Sponsors Link

Berapa Lama Tinnitus Sembuh? Temukan Jawaban Lengkapnya Disini

Sponsors Link

Penderita tinnitus seringkali mempunyai banyak pertanyaan dan salah satu pertanyaan yang membutuhkan jawaban secepatnya adalah berapa lama tinnitus sembuh dan apakah benar benar bisa sembuh total. Definisi tinnitus merupakan sensasi timbulnya suara mendengung, bersiul, menderu yang terjadi di salah satu bagian telinga atau keduanya yang tidak disebabkan karena faktor eksternal.

ads

Tinnitus bisa terjadi kapanpun, bisa sembuh dan kambuh atau bahkan bisa terus terjadi dalam waktu yang lama. Suara, nada dan volume dari tinnitus juga berbeda beda antara satu penderita dengan penderita lainnya. Seorang penderita tinnitus bisa saja mengalami gejala tinnitus seperti mendengar suara mendengung yang tinggi atau suara siulan dan beberapa penderita lainnya mendengar suara rendah atau seperti berdegup.

Tinnitus disebabkan karena banyak faktor seperti paparan suara yang terlalu keras, penggunaan obat aspirin dan penghilang rasa sakit, tekanan darah tinggi, stres yang terlalu berlebihan, infeksi telinga, menumpuknya lilin atau kotoran di telinga, mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu dan masih banyak lagi.

Tinnitus sendiri terdiri dari 2 jenis yakni objektif dan juga subyektif. Untuk tinnitus subjektif mendengar suara dering dan mendengung di dalam kepala, sedangkan tinnitus objektif akan terdengar bunyi klik atau berdenyut saat pemeriksaan dilakukan dan terdengar baik pada pasien dan juga dokter.

Apakah Tinnitus Bisa Sembuh Sendiri?

Pertanyaan tentang berapa lama tinnitus sembuh dan apakah bisa sembuh dengan sendirinya tergantung dari penyebab tinnitus yang dialami penderita. Apabila tinnitus disebabkan karena penumpukan lilin yang terlalu berlebihan atau disebabkan karena melakukan pengobatan tertentu, maka menghentikan pengobatan atau membersihkan telinga bisa dilakukan untuk menyembuhkan tinnitus tersebut sehingga tidak memerlukan terapi tinnitus atau pengobatan tinnitus.

Penyebab yang mendasari tinnitus sangat penting untuk dipahami dan di evaluasi penyebabnya sehingga berapa lama tinnitus bisa sembuh bisa ditemukan jawabannya. Awal evaluasi tinnitus biasanya mencakup pemeriksaan riwayat secara lengkap untuk mengetahui penyebab tinnitus secara jelas dan juga melakukan tes pendengaran menyeluruh. Dokter juga kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik seperti kepala, leher dan juga area saraf lainnya.

Tes lain yang juga mungkin dilakukan adalah pulsatile tinnitus dimana terjadi masalah yang jauh lebih serius dan mungkin membutuhkan pengujian lebih lanjut yang akan dilakukan seperti tes audiogram untuk menguji pendengaran, tes TMJ untuk membantu dokter spesialis untuk menentukan apakah tinnitus disebabkan gangguan temporomandibular joint, respon batang otak untuk melihat apakah terjadi kerusakan pada saraf pendengaran, tes darah, tes spinal dan berbagai tes lainnya.

Apakah Tinnitus Bisa Sembuh Dengan Sendirinya?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, apabila penyebab spesifik tinnitus terbentuk, maka cara mengobati tinnitus yakni dengan mencari penyebabnya dengan efektif bisa mengurangi gejala tinnitus yang terjadi dan kemungkinan besar tinnitus bisa sembuh dengan sendirinya secara alami. Akan tetapi jika penyebabnya tidak diketahui, maka berapa lama tinnitus bisa sembuh tidak bisa dipastikan.


Apakah Tinnitus Bisa Sembuh Dengan Obat?

Umumnya, dokter spesialis akan mencoba untuk melakukan beberapa obat, alat terapi tinnitus, biofeedback dan juga operasi meski kasusnya jarang terjadi. Salah satu cara menyembuhkan tinnitus yang terbilang cukup efektif adalah terapi latihan tinnitus khususnya untuk kasus tinnitus parah. Berapa lama tinnitus sembuh sebenarnya sangat bergantung pada tingkat keparahan tinnitus sehingga proses penyembuhannya hanya bisa diketahui dengan cara mencari tahu faktor yang mendasari terjadinya tinnitus tersebut.

Deteksi dini saat terjadi gangguan pada telinga seperti timbul suara suara yang tidak dihasilkan dari bagian luar telinga menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan supaya proses penyembuhan tinnitus bisa dilakukan secepatnya.

, ,




Oleh :
Kategori : Tinnitus