Sponsors Link

Biaya Operasi Gendang Telinga Robek yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Gendang telinga memegang peranan penting sebagai indera pendengaran pada tubuh manusia. Namun dalam beberapa kasus, fungsi gendang telinga pada manusia dapat hilang atau disebut dengan istilah tuli. Salah satu penyebab kondisi tuli ini adalah gendang telinga robek sehingga mengakibatkan kemampuan mendengar menjadi hilang.

ads

Pada saat gendang telinga robek, getaran suara tidak dapat sampai ke otak. Apalagi jika robekan pada gendang telinga sangat besar, maka pendengaran dapat benar-benar hilang atau tuli. Untuk mengatasi gendang telinga robek inilah perlu dilakukan operasi gendang telinga atau disebut miringoplasti. Operasi ini bertujuan agar tidak terjadi infeksi yang semakin parah serta komplikasi macam-macam penyakit telinga lainnya. Sebelum membahas biaya operasi gendang telinga robek, Anda perlu mengetahui penyebab gendang telinga robek.

Penyebab Gendang Telinga Robek

Pada banyak kasus, penyebab gendang telinga sakit hingga robek adalah karena adanya infeksi telinga. Kondisi infeksi telinga ini terjadi karena terdapat penumpukan tekanan dalam telinga yang mengakibatkan gendang telinga terdorong hingga berlubang dan robek. Pada gejala awal gendang telinga robek, Anda merasakan rasa ketidaknyamanan hingga sakit yang luar biasa. Sensasi sakit tersebut memang dapat berhenti secara tiba-tiba, namun telinga Anda dapat mengeluarkan air hingga bernanah. Selain itu, gendang telinga robek dapat juga menjadi penyebab telinga berdarah maupun penyebab telinga berdengung.

Penyebab gendang telinga menjadi robek lainnya adalah penggunaan kapas, tisu atau bobby pin saat membersihkan kotoran telinga. Tidak hanya itu, cedera yang Anda alami juga dapat menjadi penyebab gendang telinga pecah. Suara keras secara mendadak seperti ledakan petasan yang begitu dekat pun dapat menjadi pemicu gendang telinga menjadi robek dan berlubang.

Biaya Operasi Gendang Telinga

Sebelum melakukan operasi gendang telinga, Anda perlu terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Jika ukuran lubang yang robek lebih dari 50% dari seluruh gendang telinga, maka perlu dilakukan operasi. Anda pun harus memaparkan kepada dokter tentang riwayat kesehatan serta obat-obatan yang sedang dikonsumsi, misalnya obat alergi. Selain itu perlu juga menuruti petunjuk dokter mengenai makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi sebelum operasi dijalankan.

Biasanya, pasien yang hendak beroperasi melakukan puasa atau berhenti makan dan minum selama 6 jam sebelum operasi dilangsungkan. Anda pun diharuskan untuk melaksanakan segala anjuran dokter sebelum miringoplasti dilakukan agar tidak terjadi efek samping seperti pusing, demam tinggi dan otot wajah yang melemah.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, kini saatnya Anda perlu mempertimbangkan biaya operasinya. Hal ini berkaitan dengan tarif masing-masing rumah sakit THT yang pastinya berbeda dengan satu tempat dengan tempat lainnya. Pertimbangkan juga untuk memilih rumah sakit yang berkualitas dan sudah terpercaya supaya hasil operasi juga memuaskan.

Untuk operasi gendang telinga atau miringoplasti berkisar antara Rp 25-45 juta atau bisa lebih dari harga ini. Biaya ini tentunya tergantung dengan jenis penanganan serta kelas yang Anda ambil nantinya. Selain itu, penentu biaya operasi ini juga dipengaruhi oleh tipe rumah sakit, jenis operasi hingga dokternya sendiri. Cara mengetahui biaya operasi dengan pasti, Anda dapat langsung mendatangi bagian administrasi rumah sakit.


Pencegahan Gendang Telinga Robek

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah agar gendang telinga tidak robek, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sebaiknya gunakan penutup telinga jika berada di sekitar mesin bersuara keras atau lokasi konstruksi.
  2. Gunakan penutup telinga silicon atau kapas lembut untuk mencegah air masuk ke dalam telinga saat mandi.
  3. Hindari melakukan penerbangan saat terserang flu, infeksi sinus maupun alergi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.
  4. Sebaiknya hindari benda asing atau serangga yang dapat masuk ke dalam telinga.
  5. Jangan membersihkan kotoran telinga secara berlebihan atau terlalu keras.
  6. Jagalah kondisi telinga tetap kering untuk menghindari terjadinya infeksi telinga.
  7. Jika terjadi infeksi pada telinga, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapat penanganan yang cepat.

Demikian penyebab, biaya operasi gendang telinga robek serta cara pencegahannya. Dengan melakukan beberapa hal pencegahan yang sudah disebutkan di atas, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penyebab telinga sakit hingga gendang telinga menjadi robek.  Hal ini tentu saja berkaitan dengan kesehatan gendang telinga yang harus selalu dijaga karena memegang peranan penting dalam indera pendengaran.

, , , , ,