Sponsors Link

8 Bahaya Sinusitis Kronis Bagi Kesehatan Hidung

Sponsors Link

Sinusitis kronis dapat terjadi karena virus atau bakteri yang menyerang rongga hidung kita. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan di usia berapapun. Hal ini akan membuat Anda merasa kesulitan untuk bernapas dan daerah sekitar wajah akan terasa sakit lebih dari biasanya.

ads

Pada nyatanya, bahaya operasi sinusitis kronis ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan dan kesehatan seluruh tubuh kita. Berikut penjelasan mengenai bahaya sinusitis kronis bagi kesehatan hidung serta kesehatan tubuh yang perlu diwaspadai.

1. Infeksi Rongga Mata

Infeksi ini terjadi akibat dari bahaya sinusitis kronis. Infek pada rongga mata terjadi karena virus yang menyebar dari sinus. Infeksi ini bisa terjadi setelah luka dari perawatan pasca operasi polip hidung sinus ataupun sebelum operasi.

Jika tidak segera ditangani, infeksi rongga mata akan menyebar menuju otak dan tulang belakang atau dapat menimbulkan terjadinya penggumpalan darah.

2. Infeksi Pembuluh Darah Sekitar Sinus

Infeksi pada pembuluh darah terjadi karena darah terdeteksi oleh mikroorganisema atau bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada seluruh tubuh. Tidak hanya pada darah, infeksi juga dapat menyebar ke paru-paru, urin dan jaringan tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terganggu sehingga tidak dapat melawan bakteri yang masuk.

3. Meningitis ( Radang Selaput Otak )

Infeksi ini menyerang meninges atau selaput pelindung yang menyelimuti otak, dan saraf tulang belakang. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh virus. Ini dapat muncul dibarengi dengan infeksi yang terjadi pada rongga mata atau daerah sinus yang dekat dengan mata  dan tetap dibiarkan begitu saja.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Bagian Atas (ISPA)

Infeksi ini muncul pada saluran pernapasan bagian atas. Infeksi yang menyerang ispa biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri sinusitis yang dibiarkan tanpa penanganan lebih lanjut. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala batuk, hidung tersumbat atau pilek. ISPA juga muncul sebagai tanda bahwa Anda terserang penyebab sinusitis kronis.

5. Kelainan Anatomi Pada Tulang Hidung Atau Sinus

Ketika penyebab sinusitis maksilaris menyerang, bagian hidung dan sekitar wajah akan terasa sakit dua kali lebih dari biasanya. Terutama pada bagian hidung yang menjadi tempat utama virus muncul dan berkembang. Ini dapat menyebabkan Anda merasakan sakit kepala yang hebat ketika sedang beraktivitas maupun setelah beraktivitas berat.

6. Polip Hidung

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada dinding saluran pernapasan keluar darah dari hidung setelah jatuh atau pada daerah sinus. Polip merupakan jaringan yang lembut, tidak terasa sakit dan tidak menyebabkan potensi kanker. Namun, penyebab polip dapat berpotensi menyumbat saluran hidung karena ukurannya yang besar ketika Anda juga sedang mengalami sinus.


7. Osteomeolitis ( Infeksi Tulang )

Ini merupakan infeksi pada tulang yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini akan muncul jika infeksi pada rongga mata tidak segera ditangani. Virus atau bakteri oleh sinus akan berkembang hingga tulang. Hal ini disertai dengan rasa nyeri dan demam tinggi, tetapi jika hal tersebut tidak mereda – segeralah konsultasikan ke dokter.

8. Flu Berkepanjangan

Flu berkepanjangan biasanya terjadi karena virus atau bakteri sinusitis kronis yang tidak ditangani dengan baik. Hidung sakit saat Flu ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda yang menurun. Jika tetap dibiarkan, ini akan terus berlanjut dan menjadi masalah arthritis atau bahkan myocarditis.

Setelah penjelasan mengenai bahaya sinusitis kronis, segeralah periksakan gejala-gejala yang Anda alami berkaitan dengan artikel di atas. Karena akan menimbulkan penyakit lanjutan jika sinusitis yang dialami tidak di tangani dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sinusitis