Sponsors Link

3 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Bawang Putih

Sponsors Link

Bahan makanan tidak hanya mempunyai satu kegunaan saja. Bahan makanan juga bisa sebagai obat. Sama halnya dengan bawang putih. Bawang putih tidak hanya berguna untuk penyedap dan bahan makanan saja. Bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih kotoran telinga.

ads

Bawang putih mengandung alicin, sulfur, minyak atsiri, vitamin B1, B2, B3, B6, kalori, karbohidrat, seng, kalium, natrium fosfor, magnesium yang kesemuanya itu bermanfaat untuk antioksidan, anti septik, anti bakteri, anti mikroba, dan anti jamur.

Bawang putih juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ada beberapa  penyebab telinga cepat kotor. Mari, simak cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih agar tidak terjadi efek samping infeksi telinga.

  1. Diletakkan Pada Telinga

Untuk bawang putih yang dapat dan sangat disarankan untuk diletakkan di telinga adalah bawang putih organik. Jika menggunakan bawang putih non organik akan membayahakan telinga karena zat pestisida yang terkandung pada  bahan – bahan non organik.

Caranya dengan menaruh bawang putih yang telah dikupas, kemudian memilih umbi bagian tengah yang memiliki warna lebih kuning daripada luarnya (bagian lain jangan digunakan), lalu pasang dengan tidak lupa memaruh benang atau tali kecil sehingga jika sudah tidak nyaman di liang telinga, akan gampang untuk mengeluarkannya.

Lama waktu pemasangan bawang putih pada telinga yang dianjurkan adalah satu malam. Pada saat meletakkan bawang putih di telinga, kita harus pastikan supaya posisi bawang tersebut tidak jatuh dengan sendirinya ketika kita tidur.

Malam hari diletakkan, pagi hari diambil. Setelah bawang putih diambil dari telinga, kita perlu membersihkan telinga dengan air bersih agar tidak ada residu atau fosfor yang tertinggal dalam telinga.

  1. Obat Tetes Telinga

Sumber sakit pada telinga harus diketahui, apakah infeksi, apakah ada bisul dan jika ada, apa penyebab bisul di telinga, dan sebab lainnya yang merupakan penyebab telinga keluar darah. Tidak serta merta hanya bawang putih yang dijadikan bahan untuk obat tetes telinga, butuh bahan lain juga untuk campuran obat tersebut. Bahan campuran tersebut seperti minyak wijen dan minyak zaitun.

Campuran bawang putih dan minyak zaitun berfungsi untuk menyembuhkan infeksi telinga.  Bahan yang dibutuhkan adalah satu suing bawang putih segar dan 2 sendok makan minyak wijen atau minyak zaitun. Untuk membuat campuran ini, ada beberapa cara.

Cara pertama yaitu dengan memasukkan bawag putih cincang ke dalam minyak zaitun yang telah dipanaskan, kemudian setelah bawang putih dimasukkan, masih dipanaskan dengan suhu rendah selama kurang lebih 20 menit yang bertujuan minyak menyerap manfaat dari bawang putih.

Kemudian disaring hingga mencapai suhu tubuh, kemudian gunakan sebanyak dua tetes di telinga. Setelah 24 jam, usahakan buat ramuan baru. Karena bakteri bisa timbul dari bawang putih itu sendiri. Cara yang kedua adalah tidak memanaskan bawang putih atau hanya mencincang dan memasukkan ke minyak zaitun yang tidak dipanaskan selama dua atau tiga jam seleum digunakan.


  1. Bawang Putih dan Garam

Tiga hingga lima siung bawang putih dimasukkan ke dalam air dan dididihkan sekitar lima hingga tujuh menit.Campuran bawang putih dan garam tersebut dilumat dan dimasukkan dalam kain kasa. Kemudian diletakkan pada arah berlawanan dengan bagian yang terinfeksi selama beberapa menit hingga rasa sakit reda.

Bagaimana, cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih sederhana bukan? Cara sederhanapun juga bisa merawat kesehatan telinga asal dilakukan dengan benar. Jangan sampai terjadi hal fatal pada telinga kita, untuk itu kita perlu tahu cara merawat telinga agar tidak tuli.


Sebagai informasi tambahan, tidak boleh menggunakan obat tetes telinga sembarangan jika dirasa ada cedera atau luka pada gendang telinga. Sebelum melakukan pengobatan dengan bawang putih, usahakan telinga dalam keadaan bersih.

Terkahir, membersihkan telinga dengan bawang putih tidak bisa hanya sekali dilakukan, tergantung dari keadaan atau tingkat infeksi yang diderita. Cara membersihkan telinga yang salah adalah yang terlalu sering. Tipe kotoran telinga ada yang kering dan yang basah.

Cara membersihkan kotoran telinga yang kering memerlukan kehati-hatian, jika tidak efeknya bisa fatal, dari mulai peradangan, infeksi hingga kehilangan pendengaran. Selain itu, kita juga harus mengetahui obat radang telinga dan cara menyembuhkan radang telinga secara alami hingga kehilangan pendengaran. Selain dari pada itu, kita tentu haruss memperhatikan cara menjaga kesehatan telinga secara alami.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Telinga