Sponsors Link

15 Cara Membersihkan Telinga Anak Paling Mudah

Sponsors Link

Bagi anda terutama yang sudah menjadi seorang ibu, seharusnya mengetahui tentang hal seputar menjaga kesehatan anak. Karena di usia anak anak, sedikit kesalahan perlakuan saja dapat memberikan pengaruh besar. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak yang belum stabil dan fungsional organ tubuh yang belum sempurna. Oleh karena itu, sang ibu harus memiliki pengetahuan yang sangat luas dalam mengatasi permasalahan kesehatan anak pada organ oragn tubuh tertentu, terlebih lagi pada organ tubuh yang memiliki tingkat kesensitivan cukup tinggi, contohnya adalah organ telinga.

ads

Dalam organ telinga ada banyak bagian organ lainnya yang berukuran lebih kecil dan tentunya memiliki fungsional dan tugas masing masing, salah satunya adalah kotoran telinga. Dalam dunia kedokteran, kotoran telinga disebut juga dengan nama serumen. Kotoran telinga memiliki tugas untuk melindungi telinga dari infeksi bakteri dan jamur yang masuk kedalam telinga. Adapun tugasnya tersebut dibantu pula dengan bulu halus yang terdapat didalam telinga. Sistem kerjanya pun sama dengan yang terjadi pada filter kuman dan bakteri yang terdapat di bagian rongga hidung atau sinus. Adapun kotoran telinga adalah produksi dari sisa sisa bakteri, kuman, kotoran yang terfilter atau tersaring oleh kelenjar – kelenjar di saluran telinga. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi gelendang telinga agar dapat menerima respon suara dengan baik.

Menjaga kebersihan telinga juga merupakan hal yang penting. Walaupun telinga sudah mempunyai kemampuan tersendiri dalam menangkap debu dan polusi, anda juga tetap harus rajin menjaga kebersihan diri. Dengan rajin membersihkan telinga, kemungkinan terjadinya penumpukkan kotoran telinga sangatlah kecil. Kemudian juga memperkecil kemungkinan terjadinya iritasi atau luka di telinga yang diakibatkan karena kotoran telinga yang dibiarkan dan mongering sehingga susah untuk dikeluarkan. Namun tentunya untuk membersihkan telinga ada perlakuan khusus yang berbeda antara yang dilakukan orang berusia dewasa dengan yang masih berusia anak anak. Gendang telinga anak anak jauh lebih sensitive dan mudah terjadi iritasi dibandingkan dengan gendang telinga orang dewasa. Oleh karena itu simaklah beberapa tips terkait cara membersihkan telinga anak yang baik dan aman berikut ini:

  1. Jangan Bersihkan Pada Saat Telinga Kering

Pada saat telinga dalam keadaan kering, kotoran telinga tentunya akan jauh lebih susah dikeluarkan. Bagi sebagian orang yang mengalami kejadian ini mungkin tidak terlalu pedulu. Padahal pada saat kondisi telinga sedang dalam keadaan kering, kemungkinan terjadinya luka dan infeksi akan sangat besar. Infeksi yang terjadi dibagian telinga tidaklah boleh diremehkan, ada banyak permasalahan telinga yang patut diwaspadai, seperti gejala polip di telinga, dan lain lain. Cara yang termudah adalah dengan melembabkan telinga terelebih dahulu sebeum melakukannya dengan cuttonbud.

  1. Jangan Membersihkan Terlalu Dalam

Pada saat membersihkan telinga anak, hindari untuk membersihkan telinganya terlalu dalam. Memasukkan cuttonbud terlalu dalam tidak akan membersihkan kotoran telinga anak anda, justru malah akan membuat kotoran telinga atau serumen tersebut semakin jauh kedalam mendekati gendang telinga. Dengan membersihkan terlalu dalam juga dapat memicu kemungkinan gendang telinga akan tersentuh dan menyebakan rasa nyeri pada telinga.

  1. Bersihkan dalam Posisi Berbaring

Sebelum membersihkan, sebaiknya posisikan tubuh anak anda dalam keadaan berbaring. Terutama bagi anak anda yang masih berumur balita. Karena dengan meposisikannya secara berbaring, hal itu akan memperkecil pergerakannya sehingga tidak menganggu anda saat membersihkan telinganya.


  1. Bersihkan Pada Saat Tertidur

Bila anak anda masih bayi, membersihkan pada saat dia tertidur adalah pilihan yang sangat tepat. Pada saat bayi, umumnya memiliki kapasitas tidur yang jauh lebih banyak dibandingkan anak anak lainnya. Maka gunakan lah waktu tersebut untuk membersihkan bagian telinga. Gunakanlah pula cuttonbud yang berukuran kecil atau yang khusus digunakan untuk bayi. Dan untuk bayi, bersihkan telinganya dibagian luar atau daun telinganya saja.

  1. Gunakan Handuk Hangat

Sebelum membersihkan telinga anak anda, kompreslah bagian telinganya menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Hal ini akan membantu merilekskan organ telinga dan melunakkan kotoran telinga atau serumen. Setelah itu baringkan dan miringkan sedikit posisi kepala anak anda, dan anda dapat mulai membersihkan telinganya secara perlahan dan tidak member tekanan yang terlalu kuat.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Kandungan minyak zaitun yang kaya akan mineral memberikan keamanan jika digunakan untuk daerah organ tubuh yang sensitive, seperti telinga contohnya. Penggunaan minyak zaitun pada saat membersihkan telinga akan mempermudah keluarnya kotoran telinga atau serumen untuk keluar. Minyak zaitun juga membuat kotoran telinga yang awalnya kering menjadi basah dan lebih lembab. Cara penggunaannya pun sangatlah gampang. Sebelumnya siapkan air panas dan teflon kecil. Panaskan minyak zaitun tersebut hingga dirasa sudah hangat saja. Sesuaikan panasnya dengan hawa tubuh agar tidak menyakiti tubuh. Dan yang terakhir adalah teteskan secukupnya minyak zaitun tersebut ke lobang telinga, dan biarkan sejenak beberapa detik. Kemudian telinga sudah siap dibersihkan menggunakan cuttonbud.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Selain minyak zaitun, ternyata anda bisa pula menggunakan alternative dengan menggunakan minyak kayu putih. Kandungan minyak kayu putih tidak kalah berkhasiat dengan minyak zaitun untuk keamanan dalam membersihkan kotoran telinga atau serumen pada anak. Minyak kayu putih mengandung berbagai senyawa yang tergolong antibacterial dan sensasi menghangatkan dibagian telinga. Antibakterial didalam minyak kayu putih dapat membunuh kuman, bakteri, dan jamur yang mungkin terdapat dan menempel di sisi sisi rongga telinga anak anda. Namun, berbeda cara penggunaannya dengan minyak zaitun. Jika bila digunakan minyak zaitun sebaiknnya dipanaskan terlebih dahulu, maka untuk minyak kayu putih tidak perlu diberikan perlakuan yang sama seperti itu. Cukup langsung berikan beberapa tetes saja ke dalam telinga, atau bisa pula dengan membasahi cuttonbud yang digunakan menggunakan minyaknya secara langsung.

  1. Menggunakan Obat Telinga

Untuk mencari cara agar aman dalam mengeluarkan kotoran telinga pada anak, anda bisa menggunakan obat telinga sebagai salah satu opsi yang ampuh. Anda bisa menemukan obat telinga dengan berbagai macam brand di apotik mana saja. Obat telinga memberikan sensasi menyegarkan dan membersihkan bakteri dan kuman yang ada didalam telinga. Obat telinga pun memberikan jaminan sebagai larutan yang hygenis, sehingga aman sekali untuk telinga. Selain itu, didalam obat telinga juga terkandung senyawa yang mampu melunakkan kotoran telinga atau serumen anak anda. Namun, apaila digunakan untuk anak anda harus mengetahui secara jelas dosis yang dianjurkan pada informationbox. Cara penggunaan obat telinga adalah beri tetesan sesuai dosis secara langsung ke dalam telinga. Setelah tetesan diberikan, merengkan kepala anak adna sekitar 5 menit, hal ini bertujuan agar obat telinga yang diberikan dapat masuk secara lancar. Kemudian bersihkanlah telinga sang anak seperti biasa.

  1. Bersihkan Saat Sedang Mandi

Pada saat anak mandi, disitulah momen yang tepat untuk membersihkan telinganya. Karena pada saat tersebut, telinga anak dalam keadaan lembab dan tidak kering. Bersi sedikit usapan dengan sedikit air hangat sebelum membersihkannya. Namun, jjika menggunnakan metode ini  anda harus lebih extra hati hati. Karena pada saat mandi, umumnya anak akan lebih banyak bergerak dan lebih aktif dari biasanya. Ditakutkan terjadinya senggolan saat membersihkan hingga tak sengaja membersihkan ke bagian telinga yang terlalu dalam. Membersihkan telinga terlalu dalam dan memberikan gerakan yang kasar saat membersihkan dapat meninggalkan rasa nyeri dan terasa bindeng setelahnya.

Jadi, sebaiknya apabila anda ingin menggunakan metode ini persiapkan kursi kecil terlebih dahulu. Dudukkan anak anda saat anda ingin membersihkan telinganya. Dan pastikan juga sabun telah bersih terbilas, sehingga tidak memberikan efek licin pada badan atau bagian tubuh lainnya.

  1. Menggunakan Baby Oil

Baby oil adalah salah satu perangkat bayi yang sudah sangat familiar dan hampir dimiliki oleh semua ibu. Kandungan baby oil sebenarnya hampir sama dengan minyak zaitun. Baby oil juga memberikan sedikit efek hangat dan melembabkan. Baby oil juga mengandung antibacterial didalamnya, sehingga sangat dianjurkan untuk menjadi pembersih bagian organ tubuh tertentu. Cara penggunaannya adalah dengan dipanaskan diatas api sejenak atau sebentar saja hingga terasa hangat dan masih bisa ditoleriroleh suhu tubuh anak anda. Kemudian teteskan secukupnya secara perlahan agar tidak berlebih. Diamkan sekitar semenit hingga cairan dapat masuk dengan sempurna kedalam rongga telinga. Kemudian bersihkan seperti biasa dengan cuttonbud secara halus. Mulailah dari sisi luar dinding telinga terlebih dahulu, kemudian setelah itu perlahan membersihkan rongga telinga bagian dalam.

  1. Menggunakan Larutan Anti Bakterial

Membersihkan telinga anak menggunakan larutan anti bacterial juga merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan. Larutan antibacterial berguna untuk membunuh kuman dan jamur yang menempel pada sisi dinding rongga telinga ataupun menempel pada kotoran telinga, selain itu juga dapat memberikan sensasi kelembapan sehingga mempermudah keluarnya kotoran telinga.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa juga merupakan salah satu bahan yang aman untuk anda. Pastikan pula anda menghangatkan beberapa tetes minyak kelapanya terlebih dahulu sebelum meneteskannya di telinga andak anda. Minyak kelapa juga memiliki kandungan dan manfaat yang sama seperti pada minyak kayu putih, minyak zaitun, dan baby oil.

  1. Menggunakan Larutan Air Garam

Larutan air garam adalah salah satu larutan antibacterial yang ampuh dan sangat ramah kantong. Kandungan garam memiliki kemampuan antibacterial dan antinflamasi yang sangat baik bagi tubuh. Cara membuatnya pun sangatlah gampang. Diawali dengan menyiapkan bahan bahan seperti 1 sendok teh garam dan 130 cc air yang sudah dihangatkan. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk terus menerus hingga terlihat larutan tercampur rata. Teteskan secukupnya pada telinga anak anda, dan bersihkan seperti biasa menggunakan cutton bud yang mempunyai ukuran yang sesuai dengan besarnya rongga telinga.

  1. Menggunakan Syringe

Syringe adalah salah satu alat medis yang dapat digunakan untuk menghisap cairan atau gas di tempat tertentu, seperti didalam rongga telinga. Penggunaan syringe tergolong aman dan mudah. Anda bisa membelinya diberbagai appotik yang ada.

  1. Menggunakan Gliserin

Gliserin adalah jenis larutan yang aman untuk dijadikan cara memudahkan keluarnya kotoran telinga atau serumen. Gliserin tidak akan menimbulkan iritasi karena larutan ini snagatlah hygenis, sehingga cocok digunakan untuk anak anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan