsi Buah-Buahan

Bagi penderita penyakit sinusitis, metode alami selain pengobatan menggunakan antibiotik yang bisa anda lakukan adalah dengan cara meningkatkan konsumsi buah, terutama buah yang bersifat masam. Buah yang masam seperti jeruk, belimbing, nanas, dan lain lain umumnya memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih banyak dibandingkan buah yang bersifat manis. Metode ini tentunya akan jauh lebih mudah dilakukan dibandingkan metode pengobatan dengan antibiotik. Selain itu, vitamin C didalam buah membantu tubuh untuk meningkatkan kembali sistem imun atau sistem kekebalan tubuhnya, Sehingga membuat mikroorganisme jahat berbentuk virus, bakteri, dan jamur dapat mati dan tidak dapat menginfeksi tubuh anda lagi dikemudian hari.

  1. Membiasakan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat tidak hanya bergantung sepenuhnya pada pola makan dan minuman yang anda konsumsi. Tapi juga ditentukan oleh gaya hidup di keseharian yang anda jalani. Sebaiknya hindarilah jauh jauh kebiasaan mengkonsumsi alcohol dan kebiasaan merokok. Selain itu jagalah kondisi kebersihan diri (terutama kebersihan gigi dan bagian mulut untuk para penderita penyakit sinusitis) dan juga kebersihan lingkungan disekitar anda agar tidak menjadi sarang penyakit atau sarang bakteri dan jamur. Karena sesungguhnya gaya hidup yang baik akan menciptakan hidup yang sehat pula.

Beberapa metode pengobatan secara alami tersebut bisa anda gunakan dan anda jadikan alternatif atau bahkan penunjang selagi anda melakukan tipe pengobatan penyakit sinusitis dengan antibiotik. Namun perlu diketahui dengan jelas, sebaiknya anda segera bergegas kerumah sakt apabila penyakit sinusitis sudah berada ditahap yang akut atau kronis. Penyakit sinusitis yang kronis dan akut biasanya ditandai dengan gejala seperti:

a. Pembengkakkan parah dibagian seluruh wajah

Apabila sekiranya pembengkakkan sinusitis yang awalnya hanya terjadi didaerah rongga hidung saja telah menyebar ke daerah wajah, tenggorokan, mulut, dan bagian lainnya segeralah pergi ke rumah sakit. Karena jika dibiarkan, penderita akan kekurangan suplai oksigen didalam tubuh yang diakibatkan karena susahnya menghirup oksigen baik dari hidung maupun dari mulut. Kekurangan oksigen dalam waktu yang relati lama akan mengakibatkan organ organ vita dalam tubuh, seperti jantung, otak, paru – paru dapat berfungsi tidak maksimal. Maka cepat atau lambat dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya secara meluas.

b. Penglihatan terganggu atau kabur

Saat penderita penyakit sinusitis mengeluhkan bahwa penglihatan sudah mulai tidak jelas atau kabur itu merupakan tanda “lampu merah” bagi anda. Segeralah larikan kerumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penglihatan yang kabur bisa disebabkan karena terjadinya pembengkakkan di bagian dalam, sehingga mungkin saja tidak terlalu begitu nampak apabila dilihat dari luar. Hal ini akan lebih diperkuat pula apabila disertai dengan cairan kuning kehijauan yang keluar secara terus menerus dari rongga hidung.

c. Pingsan

Apabila penderita pingsan secara tiba tiba, jangan biarkan dan mencoba untuk menangani penyakit yang dideritanya secara mandiri. Karena mungkin pingsan dapat terjadi diakibatkan adanya rasa sakit yang luar biasa dan tidak mampu ditoleransi oleh tubuh. Pingsan juga merupakan tanda bahwa suplai oksigen yang masuk ketubuh dan dialirkan kebagian organ otak juga berkurang. Sehingga otak tidak dapat merespon syaraf dan sel tubuh dalam memberikan sinyal terkait keadaan tubuh. Disarankan, apabila penyakit ini sudah sangat dirasa menyiksa anda sebaiknya segeralah minta bantuan dari kerabat atau teman anda untuk menemani jika sewaktu-waktu kondisi akan semakin memburuk.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan