Sponsors Link

10 Cara Melegakan Hidung Tersumbat karena Flu dengan Mudah

Sponsors Link

Hidung tersumbat karena flu dapat menyebabkan kesulitan saat bernapas karena terjadi penumpukan lendir di dalam rongga hidung. Kondisi ini sangat menganggu karena penderitanya hanya dapat bernapas melalui satu lubang hidung. Tentunya hal ini sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari yang hendak dilakukan. Berikut disajikan cara melegakan hidung tersumbat karena flu yang dapat Anda coba dengan aman dan mudah tanpa efek samping.

ads
  1. Ubah Posisi Tidur

Untuk mengurangi pembentukan lendir, aturlah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Hal ini sangat berpengaruh karena setiap gerakan dalam tidur dapat memberi tekanan pembentukan lendir. Anda pun perlu mengusahakan saat tidur posisi wajah menghadap langit-langit agar lendir tidak mudah terbentuk.

  1. Minum Kopi atau Teh Hangat

Mengonsumsi kopi atau teh hangat adalah cara yang sangat baik untuk melegakan hidung tersumbat karena flu. Teh hangat juga merupakan salah satu minuman pereda sakit tenggorokan yang baik dikonsumsi siapa saja. Sambil dikonsumsi, Anda pun dapat menghirup uapnya untuk mengencerkan lendir di dalam rongga hidung.

  1. Hindari Susu

Untuk melegakan hidung tersumbat karena flu selanjutnya adalah dengan menghindari produk susu, krim dan keju. Gantilah dengan makanan-makanan yang lebih sehat seperti sayur dan buah-buahan kaya vitamin C.

  1. Minyak dan Suplemen Kayu Putih

Anda pun dapat melegakan hidung tersumbat karena flu dengan menghirup obat batuk berbahan dasar minyak kayu putih. Dengan menghirupnya maka dapat membuka sinus atau rongga pada tulang di sekitar hidung sehingga hidung pun menjadi lebih lega. Tidak hanya itu, kayu putih juga dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan hidung meler dan gangguan hidung mampet yang lebih parah.

  1. Bawang Merah

Hidung yang tersumbat karena flu dapat diatasi dengan aroma pedas dari bawang merah. Anda hanya perlu mengupas kemudian memotong bawang merah menjadi dua lalu hiruplah aromanya selama 5 menit. Bawang merah juga sangat efektif digunakan sebagai cara mengobati radang telinga dan cara mengobati telinga berdarah.

  1. Konsumsi Makanan Pedas

Kandungan capsaicin pada makanan sehat seperti merica dan cabai dapat melegakan hidung tersumbat karena flu. Tidak hanya itu, makanan pedas ini juga dapat mengencerkan lendir sehingga dapat keluar dengan sendirinya. Selain itu mengonsumsi makanan pedas juga dapat digunakan sebagai obat herbal polip.

  1. Mentol

Mentol yang terdapat dalam teh peppermint juga efektif digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat karena flu dan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan. Pelebaran sinus untuk membuat hidung menjadi lebih lega juga merupakan salah satu manfaat mengonsumsi teh peppermint yang mengandung mentol.  


  1. Hirup Zat Aromatik atau Inhaler

Menghirup inhaler yang mengandung bahan-bahan seperti peppermint dan minyak kayu putih juga cukup manjur untuk mengatasi hidung tersumbat karena flu. Anda hanya perlu meletakkan inhaler di bawang hidung kemudian menghirupnya. Aroma inhaler ini dapat melonggarkan sinus sehingga hidung tersumbat karena flu dapat teratasi.

  1. Larutan Air Garam

Hidung tersumbat karena flu juga dapat diatasi menggunakan larutan air garam. Anda dapat menggunakan neti pot untuk mengalirkan air garam ke dalam hidung. Cara ini termasuk yang paling sering digunakan karena tingkat keberhasilannya yang tinggi. Larutan garam juga sering digunakan sebagai cara mengatasi telinga kemasukan air yang paling efektif.

  1. Hindari Penyebab Alergi

Penyebab alergi seperti debu, jamur dan ragi juga perlu Anda hindari untuk melegakan hidung tersumbat karena flu. Lingkungan yang tidak bersih juga merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan pada sinus.

Itulah 10 cara melegakan hidung tersumbat karena flu yang dapat Anda coba dengan aman dan mudah tanpa efek samping. Jika flu yang terjadi lebih dari 3 hari maka periksalah ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

, , ,