Sponsors Link

4 Cara Mengatasi ASI Masuk Telinga Bayi Paling Mudah dan Aman

Sponsors Link

Cara mengatasi ASI masuk telinga bayi merupakan informasi yang dibutuhkan kebanyakan orang tua, yang memiliki bayi yang masih menyusu. Saat bayi menyusu, khususnya menyusu ASI, diketahui bahwa posisi bayi yang dalam posisi tertidur digendongan ibu sangat memudahkan ASI untuk masuk ke telinganya.

ads

Jika sudah seperti ini, mungkin ibu menyadari ASI masuk ke telinga dan mungkin juga belum menyadarinya hingga bayi kemudian menunjukkan banyak tanda bahwa telinganya seperti terganggu atau telinga bayi keluar cairan kuning. Lalu jika anda mengetahui bahwa ada ASI yang masuk ke telinga bayi anda, bagaimana anda dapat segera mengatasinya?

Bayi yang mengalami kemasukan ASI ke telinganya sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir anda sehingga menjadi panik. ASI sebenarnya jika jumlahnya tidak terlalu banyak, tidak akan membahayakan telinga bayi anda. Bahkan mungkin ASI tidak akan mencapai gendang telinga yang terdapat di telinga bagian tengah.

Anda perlu melakukan upaya untuk mengatasi jika jumlah ASI yang masuk ke telinga cukup banyak. Hal ini dapat terjadi ketika bayi ketiduran saat sedang menyusu. Lalu apa cara mengatasi yang tepat?

Cara Mengatasi ASI Masuk Telinga Bayi

Anda perlu melakukan beberapa cara alami yang mudah dan aman untuk membantu anda mengatasi ASI yang masuk ke telinga bayi tanpa disadari. Beberapa cara mengatasi ini memang tidak diketahui secara umum, sehingga informasi kali ini sangat banyak dicari-cari. Jadi ketahuilah beberapa cara yang dapat membantu anda menjaga telinga bayi anda dari resiko kerusakan jangka panjang akibat kemasukan ASI.

  1. Menggunakan Cotton Bud Bayi dengan Perlahan

Pertama, anda dapat menggunakan khasiat dari cotton bud. Saat ini sudah ada cotton bud ukuran untuk bayi yang aman untuk membersihkan telinganya. Telinga bayi dapat anda bersihkan perlahan-lahan dan jangan sampai terluka atau bahkan menunjukkan ciri ciri gendang telinga pecah pada bayi. Jika anda tidak percaya diri, mintalah bidan atau perawat untuk membantu anda.

  1. Menggendong Bayi Beberapa Saat dalam Posisi Miring

Anda dapat membantu bayi untuk membersihkan telinganya dari ASI adalah dengan memosisikan tubuhnya miring saat digendong. Gendonglah bayi anda seakan telinganya yang kemasukan ASI ada dalam posisi miring. Pastikan bahwa tangan anda kuat dan menggendongnya dengan aman, jangan sampai membahayakan dan memperparah infeksi telinga pada anak anda.

  1. Membasuh Telinga Bayi dengan Tisu Kering

Coba juga menggunakan khasiat dari tisu kering yang anda gunakan untuk membasuh beberapa bagian telinga anda. Anda gunakan tisu yang kering saja, dan oleskan pertama tama dibagian daun telinganya terlebih dahulu. Lakukan perlahan lahan dan pastikan ke dalam lubang telinga bahwa tidak ada bagian yang basah di telinga bayi anda. Cara ini diketahui adalah cara membersihkan telinga anak yang cukup direkomendasikan.


  1. Meniup Telinga Bayi Perlahan Lahan

Cara selanjutnya, cobalah anda meniup telinga bayi anda perlahan-lahan. Anda tidak boleh meniup terlalu kencang. Hanya tiup perlahan saja dengan angin hembusan yang pelan sekali. Pastikan bahwa angin masuk ke dalam lubang telinga dan tidak mengagetkan bayi anda.

Bayi anda sebaiknya merasakannya seperti angin semilir kecil saja. Lalu anda kemudian dapat memastikan apakah kondisi telinga bayi anda sudah kering hingga ke dalamnya.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja cara mengatasi ASI masuk telinga bayi tanpa anda sadari. Berbagai informasi di atas tentunya diharapkan dapat memberikan manfaat yang untuk membantu anda melakukan cara mengobati telinga berair karena ASI pada bayi anda.

Apa saja yang dapat anda lakukan sebagai orang tua, khususnya untuk membantu bayi anda tidak mengalami masalah dalam kesehatan telinga. Oleh sebab itu, gunakanlah informasi di atas dan jaga kesehatan bayi anda untuk selanjutnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Telinga