Sponsors Link

8 Cara Mencegah Kanker Laring Sejak Dini

Sponsors Link

Saat ini sudah banyak pengobatan kanker laring yang dapat dipilih. Akan tetapi, seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati.” Jadi, bagaimanapun juga mencegah kanker laring lebih baik daripada mengobati kanker yang sudah merusak laring anda.

ads

Sebelum anda menemukan gejala kanker laring di tubuh anda, lakukanlah berbagai tindakan pencegahan. Ini 8 cara mencegah kanker laring yang dapat anda lakukan.

  1. Hindari Merokok

Cara mencegah kanker laring yang pertama adalah menghindari rokok. Rokok merupakan penyebab utama dari kanker laring. Ada banyak kanker laring yang disebabkan oleh pengaruh asap rokok. Tembakau merupakan bahan di dalam rokok yang paling berbahaya bagi kesehatan laring.

Jika anda sudah terlanjur menjadi perokok aktif, maka sebaiknya anda menghentikan aktivitas tersebut. Anda mungkin tidak akan merasakan dampaknya dalam waktu dekat. Namun, semakin lama anda mengonsumsi rokok, akan semakin meningkatkan risiko terkena kanker laring.

Kanker laring akan tumbuh selama bertahun-tahun. Umumnya kanker ini dapat diidentifikasi ketika seseorang berusia di atas 60 tahun. Jadi, menghentikan kegiatan merokok selagi anda masih mudah akan membantu menyelamatkan laring anda.

Jika anda bukan perokok aktif, maka ada baiknya anda menghindari asap rokok. Gunakanlah masker jika memang anda berada di tempat yang banyak terdapat asap rokok.

  1. Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Selain rokok, alkohol juga menjadi penyebab kanker laring. Jadi, cara terbaik untuk mencegah terkena kanker laring adalah tidak mengonsumsi alkohol. Alkohol juga termasuk minuman dan makanan yang dihindari saat sakit tenggorokan agar tidak menyebabkan komplikasi lainnya.

Alkohol dapat mengganggu kesehatan laring dan organ lain di tubuh anda. Keberadaan alkohol di dalam tubuh dapat membunuh sel-sel baik tubuh dan membiarkan sel-sel jahat berkembang. Selain itu, peminum alkohol umumnya akan mengalami kekurangan berbagai zat gizi.

Kekurangan zat gizi ini bisa menyebabkan meningkatnya risiko terkena kanker laring. Alkohol juga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit lainnya. Penelitian membuktikan bahwa alkohol menjadi penyebab infeksi amandel dan penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

  1. Makan Makanan yang Bergizi

Jagalah selalu gizi di dalam tubuh anda agar sistem metabolisme dapat berjalan dengan baik. Nutrisi yang cukup bagi tubuh sangat penting untuk memastikan setiap bagian tubuh dapat menjalankan fungsinya. Jika anda memiliki nutrisi yang cukup di dalam tubuh anda, sel kanker akan bisa dilawan oleh tubuh.

Anda dapat memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah, dan makanan yang mengandung antioksidan alami. Hindari juga makanan-makanan yang kurang sehat, seperti makanan yang menjadi pantangan radang tenggorokan. Hal ini akan membuat bagian laring dan tenggorokan anda semakin sehat.

  1. Jalani Pola Hidup Sehat

Beberapa jenis makanan, seperti makanan berlemak dan berminyak dapat meningkatkan risiko terkena kanker laring. Pastikan anda untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Anda juga harus menjalani pola hidup yang sehat agar terhindar dari kanker laring.

Perbanyaklah mengonsumsi sayuran. Olahragalah secara teratur. Tidurlah dengan pola yang benar. Hal-hal ini akan membuat tubuh anda lebih sehat. Anda juga dapat melakukan yoga dan meditasi.

Selain membantu mencegah kanker laring, yoga dan meditasi menjadi cara mengatasi tinnitus dan presbikusis yang tepat. Tubuh yang sehat akan memiliki sistem imun yang kuat. Sistem imun yang kuat mampu membuat tubuh anda melawan berbagai virus, bakteri, atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit.


  1. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga menjadi cara mencegah kanker laring. Berdasarkan penelitian kanker laring dapat disebabkan oleh pola diet yang tidak sehat. Diet yang tidak sehat banyak dijalani oleh orang-orang yang menginginkan penurunan bobot tubuh dalam waktu singkat.

Padahal diet yang tidak sehat dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu. Sedangkan berat badan yang jauh dari ideal juga akan menyebabkan banyak masalah pada kesehatan. Oleh karena itu, pastikan anda untuk selalu menjaga berat badan ideal.

Jika memang harus menjalani diet, lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter dapat menyarankan pola diet sehat yang cocok untuk anda jalani.

  1. Gunakan Pelindung Mulut Ketika Beraktivitas

Ketika beraktivitas di dalam atau di luar ruangan, pastikan anda selalu melindungi tubuh anda dengan baik. Salah satu bagian tubuh yang harus dilindungi adalah area THT (telinga, hidung, tenggorokan). Anda dapat menggunakan masker dan pelindung telinga ketika bekerja.

Menggunakan masker akan membuat anda terhindar dari asap dan debu ketika bekerja. Asap dan debu yang dihasilkan dari zat berbahaya, seperti asbes dapat mempengaruhi kesehatan laring anda. Jika anda terpapar zat tersebut dalam waktu lama, anda bisa saja mengalami kanker laring.

  1. Menghindari Penularan Virus HPV

Virus HPV dapat menular melalui hubungan sex yang tidak sehat. Hindari berganti-ganti pasangan atau menggunakan alat sex yang tidak sehat. Hal ini dapat membantu anda menghindari infeksi virus ini. Ini tentu menjadi salah satu cara mencegah kanker laring yang dapat anda lakukan.

  1. Rutin Memeriksakan Kesehatan

Demi memastikan anda selalu sehat, anda perlu selalu memeriksakan kesehatan anda. Dari pemeriksaan kesehatan, anda akan segera tahu jika ada hal yang tidak normal dari tubuh anda. Berbagai jenis penyakit, termasuk kanker laring dapat diidentifikasi lebih dini. Hal ini akan membuat anda dapat mencegah pertumbuhannya dengan lebih cepat.

, , ,