Sponsors Link

7 Bahaya Amandel yang Menyakitkan Bagi Anak

Sponsors Link

Radang amandel merupakan penyakit yang muncul akibat adanya pembengkakan di tenggorokan. Biasanya, penyakit ini menyerang anak kecil, walaupun ada juga kasus radang amandel menyerang remaja akibat pelanggaran terhadap pantangan setelah operasi sinusitis. Penyebab penyakit amandel salah satunya adalah asap rokok. Maka dari itu, orang tua dilarang merokok di depan anak di bawah umur jika tidak ingin si anak terpapar bahaya amandel yang kronis.

ads

Penyakit amandel memicu munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya. Berikut ini beberapa rilisnya yang harus diketahui dan dihindari jika ingin putra-putri anda memiliki tenggorokan (amandel) yang sehat. Sebuah narasi tentang resiko penyakit amandel yang bisa membuat anak mengalami rasa sakit luar biasa.

Bahaya Amandel Bagi Anak

  1. Abses Peritonsil

Abses peritonsil adalah penyakit yang terjadi akibat adanya peristiwa perpindahan bakteri dari amandel menuju organ tonsil. Akibat peristiwa tersebut, organ tonsil meradang karena jaringan lunaknya dipenuhi nanah dan darah. Jika pembengkakan ini semakin membesar akibat tidak segera makan makanan pereda sakit tenggorokan, leher ikut meradang dengan rasa sakit yang hebat.

Akibat penyakit abses peritonsil, anak akan kesulitan menggerakkan mulut sehingga pola makannya bermasalah. Ini yang membuat berat badan anak turun secara ekstrem.

  1. Sleep Apnea

Sleep Apnea merupakan gejala gangguan pernafasan akibat infeksi pada saluran napas. Sleep Apnea sendiri terjadi manakala radang amandel berhasil menyumbat saluran pernafasan di tenggorokan. Gejala Sleep apnea bisa dilihat saat tidur yaitu, nafas berhenti beberapa saat dan terlalu dangkal.

Jika Sleep Apnea kadung terjadi, solusi terbaiknya ialah melakukan cara pencegahan kanker nasofaring, tonsilektomi yaitu tindakan pembedahan untuk mengangkat amandel. Tindakan operasi ini harus dilakukan dengan cepat. Karena jika terlambat sedikit saja, nyawa anak bisa tidak tertolong.

  1. Radang Ginjal

Penyakit radang amandel terjadi akibat adanya serangan bakteri di dalam organ amandel. Jika bakteri ini juga masuk ke dalam tubuh karena ikut aliran darah, maka salah satu organ tubuh yang bakal terkontaminasi adalah Glomerull.

Glomerull sendiri berfungsi sebagai penyaring senyawa padat di dalam darah yang posisinya berdekatan dengan ginjal. Kerjanya adalah membantu mensterilkan darah sebagai unsur yang harus menetap dalam tubuh dengan kristal purin dan detok sebagai senyawa yang harus dikeluarkan dari tubuh sebagai urine.  Jika organ glomerull sudah diserang bakteri tanpa cara merawat penderita kanker nasofaring, pembengkakan pasti terjadi sehingga organ ginjal pun mengalami peradangan yang disebut radang ginjal.

  1. Demam

Anak yang mengalami penyakit radang amandel, biasanya disertai dengan demam tinggi. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang berhasil membuat mineral di sekitar organ amandel mengering. Akibatnya, berbagai kuman dan bakteri berkumpul di area tersebut untuk mengeluarkan semacam zat pekat pembawa hawa panas.

Demam sendiri merupakan gejala nomor satu munculnya penyakit amandel. Jika gejala ini muncul disertai rasa sakit saat menelan, segera bawa pasien ke dokter THT agar bisa dilakukan tindakan serius dengan segera. 


Pemeriksaan dilakukan demi tujuan untuk mencegah penyakit amandel bertambah parah. Karena jika radang amandel terlanjur parah, pengobatan jenis apapun sudah terlambat sedangkan peluang kesembuhan atas penanganan yang diberikan relatif sangat kecil.

  1. Abses Tenggorokan

Bahaya amandel yang kelima dan bahaya kanker nasofaring akut adalah munculnya abses tenggorokan. Manakala radang amandel belum pecah, bentuk bengkaknya masih tertutup kulit lunak. Tetapi jika sudah pecah dan terluka, amandel menjadi  kempes dan darah serta nanah memenuhi sekitar amandel.

Jika darah dan nanah tersebut dibiarkan dalam waktu lama, bakteri akan kembali melakukan distraksi sehingga pembelahan sel dalam darah menjadi radikal. Selain itu,  kuman yang ada dalam nanah juga ikut melakukan serangan yang mengakibatkan luka amandel berganti borok. Ini yang disebut abses tenggorokan yang tidak bisa disembuhkan dengan cara menyembuhkan kanker tenggorokan secara alami.

  1. Tumor Amandel

Jangan sepelekan penyakit amandel penyebab kanker nasofaring. Sekalipun penyakit ini tergolong pertengahan namun kesalahan diagnosis bisa menimbulkan masalah yang baru.

Jika proses pembengkakan penyakit amandel sangat cepat, anda patut bertanya-tanya. Apakah ini penyakit amandel murni atau tumor. Karena gejala amandel murni, durasi bengkaknya tidak terlalu cepat. Sedangkan penyakit  tumor pembengkakan dan peradangan yang ditimbulkan sangat cepat dan bisa diobati dengan cara mencegah kanker laring ringan. 


Selain itu, radang amandel juga bisa menyebabkan tumor. Karena ketika radang amandel pecah, darah dan nanah yang keluar akan diinfeksi oleh bakteri sehingga sel darah organ amandel menjadi rusak. Sel akan membelah secara ekstrem sehingga muncullah tonjolan amandel akibat sel tumor yang bekerja.

  1. Penurunan Selera Makan

Anak yang menderita radang amandel biasanya diiringi dengan penurunan nafsu makan. Penurunan yang disebabkan oleh rasa sakit ketika menelan dan efek kesulitan ketika mengunyah. Jika penurunan selera makan ini dibiarkan, tentu berat badan anak akan menurun. Bahkan anak akan diserang penyakit akibat memakai headset terlalu sering dengan begitu mudah akibat sistem imun yang dimilikinya sudah lemah.

Atas dasar itu, mengobati penyakit amandel sampai bengkaknya hilang merupakan tindakan yang tepat sebelum anak anda mengalami penurunan berat badan yang hebat. Namun, pastikan caranya sudah benar dan obat yang digunakan dipilih dari jenis obat-obatan terbaik. Hindari penggunaan obat berefek samping karena obat semacam ini justru membuat radang amandel semakin  parah.

Itulah beberapa bahaya amandel bagi anak yang harus diwaspadai orang tua dengan serius. Pastikan anak anda tidak mengalaminya dengan dilarang makan makanan yang dihindari saat sakit tenggorokan atau senyum si anak tidak lagi anda rasakan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amandel