Sponsors Link

13 Cara Mencegah Faringitis Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Sedia payung sebelum hujan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mungkin pola itu yang harus dimiliki oleh semua orang supaya terhindar dari berbagai penyakit. Tak jarang, dari gejala yang tidak disadari, seseorang didiagnosa suatau penyakit dengan tingkat stadium yang tinggi. Faringitis adalah penyakit yang menyerang tenggorokan, hampir sama dengan tanda – tanda amandel kambuh. Faringitis merupakan penyakit yang dapat dicegah tentunya. Berikut cara mencegah faringitis.

ads
  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C termasuk jenis kandungan makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan. Vitamin C mempunyai manfaat untuk mencegah faringitis karena Vitamin C dapat mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit di tenggorokan, mengatasi iritasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga virus dan penyakit, tidak bisa menjangkit tubuh.

  1. Konsumsi Air Putih

Kerongkongan juga bisa kering. Jika kerongkongan kering dapat menyebabkan terjadinya sakit dan radang tenggorokan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mencegah faringitis.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang mengandung bahan kimia berlebih tidak baik untuk tubuh dan bukannya menjadi pereda sakit tenggorokan, malah memperparah. Selain itu, makanan yang terlalu kering juga dapat menyebabkan kerongkongan kering dan iritasi. Supaya menghindari hal itu, diperlukan dan dianjurkan untuk mengonsumsi makan sehat yang kaya serat dan vitamin.

  1. Menghindari Makanan Bersantan, Berlemak, dan Pedas

Makanan – makanan tersebut  merupaka Penyebab Tenggorokan Panas dan juga merupakan Penyebab Radang Tenggorokan sehingga dapat memicu iritasi tenggorokan. Untuk itu, makanan jenis ini merupakan makanan yang harus dihindari.

  1. Menghindari Paparan Asap Rokok

Hindarilah merokok karena merokok dapat memicu terjadinya faringitis, serta hindari asap rokok sebisa mungkin jauhi orang orang yang hendak merokok di dekat anda.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat merupakan kunci hidup sehat. Istirahat juga merupakan cara mengatasi radang tenggorokan. Kondisi tubuh yang terlalu lelah dapat menurunkan sistem kekebalan atau sistem imunitas tubuh. Jika imunitas tubuh terganggu, tubuh akan mudah terserang penyakit. Tidak terkecuali faringitis.

  1. Menjaga Kebersihan Mulut

Mulut yang kotor adalah sarang kuman penyakit, Untuk itu sangat disarankan untuk berkumur setelah makan. Lebih baik jika yang digunakan adalah obat kumur khusus yang mematikan kuman dan bakteri dalam mulut dijamin ampuh sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan.


  1. Vaksin Faringitis

Anak – anak akan sangat kasihan jika tidak bisa makan akibat menderita faringitis. Untuk itu melakukan vaksin, merupakan salah satu cara mencegah faringitis penting untuk dilakukan supaya menghindarkan anak dari mengonsumsi obat radang tenggorokan.

  1. Tidak Menghindari Makan

Tetap makan, juga termasuk cara untuk menghindari faringitis akut.

  1. Menghindari Penderita

Faringitis disebabkan oleh virus. Penularan virus salah satunya adalah kontak dengan orang yang sudah terjangkit atau penderita. Jika tidak ingin terjangkit faringitis juga sebaiknya membatasi kontak dengan individu yang sudah terkena penyakit ini.


  1. Menghindari Berbagi Makanan, Minuman, dan Peralatan Makan

Mencuci peralatan makan harus dengan benar. Benar dalam arti higienis. Jika tidak, kuman dan bakteri dari satu orang dapat menular ke orang lainnya. Jika satu orang terkena faringitis dan peralatan makan orang tersebut tidak dicuci dengan bersih dan digunakan oleh orang lainnya, maka yang menggunakan akan tertular faringitis tentunya.

  1. Menggunakan Alkohol

Maksudnya bukan mengonsumsi alcohol, tapi yang benar adalah menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol ketika tidak tersedia air dan sabun untuk mencuci tangan. Alkohol berfungsi mematikan kuman penyakit pada tangan yang sudah terkontaminasi akibat bersentuhan dengan benda atau orang lain.

  1. Sering Mencuci Tangan

Tidak serta merta berarti selalu mencuci tangan setiap saat, Itu berlebihan. Yang benar mencuci tangan setelah beraktivitas yang mengharuskan ke tempat – tempat yang kotor dan bersentuhan dnegan barang yang kotor dan debu, serta terutama sebelum makan dan setelah batuk atau bersin.

Hendaknya kita lebih waspada terhadap kuman dan penyakit. Cara mengobati radang tenggorokan atau cara mencegah faringitis yang telah disebutkan diatas diharapkan mampu menolong kita dalam menjalani kehidupan dan aktivitas kita sehari – hari.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan