Sponsors Link

16 Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Kering

Sponsors Link

Telinga merupakan panca indera yang harus kita jaga kebersihannya. Telinga yang bersih membuat kita percaya diri, dan sebaliknya telinga yang tidak bersih atau kotor akan membuat orang lain tidak nyaman berada disekitar kita. Banyak orang tidak menyadari bahwa cara membersihkan kotoran telinga yang selama ini mereka lakukan tidak tepat, bahkan ada yang mengabaikan kebersihan telinga dan baru memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan telinga ketika mereka  mengalami masalah pada telinganya. Memang  tidak setiap hari kita ingat untuk membersihkan telinga dan tidak setiap hari pula kita harus membersihkan telinga. Karena membersihkan telinga terlalu sering pun justru berbahaya bagi telinga itu sendiri.  Namun bila terlalu lama diabaikan, kotoran ditelinga akan menumpuk, mengeras dan semakin sulit dibersihkan.

ads

Nah supaya telinga tetap bersih, kita perlu menjaganya dengan cara-cara yang benar dan waktu yang benar pula.  Artikel ini akan menginformasikan pada kalian 16 cara membersihkan kotoran telinga yang kering. Dengan mengutip dari berbagai sumber, inilah cara-cara yang umun dan aman untuk membersihkan kotoran di telinga. Namun pastikan dulu anda tidak sedang mengalami gangguan telinga apapun (selain masalah telinga kotor) ketika akan melakukan metode – metode berikut. Jika ternyata Anda sedang mengalami  radang telinga, maka membersihkan kotoran telinga yang menumpuk dengan metode dibawah ini  akan beresiko merobek gendang telinga anda. Hal yang perlu anda pertimbangkan saat hendak membersihkan telinga adalah :

  • Pastikan anda tidak memiliki trauma telinga yang belum diobati seperti gendang telinga sobek, gendang telinga berdarah, dan lain sebagainya akibat pengalaman  membersihkan telinga sebelumnya.
  • Apabila telinga anda mengeluarkan cairan maupun nanah sebaiknya lakukan langsung penanganan dengan dokter THT.

Tips Membersihkan Telinga yang Aman

Jika sudah paham, langsung saja kita bahas cara membersihkan kotoran telinga dengan trik sebagai berikut :

  1. Larutan Garam

Mungkin terdengar sepele dan meragukan. Apa iya larutan garam dapat dipakai sebagai pembersih telinga ? Jangan buru-buru ragu. Larutan garam merupakan bahan antiseptik alami yang berkhasiat untuk menangkal berbagai macam kotoran dan juga kuman penyakit. Anda bisa membuktikannya  sendiri.  Caranya : Campurkan 1 sendok teh garam dan 125 cc air hangat di dalam gelas, mug, atau panci. Aduk berkali-kali hingga garam larut. Kemudian rendam bola kapas di dalam larutan garam tersebut. Miringkan telinga yang ingin dibersihkan telinga ke arah atas. Kepala Anda harus dimiringkan menyamping. Lakukan sambil duduk untuk memudahkan pengaplikasian larutan garam. Posisikan bola kapas yang sudah direndam tepat dilobang telinga kemudian peras hingga air mengalir/menetes  ke dalam telinga. Beberapa tetes larutan garam sudah cukup.

Kekuatan gravitasi akan mengalirkan larutan garam dan membasahi kotoran telinga (ini memakan waktu kira-kira beberapa menit). Setelah itu miringkan kepala ke arah yang berlawanan lalu tunggu sampai air keluar. Lakukan metode ini sekali setiap dua minggu untuk membersihkan kotoran – kotaran yang menumpuk pada liang telinga. Namun perlu diingat kembali, kotoran telinga secara alami adalah protector bagi telinga kita sehingga tak ada alasan untuk membersihkan telinga menggunakan larutan ini setiap hari.

  1. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan salah satu obat tetes yang bisa dijadikan untuk membersihkan telinga. Hidrogen peroksida atau H2O2 merupakan suatu senyawa yang terbentuk secara alami di alam atau dapat disintesis secara kimia.  Senyawa ini memiliki sifat fisik dan kimia tertentu.  Hidrogen perokside dalam kemasan dan ukuran tertentu dapat kita peroleh di apotik. Senyawa ini berguna untuk membuat cairan telinga lebih cair dan dapat menghancurkan dan membersihkan serumen. Penggunaan hydrogen peroksida sebagai pembersih kotoran pada telinga adalah sebagai berikut :

  • Hidrogen peroksida (dengan kadar 3 % atau yang lebih rendah) dicampur dengan air dengan jumlah takaran yang seimbang dalam wadah gelas.
  • Setelah larutan jadi, rendam gulungan kapas di dalam larutan tadi.
  • Miringkan bagian kepala dimana telinga yang bermasalah menghadap ke atas.
  • Rendaman bola kapas kemudian di peras di atas telinga hingga beberapa tetes air rendaman masuk ke dalam telinga.
  • Tunggulah beberapa saat dengan membiarkan larutan peroksida mengaliri liang telinga. Jangan khawatir bila anda merasakan seperti ada suara desisan dari dalam telinga, itu adalah reaksi alami dari hidrogen peroksida yang akan bekerja.
  • Sesudah menunggu beberapa saat putar kepala kearah yang berlawanan dari posisi semula dan biarkan larutan keluar dengan sendirinya. Barulah telinga dibersihkkan menggunakan handuk dan air hangat.

  1. Cuka dan Alkohol

Larutan ini sering digunakan para atlet renang untuk membersihkan infeksi telinga yang diakibatkan oleh genangan air kolam yang terperangkap di telinga mereka. Gunakan cuka putih atau yang biasa disebut dengan isopropil dengan kadar 70%. Tambahkan cuka dengan sedikit alkohol untuk memudahkan sisa air yang terjebak dalam telinga menguap secara alami. Setelah larutan cukka dan alkohol tercampur, rendamlah gulungan kapas kedalam larutan. Sama seperti menggunakan hidrogen peroksida, peras larutan cuka dan alkohol ke dalam telinga yang bermasalah, biarkan beberapa saat dan bersihkan menggunakan usapan handuk dan air hangat.

  1. Baby Oil atau Mineral Oil

Baby oil juga dapat digunakan untuk membersihkan telinga. Yang kita perlukan disini adalah sedikit baby oil merek apa saja dan sebuah medicine dropper (anda dapat menggantinya dengan wadah lain yang ada di rumah anda). Anda dapat melakukannya dengan tidur menyamping ataupun duduk dengan telinga yang bermasalah miring keatas. Peras dengan hati – hati  dua hingga lima tetes baby oil ke dalam telinga yang kotor. Biarkan minyak bekerja di dalam saluran telinga selama beberapa saat. Setelah itu anda dapat mengganti arah kepala secara berlawanan untuk mengeluarkan tetesan baby oil bersama kotoran. Bersihkan menggunakan usapan handuk dan air hangat.

  1. Cotton Bud

Membersihkan telingan dengan cotton bud hanya baik digunakan pada bagian luar telinga saja. Menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga sangat tidak disarankan. Bila kotoran terletak di tepi luar telinga dan jumlahnya sedikit mungkin tidak perlu khawatir menggunakan cotton bud, namun bila anda menggunakan cotton bud untuk mengorak liang telinga hingga kedalam maka sebaiknya anda hentikan hal tersebut. Hal tersebut karena telinga terdiri dari jaringan lunak yang sangat rentan terhadap kerusakan dan infeksi. Cotton bud bisa saja melukai gendang telinga anda. Disamping itu, gerakan yang dihasilkan dari cotton bud didalam telinga sebenarnya justru menekan kotoran telinga yang tidak terjangkau menjadi semakin masuk ke dalam saluran telinga yang paling dalam. Cotton bud hanya menjangkau sedikit dari kotoran telinga, sisanya akan terdorong kedalam.

  1. Ear Candling

Banyak orang masih percaya pada metode ini. Cara kerja ear candling untuk mengeluarkan kotoran dari telinga adalah dengan memasukkan sebuah benda berbentuk kerucut ke dalam lubang telinga kemudian menghidupkan sebuah lilin diatasnya sehingga menghasilkan tekanan udara dalam telinga. Sebenarnya teori  Ear candling tidak bisa digunakan dan juga berbahaya, namun masih banyak orang yang bersedia melakukannya dan percaya cara ini efektif. Adapun alasan-alasan yang membuat ear candeling tidak boleh dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Tekanan udara dan panas yang digunakan untuk menarik kotoran telinga keluar dari liang telinga sangat kuat sementara itu kotoran telinga juga sifatnya sangat lengket, hal tersebut kemungkinan dapat membuat gendang telinga sobek akibat kekuatan tarik menarik antara kotoran telinga dan tekanan kuat dari ear candling.
  • Ada kemungkinan lilin yang digunakan selama ear candeling meleleh dan melekat ke dalam telinga. Bukannya mengeluarkan kotoran yang bersarang pada telinga, justru ear candling berpotensi menambah kotoran dalam bentuk lilin di telinga melalui sambungan alat yang digunakan saat membakar lilin.
  • Secara medis ear candling dapat menimbulkan masalah seperti telinga bagian dalam terbakar akibat udara panas terjadi dalam telinga.
  • Potensi kecelakan fisik juga mungkin terjadi apabila tenaga jasa yang melakukan perawatan ear candling tidak profesional. Potensi kebakaran dan gendang telinga sobek semakin besar terjadi.
  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang bersifat licin berfungsi sebagai pelumas di dalam telinga. Sifat licin ini yang membuat minyak kelapa efektif untuk membersihkan telinga.
Cara menggunakannya dengan terlebih dahulu  menuangkan minyak kelapa ke dalam sendok, lalu panaskan sendok (bisa dengan api lilin dan sebagainya) hingga akhirnya hangat. Tingkat kehangatannya disesuaikan dengan agar tidak menciderai telinga ketika dipakai. Kemudian celupkan gulungan kapas (bisa dengan cotton bud), lalu peras sedikit. Terakhir masukan kapas tadi dengan dibuat menjadi berukuran kecil ke telinga, dimana hangat dari minyak kelapa tersebut berkhasiat untuk melelehkan kotoran menumpuk yang ada di telinga. Bersihkan kembali telingan dengan tissue maupun cotton bud dengan hati-hati untuk melenyapkan sisa kotoran.

  1. Cuka Apel

Cuka apel merupakan resep rumahan. Cara penggunannya, sediakan cuka apel sebanyak 1,5 sendok, larutkan dengan sedikit air hangat. Lalu miringkan kepala Anda ke samping, dengan posisi telinga yang terdapat kotoran mengarah keatas. Kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel . Gulung bola kapas di telinga, dan biarkan selama satu jam.  Selain digunakan untuk melunakan kotoran telinga, cuka atau sari apel dapat mengembalikan kadar normal pH telinga.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Anda punya persediaan minyak zaitun dirumah ? Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan telinga dari kotoran.  Cara ini cukup aman dan simpel seperti cara lainnya. Anda hanya perlu mencelupkan gulungan kapas kedalam minyak zaitun hangat (minyak zaitun yang telah dihangatkan). Kemudian peraslah kapas yang telah direndam untuk membuang kelebihan minyak dalam kapas. Kapas yang sudah diperas dimmasukkna ke dalam lubang telinga hingga mengenai kotoran telinga yang ingin dibuang. Diamkan selama 5 hingga 15 menit. Setelah menunggu, keluarkan gulungan kapas. Bila anda merasa kototran telinga belum keluar sepenuhnya, anda dapat mengulangi kembali.  Anda bisa juga mencoba metode lain. Teteskan beberapa minyak zaitun kedalamm telinga menggunakan pipet, biarkan selama 3 menit dalam telinga sembari anda memijat otot – otot telinga anda. Itu akan mempermudah minyak zaitun bekerja mengjangkau setiap bagian kotoran telinga. Setelah itu baru bersihkan telinga menggunakan tissue maupun handuk.

  1. Bawang putih

Siapa yang tak kenal bawang putih. Pasti semua sudah pernah mencicipi gurihnya bawang putih saat dicampurkan ke masakan. Tapi apa anda sudah tahu kalau bawang putih bisa digunakan untuk membersihkan telinga bahkan meredakan infeksi telinga. Bawang dapat digunakan untuk membersihkan telinga karena di dalamnya terdapat suatu zat yang di sebut oleh para ahli sebagai zat asam fosfor.  Zat asam fosfor ini mampu membunuh kuman yang menjadi penyebab berbagai masalah pada telinga.  Cara membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan bawang putih adalah dengan membelah bawang menjadi dua bagian kemudian meletakkannya kedalam lubang telinga. Lakukan cara ini menjelang tidur. Biarkan potongan bawang putih berada di lubang telinga semalaman. Tidak perlu khawatir apabila potongan bawang putih terlepas dari telinga, paling tidak pastikan potongan bawang putih menempel setidaknya 2 atau 3 jam. Atau anda dapat juga memotongnya hingga berukuran kecil kemudian potongan bawang tersebut di bungkus menggunakan tissue. Bungkusan bawang putih kemudian diletakkan kedalam telinga. Selain dengan cara diatas, cara membersihkan telinga dengan bawang putih yang juga umum digunakan adalah dengan menggunakan minyak bawang putih. Cara membuat nya tidak kalah sederhana. Hancurkan atau haluskan beberapa potong bawang putih, lalu panaskan bawang putih halus tadi diatas lilin dengan menggunakan sendok makan sebagai wadahnya. Proses ini akan menghasilkan minyak. Minyak inilah yang kita gunakan. Teteskan beberapa tetes minyak yang ada itu ke telinga. Biarkan kira-kira sampai anda merasakan kotoran mulai mencair di telinga anda.

  1. Air hangat

Cara yang paling simpel dan tidak memerlukan bahan apapun untuk membersihkan telinga adalah dengan air hangat. Cuci telinga anda menggunakan air hangat. NBasuh perlahan – lahan sembari lakukan pijatan -pijatan ringan pada otot – otot telinga. Ritual ini bisa ada lakukan untuk membersihkan telinga anda setelah berkativitas seharian. Gunakan air yang benar – benar hangat agar lebih terasa manfaatnya.

  1. Obat tetes telinga

Sebagian dari anda mungkin tidak ingin repot membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan bahan – bahan alami dan lebih tertarik menggunakan obat pembersih telinga siap jadi yang tersedia di apotik. Obat tetes telinga untuk menghancurkan kotoran telinga banyak dijual di apotik maupun drugstore. Umumnya obat tetes telinga dengan berbagai merek tersebut mengandung bahan – bahan seperti  carbamide peroksida maupun docusate natrium.  Bahan – bahan kimiawi tersebut bekerja membersihkan kotoran telinga dengan mengubahnya menjadi partikel – partikel kecil yang lunak. Dengan begitu akan lebih mudah bagi penderita telinga kotor untuk membersihkan kotoran telinganya.  Beberapa merek obat tetes telinga yang dapat anda jadikan pertimbanagan adalah Forumen, Vital Ear Oil, Otopraf dan lain – lain. Sangat penting untuk memperhatikan aturan pakai dan dosis pemakaian karena beberapa obat tersebut memiliki efek samping bila digunakan sembarangan.

  1. Menggunakan syringe

Syiringe digunakan untuk memasukkan obat ataupun cairan kedalam telinga. Alat ini berbentuk bulat yang berfungsi mengantarkan obat ke dalam telinga. Meski tergolong aman metode ini tidak disarankan bagi mereka yang sedang mengalami masalah pada gendang telinganya.

  1. Fenolgliserin

Finolgliserin merupakan sejenis bahan kimia yang sering digunakan sebagai campuran dari produk – produk kosmetika contohnya sabun maupun lition. Fenolgliserin dapat digunakan untuk membersihkan kotoran telinga dengan memanfaatkan sifat gliserinnya yang mampu menyerap cairan dan minyak yang terjebak pada telinga. Cara penggunaannya adalah dengan menuangkan 2 hingga 3 tetes fenolgliserin ke dalam liang telinga yang terdapat kotoran. Kemudian gunakan cotton buds untuk membersihkan telinga secara hati -hati dan perlahan. Ulangi cara yang sama sampai anda merasa telinga anda sudah bersih. Cara lain untuk menggunakan bahan ini adalah dengan meneteskan 3 hingga 5 tetes fenolglicerin pada telinga dengan menggunakan sedotan atau pipet kemudian menyumbatnya dengan menggunakan gulungan kapas kering. Tunggu fenolglycerin berkasi selama beberapa saat paling tidak satu jam baru kemudian cabut kapas penyumbat tadi.  Setelah itu bilas telinga dengan air hangat dengan gerakan lembut.  Keringkan menggunakan handuk atau blow dryer dengan suhu rendah. Cairan fenolgliserin dapat anda temukan diapotik-apotik terdekat dengan merek dagang yang berbeda.


  1. Baking soda

Membersihkan telinga menggunakan baking soda ? Kenapa tidak. Siapkan larutan baking soda dengan menambahkan seperempat sendok teh baking soda kedalam 2 sendok makan air bersih. Larutan tersebut diteteskan pada telinga yang kotor menggunakan pipet maupun gulungan kapas. Diamkan selama 15 menit  dengan posisi telinga yang kotor menghadap ke atas. Setelah menunggu, putar kepala ke arah berlawanan. Hasilnya cukup menakjubkan. Kotoran dalam telinga akan keluar bersama dengan larutan baking soda. Benar – benar efektif, telinga menjadi bersih.

  1. Melalui Dokter THT

Alternatif paling pasti untuk membersihkan kototran telinga adalah dengan pergi ke dokter THT. Jika anda ragu untuk membersihkan atau menyingkirkan kotoran telinga dari liang telinga dengan cara-cara diatas, sebaiknya anda mengunjungi dokter. Tindakan membersihkan telinga diatas memerlukan kehati-hatian, bila tidak tahu cara melakukannya atau melakukannya tanpa berhati-hati kemungkinan hasilnya akan menjadi buruk. Jika telinga Anda sakit, jangan mengambil risiko. Selain itu apabila ditelinga masih banyak terdapat kotoran meskipun telah dilakukan pembersihan maka segeralah kunjungi dokter THT terdekat. Dokter THT akan melakukan beberapa prosedur untuk membersihkan kotoran pada telinga anda diantaranya menggunakan alat yang disebut sendok cerumen, forcep (penjepit), maupun menggunakan alat penyedot khusus untuk telinga. Berikut ini beberapa teknik membersihkan telinga yang akan dilakukan oleh dokter THT terhadap anda :

  • Menggunakan pompa elektrik untuk melakukan irigasi telinga. Irigasi telinga adalah salah satu cara yang cukup aman dan tidak menyakitkan untuk membersihkan telinga. Dalam prosedurnya dokter menggunakan sebuah pompa elektrik yang akan memompa kotoran keluar dari telinga anda. Dokter juga menggunakan semacam air yang dicampur dengan larutan garam murni (saline) dengan menyemprotkannya ke dalam telinga untuk memudahkan proses irigasi.
  • Menggunakan metode Microsuction. Tidak jauh berbeda dengan cara pertama, metode membersihkan telinga menggunakan microsuction ini juga tidak menyakitkan. Dokter akan menyedot kotoran dari dalam telinga menggunakan sebuah alat khusus.  Alat tersebut mampu menghisap kotoran dari dalam lubang telinga dengan cukup akurat.
  • Metode Aural Toilet. Metode membersihkan telinga dengan aural toilet umumnya menggunakan alat bantu khusus yang disebut dengan kapas lidi steril. Kapas lidi steril ini di campurkan dengan hidrogen peroksida. Setelah dibersihkan telinga akan diberi antibiotik untuk mencegah timbulnya infeksi pada telinga bila telinga dalam keadaan bernanah ataupun luka.

Sebelum memulai prosedur pembersihan telinga, dokter THT akan menyesuaikan metode mana yang paling cocok dengan anda. Dokter akan menyesuaikan dengan kondisi telinga sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal dan tepat sasaran. Demikian artikel mengenai cara membersihkan kotoran telinga untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan