Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Alergi Hidung yang Mudah dan Ampuh

Sponsors Link

Alergi hidung bisa ditandai dengan gejala yang bermacam-macam mulai dari sering berair, gatal hingga radang menilik dari beragamnya jenis alergen yang bisa menyerang Anda. Penyebab hidung gatal dan cara mengatasinya bisa Anda jadikan salah satu referensi sebagai cara mengatasi alergi hidung.

ads

Begitu juga dengan cara mengatasi hidung berair karena hidung sering gatal dan bersin. Akan tetapi untuk penanganan yang lebih tepat, Anda bisa mempraktikkan cara menyembuhkan alergi hidung dengan 8 langkah yang mudah dan ampuh  berikut ini.

1. Gunakan Humidifier

Menyalakan humidifier adalah pilihan yang tepat jika alergi Anda disebabkan oleh udara yang gersang. Humidifier membantu udara di sekitar Anda menjadi lebih lembap. Udara yang lebih lembap lebih mudah diterima oleh hidung Anda dari pada udara yang gersang.

2. Konsumsi Antihistamin

Mengonsumsi Antihistamin menjadi cara mengatasi alergi hidung yang juga cukup efekti. Obat-obat dengan kandungan antihistamin mengatasi alergi dengan cara memblokir senyawa kimia pencetus alergi, yakni histamin. Selain mengatasi alergi, antihistamin juga bagus untuk mengatasi bersin dan gatal di hidung yang membandel.

3. Hindari Stress

Menghindari stres bisa membuat Anda mampu mengatasi alergi hidung dengan baik. Stres yang terjadi di dalam kepala Anda bisa memberikan pengaruh secara langsung pada turunnya sistem imun dan sensitivitas di beberapa bagian tubuh, termasuk hidung menjadi mudah alergi. Stres pula bisa menjadi faktor penyebab sinusitis.

4. Konsumsi Decongestans

Mengonsumi Decongestans juga cukup efektif untuk mengatasi hidung alergi. Menariknya, decongestans tersedia dalam bentok obat semprot hidung dan obat yang dikonsumsi secara oral. Sesuai dengan namanya, decongestans juga ampuh dalam mengatasi hidung mampet.

5. Uap Menggunakan Air Panas

Menghirup uap hangat adalah salah satu cara mengatasi hidung yang alergi. Cukup panaskan air lalu simpan di dalam wadah atau pot. Jangan biarkan air terlalu panas karena akan balik memberikan pengaruh buruk, campurlah hingga cukup hangat untuk membuat hidung Anda lapang. Langkah ini juga merupakan tips menghilangkan hidung mampet.

6. Nasal Irrigation

Nasal Irrigation, sesuai dengan namanya cara mengatasi alergi hidung dengan nasal irrigation adalah dengan mengalirkan sejumlah air ke dalam saluran hidung. Untuk bisa melakukan nasal irrigation dengan benar, Anda membutuhkan bimbingan terlebih dahulu.


7. Gunakan Steroid Nasal Spray

Steroid Nasal Spray adalah salah satu jenis obat semprot yang bisa mengatasi alergi hidung yang Anda derita. Kerap kali jenis pengobatan ini menjadi pengobatan yang paling direkomendasikan oleh dokter karena cukup efektif memberikan hasil yang memuaskan. Selain itu, steroid nasal spray juga sangat praktis dan mudah digunakan oleh Anda. Steroid nasal spray juga bisa menjadi cara mengatasi rhinitis vasomotor.

8. Konsumsi Cokelat

Mengonsumsi cokelat yang mengandung antioksidan bagus untuk mengatasi alergi hidung. Hal ini tidak terlepas dari sifat antioksidan yang antialergi. Mengonsumsi cokelat juga mampu mengurangi keluhan yang disebabkan oleh alergi hidung.

Cara mengatasi alergi hidung sesungguhnya adalah hal yang mudah jika Anda mampu mempraktikan cara merawat hidung agar sehat. Hidung yang mudah alergi juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit lain seperti rhinitis, sinusitis dan radang. Ketahui cara mengobati radang hidung, rhinitis, serta sinusitis agar Anda bisa sepenuhnya pulih dari berbagai jenis penyakit hidung dan sistem pernapasan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan