Sponsors Link

Biaya Operasi Patah Tulang Hidung yang Perlu di Ketahui

Sponsors Link

Patah tulang bagi sebagian orang memang dianggap hal yang biasa dan bisa terjadi di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, rusuk, tulang hidung dan sebagainya. Patah hidung adalah kondisi dimana terjadi patahan atau retakan pada hidung. Patah hidung sendiri umumnya terjadi karena terjadi kontak fisik saat olahraga, terjatuh, kecelakaan ataupun berkelahi. Tulang hidung yang patah tersebut membuat tampilan hidung penderita jadi bengkok dan juga terkadang disertai juga dengan kesulitan bernafas.

ads

Komplikasi Patah Tulang Hidung

Apabila patah hidung ini dibiarkan dan tidak segera ditangani, maka bisa menimbulkan beberapa macam komplikasi seperti:

  • Infeksi hidung atau penyebab sinusitis pada tulang wajah
  • Sekat hidung menyimpang [septum hidung]: Sekat tipis yang menjadi pemisah dua bagian lubang hidung melenceng dari tempatnya dan akhirnya rongga hidung jadi menyempit.
  • Darah menggumpal pada hidung: Patah tulang hidung juga bisa menyebabkan darah menggumpal pada hidung yang dinamakan dengan hematoma septum dimana gumpalan darah tersebut akan menyumbat kedua lubang hidung.
  • Patah tulang rawan: Tulang hidung patah yang terjadi karena benturan keras maka bisa mengakibatkan tulang rawan hidung juga ikut patah.
  • Cedera leher: Ini umumnya terjadi pada pengendara sepeda motor yang mengalami patah hidung dimana benturan yang sangat keras bisa berdampak pada cedera leher
  • Berkurang indera penciuman bahkan hilang sama sekali.

Gejala Tulang Hidung Patah

Tulang hidung yang patah juga bisa terlihat dari beberapa gejala yang bisa dilihat dan dirasakan penderitanya seperti:

  • Hidung terasa nyeri atau teksturnya lembek
  • Hidung dan area sekitarnya seperti mata akan membengkak dan lebam
  • Terjadi mimisan seperti penyebab anak sering mimisan
  • Hidung terlihat asimetris atau bengkok
  • Kesulitan bernafas dari hidung
  • Keluar cairan menyerupai ingus dari hidung
  • Hidung terasa mampet baik dari salah satu lubang hidung ataupun keduanya.

Pengobatan Tulang Hidung Patah

Sebelum menjalankan prosedur pengobatan tulang hidung patah, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sehingga bisa dilihat letak tulang hidung patah dan juga seberapa parah patahan tersebut sehingga dokter bisa melakukan penanganan dengan baik. Umumnya dokter akan menekan secara lembut pada bagian luar hidung pasien dan juga sekitarnya. Dokter juga akan melihat bagian rongga hidung bagian dalam untuk memeriksa tanda tulang hidung pasien apakah terjadi cedera atau tidak.

Selama proses pemeriksaan tersebut dilakukan, dokter juga akan memberikan semprotan obat di bagian hidung atau memberi suntikan agar pasien bisa lebih nyaman selama pemeriksaan tersebut dilakukan. Selain itu, dokter kemungkinan juga akan melakukan tes pencitraan dan salah satunya adalah computerized tomography scan atau CR scan.

Jika dalam pemeriksaan tersebut terlihat tulang hidung benar benar patah, maka pasien akan menjalani serangkaian pengobatan untuk patah tulang hidung tidak terlalu parah dengan melakukan perawat sendiri di rumah. Akan tetapi, jika patah tulang hidung yang terjadi dalam tahap parah, maka dokter akan merekomendasikan dua pilihan pengobatan yakni:


  1. Closed Reduction

Patah tulang hidung yang bisa menyebabkan tulang rawan hidung melenceng dan kemudian akan dilakukan prosedur non bedah yang dinamakan closed reduction. Dokter akan memposisikan hidung seperti posisi semula tanpa pembedahan yang memakai alat khusus. Hidung umumnya akan diberikan semprotan obat atau suntikan sehingga pasien bisa merasa nyaman pada saat pengobatan ini dilakukan. Akan tetapi, jenis pengobatan ini harus dilakukan secepat mungkin dan tidak lebih dari 2 minggu sesudah cedera.

  1. Operasi

Apabila kondisi hidung pasien tidak memberikan perbaikan atau perkembangan, maka dokter akan melakukan operasi untuk meluruskan hidung yang patah tersebut sekaligus membentuk hidung pasien atau rhinoplasty. Dokter juga kemungkinan akan melakukan bedah rekonstruksi yang dinamakan septorhinoplasty. Jenis pembedahan hidung ini umumnya juga akan dilakukan secara rawat jalan. Akan tetapi, sesudah melakukan operasi ini, maka hidung pasien akan bengkak dan memar dalam beberapa hari dan akan membaik dengan sendirinya dan umumnya juga akan diberikan resep obat antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Biaya Operasi Patah Tulang Hidung

Untuk kisaran biaya operasi patah tulang hidung yang patah tanpa disertai dengan asuransi, maka diagnosis dan perawatan hidung tersebut umumnya meliputi biaya sinar X, biaya fasilitas dan juga biaya dokter dengan kisaran biaya sekitar Rp. 6.750.000 apabila tidak dibutuhkan penataan kembali tulang hidung.

Sedangkan untuk penataan ulang non bedah, maka perkiraan biaya yang dibutuhkan adalah antara Rp.27.000.000 hingga mencapai Rp.60.000.000 dan jika dibutuhkan operasi yang lebih detail, maka membutuhkan biaya diatas 100 Juta Rupiah dan untuk setiap kali sinar X hidung membutuhkan biaya sekitar Rp.250.000

Kisaran biaya operasi tulang hidung yang sudah kami sebutkan diatas bisa saja lebih mahal atau lebih murah tergantung dari kebijakan yang sudah ditetapkan pihak rumah sakit tempat operasi patah tulang hidung tersebut dilakukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan