Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Hidung Berair Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Siapa yang pernah mengalami hidung berair? Diantara anda mungkin ada yang pernah mengalaminya, tentu ini menjadi sangat mengganggu aktivitas.

ads

Gejala yang dialami pengidap hidung berair adalah dimana hidung seseorang mengeluarkan cairan ingus secara terus menerus, ketika cairan ingus keluar dan dikeluarkan maka cairan tersebut akan keluar kembali. Kondisi hidung berair juga dapat merupakan gejala awal dari penyakit hidung lainnya.

Artikel:

Hidung berair memang bisa dialami orang semua orang baik mulai dari anak – anak hingga orang dewasa, banyak sekali penyebab hidung berair. Melemahnya sistem kekebalan tubuh, Influenza, atau alergi terhadap radikal bebas atau dalam kedokteraan biasa disebut Rhinitis alergi. Lalu, bagaimana bagaimana cara mengatasi hidung berair?

1. Menghirup uap kunyit 

Penderita hidung berair akan mengalami kesulitan saat bernafas terutama ketika sedang tidur, kondisi dimana cairan ingus keluar akan menyebabkan hidung mampet. Menghirup uap perasan air kunyit menjadi salah satu cara mengatasi hidung berair. Anda hanya menghirup uap kunyit tersebut beberapa kali dan lebih baik lagi jika dilakukan secara teratur hingga hidung meler bisa teratasi.

       2. Semprotan hidung

Penggunaan semprotan hidung menjadi cara alternatif, dengan menggunakan semprotan hidung pada bagian hidung yang berair akan mengangkat kotoran – kotoran yang ada pada dinding rongga yang paling dalam sekalipun. Semprotan hidung ini berfungsi untuk membuat kondisi hidung anda nyaman kembali. Gunakan semprotan hidung steroid sebagai salah satu cara mengatasi hidung berair.

       3. Minum ramuan jahe

Jahe banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung berair pilihan anda. Caranya cukup sederhana campur air jahe dengan madu dan perasan air jeruk nipis kemudian aduk – aduk sebentar, air yang digunakan sebaiknya air hangat.

Minumlah ramuan jahe tersebut setiap hari walaupun dalam kondisi sehat. Ramuan jahe ini bermanfaat untuk penyembuhan hidung berair karena memiliki kandungan anti inflamasi, bakteri dan virus penyebab influenza dan demam. (Baca Juga: Obat Telinga Tersumbat Karena Flu)

       4. Menggunakan uap minyak Eucalypus

Uap yang dihasilkan oleh minyak Eucalypus dapat melegakan pernafasan anda sehingga dapat menghalangi terjadinya hidung berair. Cara mengatasi hidung berair yang satu ini sangat mudah untuk dipraktekkan, anda hanya perlu mengoleskan minyak Eucalypus pada kain lalu dihirup atau anda juga dapat meneteskannya pada air panas didalam baskom.

       5. Kurangi aktivitas begadang

Begadang sering sekali menjadi pemicu timbulnya penyakit – penyakit baru pada seseorang, wajar memang. Ketika begadang kualitas sel darah merah seseorang akan berkurang sehingga dapat menurunkan kualitas sistem kekebalan tubuh sedikit demi sedikit.

Virus, bakteri atau jamur bisa dengan mudahnya masuk ketika dalam kondisi anti body lemah. Berbagai cara mengatasi hidung berair seperti diatas dilakukan namun tetap begadang, akan sangat sia – sia. (Baca Juga:  Hidung Sakit Saat Flu)

       6. Semprotan garam

Selain disebut  sebagai obat dekongestan garam juga kaya akan manfaat lain salah satunya adalah untuk mengatasi hidung berair. Larutan garam ini nantinya dapat membuat hidung yang tersembat menjadi lembab kembali dan lendir menjadi encer.

Caranya adalah siapkan wadah kedap udara, campurkan tiga sendok teh garam tanpa idioda dan baking soda, air yang digunakan air matang, kemudian pindahkan larutan pada neti pot.

       7. Tidur dengan bantalan yang tinggi

Tambahkan lagi bantal anda ketika tidur sehingga dapat meringankan sistem pernafasan anda, saluran hidung yang mampet akan menjadi membaik. Buat senyaman mungkin ya.

       8. Makanlah makanan pedas

Makanan pedas memang membuat serasa tersiksa namun disisi lain makanan pedas menjadi pilihan alternatif lainnya. Kondisi hidung saat makan makanan pedas akan berair layaknya es yang disiram air panas, akan mencair sehingga mengurangi hidung yang tersumbat. Makanan pedas juga membuat penderita akan lebih fresh.

       9. Minum air putih secara teratur

Minumlah air putih setidaknya 7 sampai 8 liter perhari, dapat mengurangi kondisi tubuh kekurangan cairan/dehidrasi. Disaat tubuh kekurangan cairanlah imunitas tubuh akan menjadi berkurang, sehingga bakteri atau virus akan lebih mudah masuk kedalam tubuh dan dapat pula menyebabkan penyakit seperti gangguan pernafasan. Ini penting, mulai sekarang hindari kekurangan cairan tubuh. (Baca Juga: Cara Menyembuhkan Telinga Tersumbat Karena Flu)

      10. Mengkonsumsi madu

Konsumsilah madu kapanpun itu baik dalam keadaan sehat sekalipun, banyak manfaat yang didapat dari madu. Selain menjaga tubuh agar tetap fit tentunya juga bermanfaat sebagai obat untuk berbagai jenis pengobatan. Mengkonsumsinya dapat menghilangkan bakteri penyebab influenza, tambahkan madu kedalam teh atau roti sehingga lebih nikmat.

       11. Makan sup panas

Kaldu yang terdapat pada sup membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi, contohnya ketika anda mengokonsumsi sup panas, kaldu panas dan juga bahan – bahan yang terdapat pada sup akan mengurangi pembengkakan pada rongga hidung dan membantu penyembuhan flu menjadi lebih cepat. Uap panas yang ditimbulkan akan membuat rasa nyaman pada hidung anda.

       12. Penggunaan humidifier atau alam pelembab udara

Cara yang sangat ampuh dalam mengatasi hidung berair adalah dengan menggunakan humidifier, udara akan menjadi lebih lembab sehingga membantu dan tetap menjaga rongga hidung anda tetap cair. Cara ini juga akan menghalangi cairan ingus yang menyumbat hidung anda.(Baca Juga: Cara Melegakan Hidung Tersumbat karena Flu)

       13. Jangan merokok!

Merokok tentu sangat berbahaya untuk kesehatan, banyak sekali penyakit yang akan timbul kepada si perokok. Salah satunya penyakit pernafasan, ketika dalam keadaan flu anda dilarang untuk merokok, hal ini dimaksudkan karena merokok dapat memperberat gejala flu anda melalui asapnya. (Baca Juga: Penyebab Flu Di Pagi Hari)

Berbagai cara diatas memang perlu untuk dicoba, anda tidak harus melakukan semuanya tapi cobalah pilih salah satunya yang menurut anda paling sesuai dengan kondisi anda.

, , , , , ,