Sponsors Link

10 Cara Cepat Meredakan Sakit Tenggorokan Paling Aman

Sponsors Link

Tenggorokan yang terasa sakit biasanya akan menimbulkan rasa gatal yang tidak mengenakkan. Hal tersebut biasanya timbul saat kita mengalami obat tradisional sinusitis, pilek dan flu hingga batuk. Saat tenggorokan terasa gatal terus menerun, kita biasanya cenderung memaksakan untuk batuk agar dapat meminimalisir rasa gatal. Namun, jika kita terus-terusan melakukan hal tersebut akan berdampak infeksi pada tenggorokan atau menimbulkan luka.

ads

Saat itu terjadi, tenggorokan akan terasa dua kali lebih sakit. Untuk itu, Anda sebaiknya mengetahui apa saja yang dapat Anda konsumsi, apa saja yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi tenggorokan yang terasa gatal dan sakit. Berikut ini cara cepat meredakan sakit tenggorokan yang perlu Anda ketahui.

  1. Kumur Air Garam

Cara cepat meredakan sakit tenggorokan ialah salah satunya dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam memang sering kali muncul sebagai salah satu cara untuk mengobati sinusitis, polip di hidung bahkan mengencerkan dahak pada rongga hidung kita.

Yang Anda butuhkan hanyalah air garam hangat yang telah dicampurkan – dengan air garam sebanyak 1 sendok teh – lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa detik. Ulangi terus sepanjang hari hingga rasa sakit yang Anda alami perlahan mereda.

Mengapa memilih air garam? Karena selain mudah, juga efektif meredakan rasa sakit pada tenggorokan Anda. Juga dapat meredakan rasa nyeri yang timbul dan rasa panas pada tenggorokan Anda.

2. Air Perasan Lemon

Cara menghentikan pendarahan di hidung akibat benturan selanjutnya ialah dengan perasan air lemon. Air lemon ternyata mengandung astringent yang mampu mengempeskan pembengkakan pada tenggorokan Anda serta mampu mematikan virus dan bakteri yang menyebabkan iritasi di tenggorokan. Jadi, Anda dapat memanfaatkan lemon yang Anda miliki di rumah untuk melakukan pengobatan yang alami.

Untuk menggunakan air lemon ini, yang perlu Anda lakukan ialah berkumur dengan dengan campuran 1 sendok teh jus lemon dan air hangat. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit di tenggorokan Anda perlahan mereda.

3. Cuka apel dan garam

Selain air garam dan perasan lemon, Anda juga dapat berkumur dengan campuran cuka apel dan garam. Cukup campurkan 1 sendok makan cuka sari apel  dan 2 sendok teh garam. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur beberapa kali dalam sekali – gunakan secukupnya saja.

Alasan mengapa dipilih cuka apel dan garam? karena cuka apel ini memiliki sifat asam yang akan melapisi tenggorokan sekaligus memberikan tempat buruk untuk virus dan bakteri berkembang. Jadi cuka apel ini dapat mengusir virus dan bakteri yang menyebabkan rasa nyeri. Untuk rekomendasi, sebaiknya campuran cuka apel dan garam ini digunakan setiap 4 jam.


4. Obat pereda nyeri

Tidak hanya obat polip hidung di apotek kumur, untuk meredakan sakit tenggorokan juga dapat Anda lakukan dengan obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri ini dapat Anda temukan di Apotek berupa aspirin, paracetamol, dan ibuprofen. Obat pereda nyeri tersebut tidak hanya bekerja meredakan sakit tenggorokan, namun juga mencegah terjadinya peradangan.

Selain itu, juga mampu meredakan pembengkakan pada tenggorokan Anda. Obat pereda nyeri juga dapat menyembuhkan flu dan demam yang muncul dan menjadi penyebab sakit tenggorokan Anda. Jadi, obat ini tak hanya menyembuhkan tenggorokan Anda, namun juga dapat mengobati penyebab sakit tersebut secara keseluruhan.

Untuk obat pereda nyeri, pastikan agar Anda membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan obat agar mencegah terjadinya overdosis atau kesalahan lainnya yang bersifat membahayakan.

5. Minum air yang cukup

Sakit tenggorokan terjadi karena tubuh Anda kekurangan cairan. Ketika Anda mengalami flu dan tidak minum air putih yang cukup – maka akan menyebabkan sakit pada tenggorokan. Anda perlu menjaga hal ini, menjaga asupan cairan yang cukup pada tubuh Anda. Karena ketika cairan tersebut terpenuhi, lendir pada tenggorokan pun akan keluar dengan sendirinya.

Selain itu juga mencegah terjadinya peradangan. Jadi pastikan agar Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, agar tubuh anda tidak merasa ‘kering’ dan akhirnya jatuh sakit. Karena air akan melembabkan tubuh Anda, melawan bakteri, mencegah iritasi dan menjaga kekebalan tubuh kita.

6. Melembabkan udara

Dengan melembabkan udara di ruangan Anda – yang cukup tertutup – akan membantu mengatasi sakit tenggorokan yang sedang Anda alami dari luar. Hal tersebut akan menjaga tenggorokan Anda tetap nyaman dan lembab jadi akan mengurangi intensitas batuk muncul bahkan di malam hari. Anda dapat menggunakan pelembab ruangan atau humidifier atau dengan menaruh semangkuk air pada rungan yang sering Anda gunakan.

Pastikan agar ruangan tersebut tertutup. Jika tenggorokan masih terasa gatal, Anda dapat mencobanya dengan mandi menggunakan air hangat. Namun, pelembab udara ini dapat Anda gunakan sehari hari – tidak hanya saat sakit tenggorokan – karena hal ini akan mencegah terjadi nya peradangan, sinusitis hingga polip di hidung.

7. Mengonsumsi kaldu

Kaldu sup ayam, cukup mudah karena sup kaldu ayam akan membantu menyembuhkan rasa sakit pada tenggorokan Anda. Selain itu, dengan mengonsumsi sup ayam hangat akan memberikan energi dan mengembalikan gizi saat tenggorokan Anda sakit.

Sup ayam juga akan memudahkan Anda untuk menelan – karena sakit tenggorokan menyebabkan anda susah untuk menelan. Mengonsumsi sup ayam dalam keadaan panas atau hangat juga akan membuat Anda mengeluarkan keringat – yang mana mengeluarkan racun dalam tubuh yang membuat Anda jatuh sakit.

8. Dengan soda kue

Soda kue ini merupakan pengobatan alternatif sinusitis untuk menyembuhkan tenggorokan Anda. Ketika Anda kekurangan garam, tidak memiliki lemon ataupun cuka apel – Anda dapat memanfaatkan soda kue di rumah Anda. Karena soda kue dapat mengubah pH ciri radang tenggorokan pada anak untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang.

Cukup dengan menggunakan 1/2 sendok teh soda kue dan campurkan ke dalam segelas air hangat. Tambahkan 1/2 sendok teh garam meja dan gunakan campuran tersebut untuk berkumur setiap 2 jam sekali hingga rasa sakit yang Anda rasakan benar-benar menghilang.

9. Minuman cabai merah

Sebagian orang mungkin belum mengetahui minuman cabai merah ini. Cabai merah ini ternyata mampu meringankan sakit tenggorokan Anda. Selain itu juga dapat mencegah iritasi dan infeksi pada pengobatan alami radang tenggorokan. Hal ini biasanya disebut ‘olahraga tenggorokan’.

Yang perlu Anda lakukan ialah mencampurkan 1/8 hingga 1/4 sendok teh bubuk cabai merah ke dalam segelas air panas. Tambahkan sekitar 1 hingga 2 sendok teh madu untuk meredakan aroma pedasnya. Minumlah hingga tandas sebanyak yang Anda butuhkan untuk meredakan rasa sakit.

10. Air akar manis

Ketika Anda tidak menyukai pedas, maka air akar manis ini dapat menjadi pilihan untuk Anda. Air akar manis ini bersifat anti bakteri, anti virus. Akar manis ini dapat Anda temukan di beberapa toko. Untuk penggunaan akar manis ini, cukup gunakan satu kantung dan campurkan ke dalam segalas air mendidih – Anda dapat menambahkan madu sesuai selera.

Itulah beberapa cara cepat meredakan sakit tenggorokan yang dapat Anda gunakan untuk meredakan sekaligus menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan Anda. Selain itu, bila penyakit Anda tidak terasa dengan baik segeralah periksakan ke dokter operasi hidung terbaik di Jakarta THT. Semoga artikel ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan