Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Hewan Masuk Telinga Paling Aman dan Mudah

Sponsors Link

Indera pendengaran berupa telinga mempunyai fungsi sangat vital bagi kehidupan manusia. Namun di saat telinga bermasalah seperti kemasukan benda asing atau hewan tentunya dapat mengakibatkan kesehatan telinga terganggu. Biasanya jika Anda beraktivitas di luar ruangan, maka hewan kecil atau serangga berpotensi masuk ke dalam telinga lebih besar. Contohnya ketika Anda sedang berkemah, berolahraga atau berjalan di trotoar.

ads

Terkadang hewan yang masuk ke dalam telinga ini dapat bertahan hidup dan merangkak keluar dari telinga Anda. Akibatnya telinga pun akan gatal, berdengung hingga nyeri.  Biarpun pada kasus telinga kemasukan hewan tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan dapat menyebabkan macam-macam penyakit telinga yang lebih parah. Berikut disajikan cara mengatasi hewan masuk telinga paling aman dan mudah.

  1. Jangan Panik

Cara mengatasi hewan masuk telinga yang pertama adalah usahakan jangan panik dan tenang. Memang hal ini sangatlah sulit mengingat adanya hewan asing masuk ke dalam telinga. Namun pastikan untuk tenang dan tidak panik agar hewan yang berada di dalam telinga tidak masuk ke bagian dalam telinga. Tentunya jika hewan sudah masuk ke bagian dalam telinga dapat menjadi penyebab telinga sakit hingga fungsi gendang telinga pada manusia menjadi terganggu.

  1. Jangan Masukkan Jari ke Dalam Telinga

Selain panik, biasanya reaksi selanjutnya saat telinga kemasukan hewan adalah mengorek atau mengambil serangga tersebut dengan tangan. Jangan sekali-kali memasukkan jari atau benda lain seperti cotton bud ke dalam telinga untuk mengeluarkan hewan tersebut. Jika Anda melakukan hal tersebut maka dapat mendorong hewan tersebut untuk semakin masuk ke dalam telinga. Selain itu, jika hewan tersebut menyengat dapat menjadi penyebab gendang telinga sakit atau penyebab telinga berdarah.

  1. Miringkan Kepala

Langkah tepat saat telinga kemasukan hewan adalah dengan memiringkan kepala berlawanan dengan sisi telinga yang kemasukan serangga. Jika serangga masuk pada telinga kanan, maka miringkan telinga kiri supaya serangga tersebut terdorong keluar.  

  1. Minyak Zaitun atau Baby Oil

Cara mengatasi hewan masuk telinga paling mudah dan aman adalah menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Langkahnya sederhana, Anda cukup memasukkan minyak zaitun atau baby oil tersebut ke dalam telinga yang kemasukan hewan. Setelah itu tariklah perlahan daun telinga Anda agar gelembung di dalam telinga sedikit menghilang.

Dengan begitu minyak zaitun atau baby oil tersebut dapat menenggelamkan hewan tersebut. Barulah diamkan selama dua menit hingga hewan tersebut benar-benar dilapisi minyak. Jangan terlalu berlebihan juga memberikan minyak zaitun atau baby oilnya.


  1. Air Hangat

Mengatasi hewan masuk ke dalam telinga juga dapat menggunakan air hangat. Anda cukup memasukkan air hangat ke dalam telinga kemudian miringkan ke arah bawah. Dalam kondisi ini hewan pun memungkinkan untuk keluar dari dalam telinga Anda. Namun apabila serangga yang keluar tidak utuh, Anda dapat menambahkan air hangat hingga hewan tersebut benar-benar keluar semua.

  1. Pertolongan Dokter THT

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas, namun hewan belum keluar dari telinga maka dapat pergi ke dokter THT. Tentunya dengan peralatan yang bersih dan aman, hewan tersebut dapat keluar dengan mudah dan cepat.

Itulah 6 cara mengatasi hewan masuk telinga paling aman dan mudah. Dengan menerapkan cara-cara di atas diharapkan hewan pun dapat keluar dari telinga. Penanganan hewan masuk telinga ini haruslah sesegera mungkin karena juga dapat menjadi penyebab telinga berdengung atau gejala tinnitus.

, , ,