Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran Dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Gangguan pendengaran atau tuli yang merupakan satu dari macam macam penyakit telinga ini bisa terjadi pada siapapun dan usia berapapun. Seseorang yang mengalami gangguan pendengaran atau tuli tentunya akan mengalami banyak kesulitan di kehidupan. Namun untungnya, sekarang ini sudah banyak cara mengatasi gangguan pendengaran yang bahkan bisa dilakukan di rumah tanpa perlu berkunjung ke dokter.

ads

Sedangkan untuk asupan makanan sangat disarankan untuk menjauhi makanan daging berlemak, produk susu dan juga makanan yang mengandung gula untuk mencegah gangguan pendengaran. Sedangkan untuk beberapa cara mengatasi gangguan pendengaran di rumah yang bisa anda lakukan akan kami ulas dalam artikel kali ini.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh menjadi pengobatan rumah terbaik untuk mengatasi gangguan pendengaran. Minyak pohon teh memberikan efek positif untuk mengobati gangguan pendengaran atau tuli.

  • Campur 3 tetes minyak pohon teh, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok teh koloid dan 1 sendok teh cuka sari apel.
  • Panaskan sebentar campuran tersebut kemudian teteskan ke telinga yang mengalami gangguan dan tahan selama 5 menit.
  • Lakukan cara ini sebanyak 4 kali sehari selama 2 hari untuk hasil terbaik.
  1. Bawang Putih

Cara mengatasi gangguan pendengaran berikutnya bisa dilakukan dengan bawang putih yang tidak hanya terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol, sirkulasi darah dan juga kadar gula darah saja namun juga untuk mengatasi gangguan pendengaran dan juga cara mengobati telinga berair.

  • Konsumsi 1/2 sendok teh bawang putih sebelum tidur secara teratur.
  • Cara lainnya adalah dengan menambahkan bawang putih dalam setiap makanan yang akan anda santap.
  1. Irigasi Telinga

Irigasi telinga atau ear irrigation juga merupakan cara rumahan untuk mengatasi gangguan pendengaran khususnya yang disebabkan karena penumpukan kotoran atau lilin dengan cara membersihkan kotoran telinga. Irigasi telinga ini akan membantu dalam menghilangkan lilin yang menumpuk di dalam telinga.

  • Untuk melakukan metode ini, anda bisa membeli ear wax kit yang tersedia di toko obat.
  • Sebelum memakai alat ini, baca instruksi pemakaian dengan baik atau konsultasikan dulu dengan dokter.
  1. Rosemary dan Lada Hitam

Rosemary dan juga lada hitam sudah sangat sering digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah. Kombinasi dari minyak ini sangat baik digunakan untuk memijat area kepala atau pada inhalasi uap yang sangat baik dalam memberi kelegaan gangguan pendengaran.

  1. Garam

Cara mengatasi gangguan telinga yang mudah dilakukan berikutnya adalah dengan menggunakan garam meja. Panaskan 1 cangkir garam dalam panci atau microwave sekitar 4 menit lalu tuangkan pada kain bersih dan ikat. Letakkan kain tersebut pada telinga yang terganggu dan diamkan selama 10 menit dan dianjurkan untuk melakukan cara ini setiap hari. Cara ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati telinga tersumbat.


  1. Akurpresur

Dari sebuah studi mengatakan jika anda keterkaitan antara fungsi daun telinga dengan ginjal yang bisa sangat berpengaruh terhadap telinga dan orang seringkali melakukan akupuntur untuk menyembuhkan masalah ginjal sekaligus juga dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi gangguan pendengaran atau tuli.

  • Gunakan 2 ujung jari dan sentuh bagian telinga dengan kuat.
  • Lipat telinga bagian atas untuk menutup lubang telinga dengan lembut.
  • Ulangi cara ini sebanyak 50 hingga 100 kali untuk hasil yang maksimal.
  1. Minyak Mustard

Minyak mustard menjadi salah satu pengobatan rumah efektif untuk mengatasi tuli atau gangguan telinga dan juga cara mengobati telinga bernanah. Panaskan 1 sendok teh minyak mustard dan campur dengan cincangan bawang putih dan panaskan. Teteskan minyak tersebut pada telinga yang bermasalah.

  1. Ekstrak Ginkgo Biloba

Sirkulasi darah yang lemah di otak bisa menyebabkan gangguan ingatan, tingkat konsentrasi yang menurun, pusing, gangguan pendengaran, cara mengobati telinga berdengung dan juga vertigo tinnitus serta berbagai masalah lainnya. Ekstrak ginkgo biloba ini sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah tinnitus dan gangguan pendengaran dan untuk hasil terbaik bisa menggunakan ekstrak ginkgo biloba sebanyak 60 hingga 240 mg per hari.

Cara mengatasi gangguan pendengaran dengan menggunakan bahan bahan alami menjadi cara terampuh dan paling aman yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah untuk mengatasi gangguan pada telinga. Pastikan untuk melakukan cara pengobatan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal