Sponsors Link

7 Cara Alami Mengobati Polip Hidung dengan Aman dan Mudah

Sponsors Link

Penyumbatan rongga hidung karena daging tumbuh dinamakan polip hidung. Penyebab polip hidung diantaranya infeksi, sinusitis jamur, alergi  serta faktor usia. Gejala polip hidung adalah pilek berkepanjangan, pernapasan terganggu, suara bindeng, sering ingusan hingga penurunan penciuman. Polip hidung berbentuk seperti buah yang tergantung dengan ukuran yang beragam. Biasanya polip hidung dengan ukuran kecil tidak menimbulkan gejala apapun. Berbeda dengan polip berukuran besar yang dapat mengganggu saluran hidung sehingga membuat hidung tersumbat dan berair.

ads

Polip hidung dapat menyerang siapa saja, namun kondisi ini lebih sering menyerang orang dewasa. Biasanya penderita polip hidung dianjurkan mengonsumsi obat antihistamin dan obat kortikosteroid sebagai obat polip hidung tanpa operasi yang manjur untuk mengurangi peradangan. Sebelum melakukan pengobatan dengan bahan-bahan kimia, Anda dapat juga menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Berikut diuraikan cara alami mengobati polip hidung dengan aman dan mudah yang bisa Anda lakukan.

  1. Lobak

Cara alami mengobati polip hidung adalah dengan mengonsumsi lobak. Kandungan anti bakteri yang kuat di dalam lobak dapat membantu menghilangkan infeksi pembentukan polip hidung. Konsumsilah lobak dengan rutin untuk mengurangi gejala dan mencegah kekambuhan polip hidung.

  1. Jeruk

Vitamin C di dalam buah jeruk berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit termasuk polip hidung. Selain itu, buah jeruk juga mengandung zat bioflavonois yang dapat membantu mengatur pembuluh darah dan jaringan di dalam rongga hidung. Anda pun dapat mengolah jeruk menjadi minuman pereda sakit tenggorokan yang mudah dibuat.

  1. Jahe

Di dalam jahe terdapat kandungan anti bakteri, anti jamur dan anti flamasi yang baik untuk mengobati polip hidung. Anda dapat menambahkan jahe pada teh untuk dikonsumsi setiap harinya hingga polip hidung sembuh. Jahe juga sangat baik digunakan sebagai cara mengobati telinga sakit karena headset dan pengobatan tinnitus paling efektif.

  1. Kunyit

Obat ampuh berikutnya untuk mengobati polip hidung adalah kunyit karena mengandung khasiat anti flamasi. Anda dapat mengonsumsi kunyit 2 kali sehari untuk membantu mengurangi pembentukan polip hidung. Kunyit juga baik digunakan sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.

  1. Cabai Rawit

Di dalam cabai rawit terdapat zat capsaicin yang dapat membantu membersihkan saluran hidung dan meringankan polip hidung. Tidak hanya itu, cabai rawit juga dapat meningkatkan sirkulasi udara dan memperkuat kapiler hidung.


  1. Temu Putih dan Daun Sambiloto

Cara alami mengobati polip hidung selanjutnya adalah dengan menggunakan temu putih dan daun sambiloto.  Rebuslah kedua kedua bahan tersebut dengan air hingga mendidih kemudian saring sarinya dan dinginkan beberapa saat. Konsumsilah ramuan sehat ini sebanyak 2 kali sehari untuk mendapat hasil maksimal dalam penyembuhan polip hidung.

  1. Daun Sirih dan Daun Cemara

Tanaman herbal lain untuk mengobati polip hidung adalah daun sirih dan daun cemara. Rebuslah daun sirih dan daun cemara hingga mendidih kemudian hiruplah uapnya selama 10 menit. Untuk mendapat khasiatnya, lakukan cara ini secara teratur agar proses penyembuhan polip hidung dapat berjalan dengan cepat.

Itulah 7 cara alami mengobati polip hidung dengan aman dan mudah yang dapat Anda coba tanpa efek samping. Bahan-bahan alami yang  telah disebutkan di atas tentunya juga sangat mudah Anda dapatkan.  Cara mudah mencegah polip di hidung adalah dengan membiasakan mencuci tangan sebelum melakukan sesuatu, mengurangi minuman bersoda, menghindari asap rokok serta memperbanyak makanan yang mengandung vitamin A, C dan omega 3.

, , , ,