Sponsors Link

9 Cara Membersihkan Telinga Bernanah dengan Benar

Sponsors Link

Telinga yang mengeluarkan nanah bisa terjadi karena virus atau bakteri yang terjadi di area telinga bagian tengah. Infeksi dan nanah pada telinga umumnya lebih sering terjadi pada anak anak dibandingkan orang dewasa yang juga bisa menyebabkan macam macam penyakit telinga. Penumpukan nanah pada telinga ini bisa terjadi karena sering menarik telinga, respon dari suara yang terlalu kencang, sering menusuk telinga dengan benda dan sebagainya. Jika nanah pada telinga tidak segera diobati maka bisa menimbulkan komplikasi seperti gangguan fungsi daun telinga, rusaknya gendang telinga dan pendengaran. Ada banyak cara membersihkan telinga bernanah yang bisa anda lakukan di rumah dengan sangat sederhana memakai bahan alami sekaligus mengurangi rasa sakit dan infeksi telinga lainnya seperti ulasan dari kami berikut ini.

ads
  1. Bersihkan Dengan Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan penting untuk melawan mikroba yang menjadi penyebab infeksi, telinga sakit dan juga bernanah dan cara membersihkan kotoran telinga. Cara membersihkan telinga bernanah ini bisa dilakukan dengan cara melumatkan bawang putih dan bubuhkan pada telinga yang bermasalah sekaligus mengkonsumsi makanan dengan tambahan bawang putih untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Daun Pegagan dan Minyak Kelapa

Cara selanjutnya untuk membersihkan nanah yang ada di telinga bisa dilakukan dengan campuran daun pegagan yang dilumatkan dengan minyak kelapa. Panaskan kedua bahan ini lalu aplikasikan pada bagian telinga yang bernanah secara teratur.

  1. Bersihkan Dengan Daun Kemangi

Untuk mengatasi infeksi telinga tengah yang menimbulkan nanah dan cara mengobati telinga berair bisa dilakukan dengan menggunakan daun kemangi. Caranya adalah melumatkan daun kemangi segar secukupnya lalu balurkan bubur kemangi tersebut di area telinga bagian luar namun jangan sampai bubur kemangi tersebut masuk ke dalam telinga.

  1. Bersihkan Dengan Daun Sambiloto

Cara membersihkan telinga bernanah selanjutnya bisa dilakukan dengan daun sambiloto yang ditumbuk hingga halus lalu ambil sarinya dan gunakan sebagai obat tetes telinga alami. Ulangi cara ini setiap hari hingga seluruh nanah yang ada di dalam telinga bisa dibersihkan sampai tuntas.

  1. Daun Kentutan dan Garam

Daun kentutan dan juga garam bisa digunakan sebagai cara membersihkan telinga bernanah. Kedua bahan ini bisa dihaluskan dan di ekstrak kemudian digunakan untuk diaplikasikan pada bagian telinga secara teratur setiap hari yang juga bisa digunakan untuk cara mengobati telinga tersumbat.

  1. Bersihkan Dengan Minyak Zaitun

Membersihkan telinga dengan minyak zaitun juga merupakan cara alami ampuh untuk membersihkan telinga sekaligus mengangkat lilin dalam telinga yang merupakan tempat subur pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab nanah. Teteskan minyak zaitun yang sudah dihangatkan ke dalam telinga dan diamkan beberapa saat lalu miringkan kembali telinga ke arah berlawanan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan bersihkan secara lembut.


  1. Bersihkan Dengan Bawang Merah

Bawang merah yang seringkali digunakan untuk memasak ini juga sangat ampuh digunakan sebagai cara membersihkan telinga bernanah termasuk infeksi telinga dan penyebab telinga berdarah. Potong 1 bawang merah dan hangatkan dalam microwave selama 1 hingga 2 menit lalu biarkan dingin dan saring jusnya. Masukkan 2 hingga 3 tetes ekstrak bawang tersebut dalam telinga dan miringkan kembali untuk mengeluarkan kelebihan cairan.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki sifat anti bakteri ringan yang sangat ampuh untuk mengatasi telinga sakit dan bernanah. Campur 3 tetes minyak pohon teh dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok teh cuka apel lalu hangatkan. Miringkan kepala diatas handuk yang sudah diteteskan dengan campuran tersebut selama 5 menit yang dilakukan sebanyak 3 kali sehari selama 2 hari.

  1. Jus Daun Mangga

Ekstrak dari daun mangga merupakan cara mengobati telinga bernanah yang sangat efektif. Haluskan 2 hingga 3 lembar daun mangga segar lalu hangatkan. Gunakan alat penetes untuk memasukkan 2 hingga 3 tetes ekstrak tersebut pada telinga bernanah dan diamkan selama beberapa menit yang dilakukan 2 hingga 3 kali sehari.

Cara membersihkan telinga bernanah bisa dilakukan dengan memakai bahan bahan alami yang mudah ditemukan apabila telinga bernanah yang anda alami masih dalam tahap ringan. Namun jika sudah kronis maka sesegera mungkin harus dikonsultasikan ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan terbaik.

, , , , ,