Sponsors Link

Wajib Tahu 7 Antibiotik untuk Amandel Kronis Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Penyakit amandel bisa menimbulkan gangguan dan masalah di dalam kehidupan. Bahkan karena penyakit akibat melanggar pantangan setelah operasi sinusitis ini, kenikmatan saat makan tidak bisa dirasakan dengan sempurna dikarenakan untuk makan saja, tenggorokan sudah terasa sakit. Maka dari itu, antibiotik untuk amandel menjadi syarat hilangnya masalah sehingga kehidupan anda kembali nyaman.

ads

Penyakit amandel muncul manakala di dalam amandel bersarang tonjolan organ akibat peradangan. Penyebabnya bermacam-macam yang salah satunya akibat serangan bakteri dan jamur. Efek dari penyakit ini, tenggorokan menjadi kering dan panas yang terkadang berdampak pada munculnya demam tubuh. Selain itu, efek penyakit amandel juga bisa menimbulkan luka di daerah mukosa mulut yang disebut luka sariawan.

Penyakit amandel harus diobati segera dengan menggunakan makanan pereda sakit tenggorokan serta diberikan antibiotik yang banyak dijual di apotik. Obat kimiawi yang bisa menghentikan serangan peradangan (inflames) sekaligus memperkuat tenggorokan dari serangan radang amandel lanjutan. Ini dia beberapa antibiotik untuk amandel yang bisa dicoba serta sering dijadikan rujukan oleh dokter spesialis THT.

Antibiotik Untuk Amandel

  1. Parasetamol

Anggapan  bahwa parasetamol hanya antibiotik penghilang demam adalah salah, karena faktanya parasetamol juga mempunyai dampak analgetik yang juga bisa menyembuhkan nyeri ringan hingga akut. Maka dari itu, obat ini sering dijadikan rujukan sebagai obat amandel yang banyak dijual di apotik. Uniknya, obat ini bisa anda dapatkan dengan bebas sekalipun tanpa adanya resep dokter.

Jika pasien yang mengalami amandel adalah anak kecil berusia di bawah 10 tahun, lebih baik gunakan cara pencegahan kanker nasofareing yaitu diberikan obat parasetamol yang dikemas dalam bentuk sirup karena dosisnya lebih ringan. Sedangkan bagi pasien orang dewasa boleh mengkonsumsi parasetamol tablet.

  1. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat apotik yang memiliki efek analgetik dan antipiretik sehingga cukup bagus jika digunakan untuk meredakan gejala radang amandel. Selain itu, obat ini juga meredakan sakit kepala hingga masalah demam tubuh.

Dari segi khasiat, ibuprofen masih lebih baik dari cara menyembuhkan kanker tenggorokan menggunakan obat parasetamol. Karena antibiotik ini memiliki senyawa lebih lengkap dengan kadar persentasi yang lebih ideal. Selain itu, di dalam senyawa ibuprofen juga terdapat zat yang bekerja sebagai antiinflamasi atau peradangan sehingga berbagai bentuk radang dan bengkak termasuk radang amandel bisa disembuhkan dengan segera.

  1. Aspirin

Aspirin lebih populer sebagai obat sakit kepala dibandingkan obat radang amandel. Walaupun begitu, khasiat obat ini ketika menyembuhkan radang amandel sangat luar biasa bahkan tingkat kesembuhannya juga cepat. Khasiat ini terjadi karena aspirin juga mengandung zat khusus yang bekerja sebagai antipiretik sehingga berbagai macam peradangan bisa diatasi termasuk radang tenggorokan (amandel).


  1. Amoksisilin

Antibiotik untuk amandel yang keempat adalah amoksisilin. Amoksisilin merupakan obat berspektrum luas yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan nyeri akibat peradangan kronis. Obat ini mudah didapat bahkan anda juga bisa membelinya secara langsung sekalipun tanpa resep dokter.

Kategori obat dibagi dua yaitu obat untuk  faktor penyebab amandel bagi orang dewasa dan obat untuk anak-anak. Biasanya amoksisilin untuk anak-anak dikemas dalam bentuk sirup bukan tablet.

  1. Cefadroxil

Cefadroxil adalah antibiotik untuk radang amandel yang memiliki dosis cukup tinggi. Untuk menggunakan obat ini syaratnya adalah harus ada resep dokter serta sudah melewati berbagai uji kesehatan termasuk tes darah, uji gula darah hingga tes masalah gangguan kardiovaskuler.

Cefadroxil tergolong obat kimia yang memiliki efek samping bagi kesehatan manakala tidak dikonsumsi secara benar. Salah satu afek samping jenis pengobatan kanker laring ini adalah menimbulkan demam tinggi hingga masalah pernafasan akut.

  1. Eritromisin

Jika anda bermasalah dengan enam obat amandel diatas apalagi sampai mengalami alergi obat, maka antibiotik eritromisin bisa dicoba untuk mengobati penyakit radang amandel. Dengan obat ini, sifat alergi juga disembuhkan dengan cepat sehingga anda tidak lagi alergi dengan obat amandel tertentu.


Eritromisi merupakan obat amandel jenis antibiotik yang bekerja sebagai antiinflamasi dan antibodi. Artinya, dengan obat yang dipadukan dengan cara mencegah tuli konduktif ini gejala radang amandel akan lebih ringan bahkan sembuh serta masuknya bakteri yang ingin kembali melakukan serangan bisa dijegal sejak awal.

  1. Azithomycin

Azithomycin merupakan obat amandel jenis antibiotik yang paling berkhasiat dibandingkan obat jenis lain. Harganya memang agak mahal tetapi setara dengan khasiat yang diberikan yaitu penyakit amandel bisa sembuh hanya dalam 5 hari penggunaan.

Obat ini lebih ampuh daripada makanan yang dilarang setelah operasi sinus jika digunakan untuk mengatasi amandel stadium ringan dan rendah. Karena jika geala sudah tinggi, tidak ada lagi tindakan pengobatan yang bisa dilakukan kecuali tindakan operasi pengangkatan amandel.

Itulah beberapa antibiotik untuk amandel yang bisa anda beli di apotik terdekat. Silakan gunakan obat ini secara baik agar anda tidak merasakan efek samping obat yang terkadang sangat berbahaya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Medis