Sponsors Link

10 Bahaya Operasi Sinusitis Bagi Kesehatan Pasien

Sponsors Link

Peradangan pada jaringan  yang melapisi rongga sinus dapat menyebabkan pembengkakan karena penyumbatan didalamnya itu yang disebut dengan sinusitis. Sinus adalah sebuah rongga kecil yang mempunyai beberapa fungsi diantaranya sebagai pertukaran udara dan terdapat 4 lubang sinus yang berada pada area wajah.

ads

Penyakit sinusitis diakibatkan oleh beberapa infeksi seperti virus, parasit, jamur juga bakteri penyebab sinusitis dan bisa disebabkan oleh komplikasi rhinitis. Sinusitis menyerang tanpa memandang usia, gejalanya pun muncul secara tiba-tiba dan bisa terjadi dalam jangka waktu singkat maupun panjang.

Penyakit sinusitis ini mempunyai beberapa jenis sesuai dengan tingkat keparahannya diantaranya akut, subakut, kronis dan kambuhan. Pada sinusitis akut biasanya terjadi dalam waktu 4 minggu, sedangkan sinusitis kronis bisa terjadi lebih lama dari sinusitis akut yaitu sekitar 3 bulan lamanya.

Untuk mengatasi penyakit ini dapat melakukan dengan beberapa cara seperti pengobatan alami yang bisa juga untuk cara mengobati polip, terapi sinusitis maupun dengan operasi, yang sama dilakakukan seperti cara menyembuhkan polip . Biasanya penderita penyakit sinusitis lebih memilih dengan cara melakukan operasi karena tergolong cepat dalam pengobatannya.

Namun harus diketahui bahwa pengobatan dengan cara operasi sangat berbahaya dan dapat membawa dampak pada kesehatan. Ada beberapa penjelasan mengenai bahaya operasi sinusitis  setelah operasi yang mungkin dialami dan dampak penyakit sinusitis, seringlah berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi dari dampak yang terjadi dari penyebab sinusitis.

1. Pendarahan 

Kemungkinan dampak yang dialami setelah operasi ialah pendarahan pada area hidung, biasanya akan terjadi dalam jangka waktu antara 3 sampai 5 hari. Untuk menanganinya bisa menggunakan tisu atau kassa yang terjamin kebersihannya untuk menampung  darah pada lubang hidung.

Pastikan darah yang keluar tidak terhirup kembali dan bernafaslah dengan tenang. Untuk penanganan dengan cara lainnya bisa menggunakan resep obat semprot yang sudah dikonsultasika terlebih dahulu dengan dokter.

2. Rasa nyeri sekitar hidung

Dampak yang akan dirasakan berikutnya ialah mengalami rasa nyeri yang terdapat pada area sekitar hidung, karena pengobatan dengan cara operasi memberikan bekas berupa luka yang terdapat pada jaringan serta adanya gejala lain yang bisa terjadi diluar sinus.

Rasa nyeri yang dirasakan dikarenakan sinus atau rongga yang berfungsi untuk pertukaran udara mengalami peradangan. Kondisi ini harus segera ditangani, jika dibiarkan maka akan mengakibatkan gangguan yang lebih menyakitkan.

3. Cairan kuning dan berbau

Sinusitis merupakan penyakit yang berhubungan dengan gangguan saluran hidung maka akan berdampak mengeluarkan cairan kuning dan berbau. Berkonsultasilah dengan dokter untuk menanganinya karena penanganan pada setiap orang itu berbeda-beda.

4. Rasa lemas

Setelah operasi tubuh akan terasa lemas karena selama menjalani operasi tubuh mengeluarkan energi. Hal yang dapat dilakukan dengan cara beristirahat, mengurangi pergerakan tubuh dan ditambah dengan memakan makanan bergizi secara teratur. Lakukan hal tersebut secara teratur hingga tubuh kembali fit. 


5. Demam tinggi

Tubuh akan mengalami pengurasan energi sehingga menjalani proses recovery atau penyembuhan, sehingga dampak yang akan dialami ialah terkena demam tinggi. Untuk membatu mengatasi demam tinggi makanlah makanan yang bernutrisi tinggi seperti makanan yang mengandung vitamin K maupun mengandung protein. Namun ketika demam tidak kunjung reda segera berkonsultasi dengan dokter untuk menangani masalah tersebut dengan baik dan tepat.

6. Alergi dan imun terganggu

Operasi sinusitis dapat menyebabkan alergi dan system imun terganggu, dampak ini dapat terjadi pada seseorang yang awalnya tidak memiliki alergi apapun. Setelah melakukan operasi mungkin akan mengalami alergi dan sistem imun menjadi terganggu sehingga mengakibatkan mudahnya terserang oleh berbagai penyakit.

Tindakan yang dilakukan pada kasus alergi setelah operasi salah satunya dengan memberikan obat suntik anastesi yang mengandung zat sensitif atau dokter akan memberikan obat antibiotik penyakit sinusitis untuk mengatasi alergi serta mengembalikan system imun yang rusak atau terganggu. Jika alergi atau system imun yang terganggu maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi karena dapat memicu terjadinya penyebab sinusitis maksilaris.

7. Komplikasi intraorbital

Adalah kerusakan pada mata atau jaringan sekitarnya. Mata terletak tepat disebelah beberapa sinus dan hanya dipisahkan atau terhalangi oleh tulang tipis. Karena kedekatannya pendarahan bisa terjadi di orbit, kerusakan otot yang menggerakan mata menyebabkan penglihatan ganda yang bisa sementara dan bisa juga permanen.


8. Perubahan suara

Operasi sinusitis mempengaruhi resonansi sehingga harus menyadari adanya perubahan suara setelah melakukan operasi.

9. Tidak menjamin kesembuhan

Penyembuhan dengan cara melakukan operasi dapat terjadi dua kemungkinan yaitu berhasil ataupun gagal, jika pun berhasil dalam melakukan operasi tidak menjamin kesehatan akan sembuh secara total.

10. Operasi dilakukan secara berulang

Dalam operasi sinusitis tidak hanya melakukan satu kali operasi, ada beberapa operasi lanjutan hingga penyakit tersebut sembuh secara total.

Demikian pembahasan tentang bahaya operasi sinusitis dan harus diketahui juga beberapa faktor penyebab sinusits, meskipun begitu dokter tetap akan mengupayakan yang terbaik agar hal tersebut tidak akan terjadi. Dengan pelaksanaan dan perawatan yang dilakukan sesuai prosedur maka resiko yang dialami akan sedikit berkurang atau bisa dihindari. Semoga artikel ini dapat membantu dalam melakukan pertimbangan untuk melakukan operasi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sinusitis