Sponsors Link

15 Cara Mencegah Radang Tenggorokan Belum Banyak Orang Tahu

Sponsors Link

Radang tenggorokan sepertinya sudah menjadi masalah kesehatan yang popular di abad modern ini. Mengingat kondisi sekitar kita yang sudah begitu tercemar, kemajuan teknologi industri menghasilkan limbah dan polusi yang membahayakan kesehatan kita dari hari kehari. Belum lagi perkembangan berbagai virus dan bakteri yang semakin lama berevolusi menjadi semakin kebal terhadap penanganan medis. Sebagai penyakit yang berkembang dari penularan virus, bakteri dan adanya reaksi alergi, radang tenggorokan menjadi sebuah kondisi yang begitu umum kita temui belakangan ini. Gejalanya juga tidak main – main, ada gejala ringan yang dapat kita atasi sendiri dengan bahan alami, ada pula gejala berat yang memerlukan penangan serius dari dokter.  Menyadari hal tersebut, seperti slogan klasik berkata “Mencegah lebih baik dari mengobati”, sangat penting bagi kita untuk mencegah terjadinya radang tenggorokan sebelum radang tenggorokan menyerang kita. Berikut ini hal – hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri untuk mencegah terjadinya radang tenggorokan :

ads
  1. Rajin mencuci tangan

Kita semua tahu tangan merupakan bagian tubuh yang banyak berhubungan dengan benda – benda asing. Hal tersebut menjadikan tangan berpotensi buruk sebagai media perantara segala jenis bakteri, kuman dan virus yang berasal dari luar tubuh untuk masuk kedalalam tubuh. Bakteri Streptokokus, salah satu penyebab radang tenggorokan dapat berpindah melalui kontak fisik langsung seperti berjabat tangan. Karena itu penting sekali untuk menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan setiap kali melakukan kontak dengan benda – benda asing sama artinya dengan mencegah perpindahan perpindahan virus, bakteri dan kuman. Berikut ini saat – saat yang harus anda ingat untuk mencuci tangan setiap kali melakukannya :

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, khususnya bagi anda yang sangat gemar menggunakan tangan tanpa sendok ketika makan. Hal tersebut sangat riskan. Selalu pastikan anda sudah benar – benar mencuci tangan dengan bersih dan jangan malas untuk menggunakan sabun.
  • Cuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan apapun, apalagi hewan peliharaan berbulu seperti kucing dan anjing. Mengingat radang tenggorokan dapat disebabkan oleh alergi bulu maka penting untuk mencuci tangan setelah memegang hewan peliharaan. Selain itu kita tidak pernah tahu aktivitas apa saja yang dilakukan hewan peliharaan yang kemungkinan beresiko menyebarkan virus, bakteri maupun kuman yang dapat mengganggu kesehatan kita.
  • Cuci tangan setelah bermain, terutama bagi anak – anak yang senang bermain di lingkungan terbuka. Latih anak anda untuk membiasakan diri mencuci tangan setiap kali selesai bermain.
  • Cuci tangan setiap kali anda membereskan sampah, atau sebisa mungkin gunakan sarung tangan untuk menghambat mediasi kuman, virus dan bakteri dari sampah ke tubuh.
  • Cuci tangan setiap kali berjabat tangan dengan orang lain. Bila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dalam situasi ini, anda bisa menggunakan tissue basah yang mengandung antiseptik.

Jadikan mencuci tangan sebagai sebuah kebiasaan dalam keluarga anda. Gunakan sabun yang mengandung antiseptik untuk memastikan tangan benar – benar bersih dan higienis. Bila dalam situasi tertentu tidak memungkinkan bagi anda untuk mencuci tangan, gunakan tissue basah maupun hand sanitizer sebagai alternatif. Anda perlu membawa tissue basah maupun hand sanitizer kemanapun anda akan pergi untuk berjaga – jaga.

  1. Minum banyak air putih

Menjaga kadar cairan dalam tubuh adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan dehidrasi akut. Dehidrasi terjadi bukan hanya karena melakukan aktivitas berat saja. Melalui aktivitas alamiah tubuh seperti keringat, urin dan feses, kita kehilangan air dalam tubuh kita. Kondisi tubuh yang demikian menyebabkan kita rentan terserang penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus dan kuman. Sirkulasi dalam darah terganggu dan berujung pada komplikasi penyakit lainnya. Sering kita tidak menyadari besarnya peranan air dalam tubuh, air medistribusikan gula, hormon dan nutrisi ke seluruh tubuh, menetralisir produk-produk limbah hingga melumasi sendi – sendi tulang. Diantara sekian banyak kandungan zat dalam air putih yang berguna bagi tubuh, adalah zink yang berperan besar dalam imunitas. Sejumlah penelitian mengungkapakan bahwa kelompok orang yang memiliki kadar zink yang cukup dalam tubuh mereka lebih kebal terhadap terjadinya peradangan dan jenis penyakit lain seperti infeksi pernapasan. Untuk itu banyak lah minum air putih ataupun air mineral. Jumlah asupan air yang disarankan untuk tubuh per harinya adalah 8 liter perhari. Bagi sebagian anda minum 8 liter air mungkin teraasa menjenuhkan dan berat. Untuk itu lakukan lah beberapa trik berikut agar mengkonsumsi air tidak terasa berat dan menjenuhkan. Lakukan secara bertahap. Misalanya dengan mengkonsumsi segelas air setiap 2 jam sekali. Atau dapat juga mengadaptaasi dengan wakktu – waktu berikut : Usahakan 1 hingga 2 gelas sesaat setelah bangun tidur di pagi hari dan 1 gelas setiap kali sebelum makan atau setengah jam sebelum makan, hal ini juga akan membantu lambung mencerna makanan.


  1. Gunakan masker saat berada di lingkungan polutan dan iritan

Kita tahu bahwa radang tenggorokan tidak hanya disebabkan oleh serangan virus dan bakteri. Debu kootoran, serbuk – serbuk tumbuhan, bulu hewan, hingga zat – zat kimia yang kita gunakan sehari – harii sepertii pewangi pakaian maupunn parfum  adalah faktor lain yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan. Bila anda mengetahui anda memiliki alergi terhadap hal – hal diatas, selalu ingat untuk menggunakan masker saat bersentuhan atau berhubungan langsung dengan situasi tersebut. Penting juga bagi anda untuk menggunakan masker saat melakukan perjalanan dan berkendara. Cuaca dan kualitas udara di sekitar kita saat ini mengalami penurunan akibat pencemaran, belum lagi tanaman hijau disekeliling kita yang hidup di perkotaan sudah jarang ditemui. Debu –debu jalan bercampur asap kendaraan menjadi makanan kita sehari – hari.  Mulailah pencegahan penyakit radang tenggorokan dengan hal sederhana seperti menggunakan masker.

  1. Perbanyak Konsumsi Viitamin C

Apalagi yang kita ragukan dari manfaat Vitamin C ? Sebagai penangkal radikal bebas, mengkonsumsi vitamin C akan mengurangi resiko terkena radang tenggorokan dan berbagai penyakit lainnya. Anti oksidan yang terkandung dalam Vitamin C akan menetralisir radikal bebas yang diterima oleh tubuh. Itu artinya secara tidak langsung vitamin C berperan memperkuat imunitas tubuh kita. Penuhi asupan vitamin C anda dengan mengkonsumsi makanan berupa buah dan sayur seperti jeruk, lemon, tomat, stroberi, arbei, cabai, papaya, nenas, melon, brokoli, labu, kentang, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat membeli suplemen vitamin C dalam beragam bentuk untuk membantu anda yang tidak suka mengkonsumsi sayur maupun buah – buahan.

  1. Beristirahatlah dengan cukup

Istirahat yang cukup dimulai dari tidur yang berkualitas. Coba periksa apakah tidur anda sudah berkualitas. Banyak diantara kita yang melanggar aturan tidur berkualitas. Tidur berkualitas bukan sekedar tidur dengan waktu tertentu dan jumlah jam tertentu. Tidur berkualitas setidaknya untuk beberapa jam tanpa mengalami gangguan apapun sehingga tubuh kita bisa benar – benar rileks dan dapat melakukan fungsinya dengan baik seperti memperbaiki sel – sel yang rusak.  Ketika kita tidur tubuh akan melepas hormon – hormon yang bekerja memperbaiki sel – sel yang rusak, dan meningkatkan daya imunitas. Memang sebagian orang tidak memiliki tidur yang berkualitas setiap malamnya, bisa jadi karena tuntutan pekerjaan. Namun waktu beristirahat tersebut harus tetap dibayar saat anda berhenti bekerja seperti di pagi hari dan siang hari. Saat anda merasa lelah beristirahatlah, jangan paksakan tubuh dan otak anda bekerja hingga drop. Sleain dengan tidur, istirahat yang baik dapat dillakukan juga dengan bersantai.

  1. Perhatikan apapun yang anda konsumsi terutama gorengan

Makanan dengan kadar minyak yang tinggi seperti misalnya gorengan sangat berpotensi meningkatkan resiko terkena radang tenggorokan. Coba anda perhatikan, setiap kali anda mengkonsumsi gorengan apapun, apalagi dalam jumlah yang terlalu banyak, beberapa oranng biasanya akan mengalami sariawan hingga sakit tenggorokan. Tahukah anda mengapa hal demikian bisa terjadi ? Selain karena kita tidak tahu seperti apa kualitas minyak yang dipakai untuk menggoreng makanan tersebut, apakah minyak tersebut telah dipakai berkali – kali atau tidak, lemak – lemak jahat yang terikat dalam gorengan tersebut akan menyebabkan luka pada tenggorokan kita. Minyak tersebut dapat mengkontaminasi selaput lender yang terdapat pada tenggorokan. Karena tugas selaput lendir pada tenggorokan adalah untuk menyaring partikel – partikel jahat yang masuk kedalam tubuh maka minyak – minyak jahat yang terkandung dalam goorengan yang kita konsumsi, terperangkap pada selaput lendir. Semakin banyak partikel yang tertahan pada lapisan lendir tersebut lama kelamaan akan menyebabkan radang tenggorokan. Lantas mengapa ada orang yang dengan mudah terserang radang tenggorokan setelah mengkonsumsi gorengan sementara yang lain tidak ? Kembali lagi kepada seberapa kuat pertahanan tubuh seseorang. Bisa saja hal demikian terjadi. Intinya tetap menyeimbangkan asupan vitamin C di dalam tubuh untuk memperkuat daya tahan tubuh melawan iritan – iritan yang mengancam kesehatan tenggorokan kita.

  1. Jaga kelembaban udara dalam ruangan anda

Bila memungkinkan anda dapat menggunakan mesin pelembab udara untuk menjaga kelembaban udara dalam ruangan anda. Mesin pelembab udara ini sering disebut dengan humidifier.  Humidifier banyak dijual di toko – toko elektronik dengan model dan harga yang variatif.  Humidifier berbeda dengan AC (air conditioner). Tidak seperti AC yang membuat suhu udara dalam ruangan menjadi dingin dengan mengeluarkan udara kering, humidifier justru melembabkan udara dengan melepas partikel – partikel uap. Dampak udara kering tentu saja menimbulkan rasa sakit yang menyiksa pada tenggorokan  terlebih bagi anda yang tinggal di lingkungan gersang dan panas serta anda yang menghadapi musim kemarau. Dengan menggunakan pelembab udara maka resiko terkena infeksi saluran dan pernapasan maupun radang tenggorokan akan berkurang. Humidifier juga sangat cocok digunakan bila anda memiliki anak kecil dalam keluarga anda untuk membantu mereka memperoleh udara lembab. Bila anda kesulitan mendapatkan humidifier, anda dapat menggunakan cara tradisional untuk menciptakan kelembaban udara dalam ruangan. Dengan meletakkan beberapa mangkuk  air pada posisi yang aman dalam ruangan yang sering anda tempati, kelembaban udara buatan menjadi milik anda. Bahkan dengan meletakkan akuarium dalam satu ruangan juga berpengaruh terhadap kelembaban udara pada ruangan tersebut.

  1. Sediakan waktu untuk minum teh Chamomile

Kenapa teh Chamomile begitu disarankan dan apakah teh ini efektif untuk mencegah terjadinya radang tenggorokan ? Jawabannya iya. Teh Chamomile sangat disarankan karena teh Chamomile begitu bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Teh Chamomile mengandung senyawa yang dinamakan senyawa fenolik. Senyawa fenolik ini merupakan senyawa yang bersifat anti bakterial yang bekerja dengan cara menyerap racun dalam makanan. Selain senyawa fenolik, terdapat juga anti alergen dan anti histamine pada teh tersebut. Kedua zat tersebut bekerja meredakan alergi pada tubuh. Namun sebaik – baiknya sebuah hal pasti mengandung kekurangan juga. Untuk mengkonsumsi teh Chamomile sendiri tetap diperlukan perhitungan akan takarannya. Wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi teh Chamomile terlalu sering. Kandungan kumarin di dalam bunga Chamomile dianggap berbahaya bagi kehamilan. Untuk mengkonsumsi teh Chamomile anda dapat menyeduhnya seperti teh biasa bila menggunakan kantung teh siap saji. Anda juga dapat merendam bunga Chamomile kering bila tidak menemukannya dalam bentuk kantung teh.

  1. Cobalah mandi uap beberapa kali dalam sebulan

Mandi uap membawa banyak dampak positif bagi tubuh.  Manfaat utamanya tentu saja membersihkan tubuh, bukan hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Pembakaran yang terjadi melalui suhu panas pada sauna menyebabkan racun – racun dalam tubuh keluar. Racun – racun tersebut keluar bersamaan dengan keringat melalui pori – pori kulit yang terbuka selama sauna. Demikian juga pernapasan dan tenggorokan. Selama mandi uap, tenggorokan dan pernapasan pun akan dibersihkan. Namun tidak dianjurkan untuk bersauna terlalu lama dan terlalu sering. Ibu hamil juga tidak disarankan untuk melakukan sauna karena resiko sesak nafas yang mungkin ditimbulkan. Mengingat efek sauna yang menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan, maka sangat disarankkan untuk banyak mengkonsumsi air putih maupun cairan elektrolit untuk mengembalikan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

  1. Kurangi makanan yang mengandung banyak gula dan minuman bersoda

Anda berfikir bagaimana mungkin mengurangi makanan manis maupun minuman bersoda bisa mencegah anda dari radang tenggorokan ? Makanan manis memang nikmat bagi lidah namun bahanya tidak senikmat rasanya. Dalam hubungannya dengan radang tenggorokan, makanan manis adalah sarana yang baik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak, semantara itu soda dapat menjadi kesempatan yang baik bagi kuman untuk tinggal di dalam mulut. Kondisi tersebut memudahkan kuman untuk menginfeksi tenggorokan dan saluran pernapasan. Diawali dengan iritasi hingga berujung pada radang tenggorokan.

  1. Jaga stamina tenggorokan anda

Profesi dan pekerjaan anda mungkin menutut anda untuk selalu banyak berbicara setiap harinya. Bisa jadi anda adalah penyanyi yang banyak menggunakan tenggorokan anda untuk menghasilkan suara terbaik anda.  Tenggorokan yang bekerja terlalu keras dapat menimbulkkan ketegangan otot dan inflamasi yang menjadi awal mula terjadinya radang tenggorokan. Bila tuntutan pekerjaan mengharuskan anda untuk banyak mengeluarkan suara maka anda perlu memberikan waktu khusus bagi tenggorokan anda untuk beristirahat. Minum teh sebagai bagian dari ritual relaksasi patut dilakukan untuk mengurangi tekanan pada tenggorokan dan memberi perlindungan anti bacterial. Jangan memaksa tenggorokan bekerja terlalu keras.

  1. Jangan merokok.

Sebagian dari perokok mungkin belum merasakan dampak rokok bagi kesehatan mereka. Tapi tentu saja rokok tetaplah rokok dan akan mengancam kesehatan cepat atau lambat. Akibatnya dapat muncul dalam berbagai bentuk masalah kesehatan dari yang ringan hingga mematikan. Radang tenggorokan pun merupakan salah satu akibat sekian dari daftar jahat rokok. Radang tenggorokan yang terjadi akibat asap rokok bisa saja merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius seperti kanker tenggorokan. Karena setiap asap rokok yang masuk ke dalam tenggorokan mengandung beribu komponen kimia yang siap merusak tubuh secara perlahan. Dari pada membawa diri kedalam resiko yang tidak menguntungkan sama sekali, alangkah baiknya bila anda menghindar dari asap rokok dan tinggalkan kebiasaan merokok anda bila anda masih seorang perokok.

  1. Hindari kontak langsung dengan penderita

Radang tenggorokan dapat menular. Kontak fisik secara langsung dengan penderita radang tenggorokan dapat meningkkatkkan kemungkinan anda tertular virus dan bakteri dari si penderita. Hindari kontak langsung dengan penderita, atau untuk meminimalisir kemungkinan tertular, cucilah tangan anda menggunnakan sabun dengan antiseptik, atau gunakan tissue basah maupun hand sanitizer. Hal ini penting juga bila ada anggota keluarga anda yang sedang mengalami radang tenggorokan dan anda mungkin sedang merawatnya. Sekali lagi ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah berkembangnya kondisi tersebut tanpa bermaksud mengucilkan mereka yang sedang menderita radang tenggorokan. Dengan penangan yang tepat terhadap si penderita dan tindakan pencegahan penularan, maka setidaknya anda meminimalisir keluarga anda dari sakit tenggorokan massal.


  1. Olah raga secara teratur

Olah raga secara teratur akan meningkatkan kekebalan tubuh dan ini merupakan cara yang paling mudah dan menyenangkan bila anda melakukannya dengan bersemangat. Setiap gerakan yang kita hasilkan selama berolahraga akan meningkatkan sirkulasi sel – sel yang berperan membunuh virus dan bakteri secara alami. Hal itu tentu saja mengurangi resiko anda terkena radang tenggorokan bahkan ketika cuaca tak bersahabat sekali pun. Saat kita berdiam diri kekebalan tubuh juga akan menjadi pasif dan mengendap di jaringan limpa tempat dimana zat imun alamai di hasilkan dalam tubuh. Saat kita berolah raga, zat imun tersebut akan bergerak menelusur untuk bersiap – siap melakukan tugasnya. Nah walaupun berolah raga itu baik bagi kesehatan, namun tetap harus diperhatikan porsinya. Olah raga terlalu keras juga tidak baik bagi tubuh dan justru akan menurunkan daya tahan tubuh. Olah raga yang baik adalah olah raga yang dilakukan dengan rutin dan dengan porsi yang sesuai serta di ikuti dengan asupan nutrisi yang memadai.

  1. Jaga kebersihan lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar anda, apakah itu rumah dimana anda tinggal, lingkungan kompleks anda, sekolah,kantor maupun tempat – tempat umum perlu dijaga kebersihannya. Lingkungan sekitar yang memiliki tingkat kebersihan yang buruk menjadi wadah yang tepat bagi kuman, virus dan bakteri untuk berkembang. Sampah yang dibiarkan bertebaran, akan mengundang lebih banyak lagi penyakit. Budaya hidup bersih akan memberikan keuntungan bagi kita. Bukan hanya keuntungan secara estetika semata, keuntungan secara medis dari menjaga kebersihan lingkugan sekitar membuat kita terhindar dari penyakit yang tidak seharusnya kita derita.

Itulah beberapa tindakan sederhana yang dapat kita lakukan sebagai Cara Mencegah Radang Tenggorokan. Tidak sulit untuk melakukannya, hanya diperlukan komitmen. Dengan melakukan tindakan pencegahan diatas semoga kita terhindar dari ancaman radang tenggorakan kapanpun dan dimanapun kita berada.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan