Sponsors Link

3 Cara Meluruskan Tulang Hidung yang Bengkok Secara Medis

Sponsors Link

Salah satu kelainan yang bisa terjadi pada sistem pernapasan terutama alat pernapasan luar adalah tulang hidung bengkok. Dilihat dari kacamata medis, tulang hidung bengkok merujuk pada kondisi deviasi septum atau tulang rawan sekat rongga hidung yang tidak pada tempatnya. Tulang hidung yang bengkok karena patah harus segera diatasi sebab akibatnya jika tulang patah didiamkan akan semakin parah.

ads

Kelainan ini bisa terjadi karena beberapa hal. Meski begitu, penyebab paling umum adalah benturan fisik yang keras akibat kecelakaan. Ada beberapa tindakan medis yang bisa Anda lakukan sebagai cara meluruskan tulang hidung yang bengkok. Cara-cara tersebut dinilai lebih aman dan efektif serta berdasar pada landasan ilmu yang dipertanggungjawabkan.

Akan tetapi sebelum melakukan tindakan medis, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter THT mengenai kondisi sistem pernapasan Anda. Sebab tulang hidung bengkok bisa pula diiringi dengan beberapa penyakit saluran pernapasan seperti sinusitis, komplikasi rhinitis, maupun penyebab polip. Tindakan medis yang bisa Anda pilih untuk meluruskan tulang hidung yang bengkok ada dua, yakni sebagai berikut.

  1. Closed Reduction

Closed Reduction adalah tindakan medis untuk meluruskan tulang hidung yang bengkok tanpa operasi atau nonbedah. Oleh karena itu, cara mengobat patah tulang pada bagian hidung ini tidak menggunakan alat pembedahan khusus. Dokter hanya akan menggunakan pengobatan semprot dan suntikan anestesi agar selama proses, agar pasien merasa nyaman dan terhindari dari rasa sakit yang sangat.

Sebelum melakukan penanganan closed reduction, dokter akan melakukan tindakan CT scan untuk mengukur keparahan bengkoknya tulang hidung. Setelah diberikan anestesi, dengan menggunakan alat khusus tertentu, dokter akan kembali menyetel ulang bengkoknya tulang hidung Anda. Akan tetapi, prosedur ini hanya bisa dilakukan pada penderita tulang hidung bengkok dengan usia kurang dari 2 minggu. Ketahui juga cara merawat hidung agar sehat dan terhindar dari patah tulang.

  1. Setoplasti

Jika bengkoknya tulang hidung Anda cukup parah atau lebh dari waktu 2 minggu, maka cara meluruskan tulang hidung yang bengkok adalah dengan melakukan tindakan setoplasti. Tindakan ini dinilai sebagai cara paling efektif untuk mengatasi tulang hidung bengkok agar terhindari dari bahaya rhinitis.

Dalam prosesnya, pasien akan diberikan anestesi lokal maupun menyeluruh agar terhindari dari rasa sakit. Tindakan setoplasti dimulai dengan membedah bagian hidung pasien tanpa menyentuh anggota wajah lainnya. Pembedahan dilakukan untuk mengeluarkan mukosa dan menyesuaikan letak hidung pasien yang bengkok. Setelah itu, mukosa kembali dimasukan dan bagian sayatan dijahit.

  1. Septorhinoplasti

Pilihan tindakan operasi ini adalah bentuk lebih jauh dari tindakah setoplasti. Jika dengan tindakan setoplasti, hanya tulang hidung Anda yang dibenarkan maka tidak dengan septrorhinoplasti. Septorhinoplasti adalah penggabungan dua tindakan operasi yakni septoplasti dan rhinoplasti.


Tindakan septorhinoplasi biasanya dilakukan tidak hanya untuk memperbaiki bengkoknya tulang hidung melainkan juga dengan bentuk hidung secara menyeluruh. Tujuan umum pasien melakukan tindakan operasi ini memang untuk kepentingan kosmetik karena bentuk hidung yang berubah akibat kecelakaan yang parah maupun karena alasan ketidakpuasan.

Memiliki tulang hidung yang bengkok adalah sebuah masalah. Selain bisa mengubah bentuk hidung menjadi tidak simetris, bengkoknya tulang hidung atau deviasi septum memberikan pengaruh yang buruk pada sistem pernapasan seperti radang hidung.

Selain mencari cara mengobati radang hidung oleh karena ini, Anda harus segera mengatasinya. Konsultasikanlah tindakan  yang paling tepat untuk mengatasi tulang hidung Anda yang bengkok dan pilihlah salah satu dari tiga cara meluruskan tulang hidung yang bengkok tersebut di atas.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan