Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Hidung Berdarah Akibat Benturan

Sponsors Link

Pendarahan dari hidung bisa terjadi karena beberapa sebab. Akan tetapi, penyebab umum adalah karena cuaca yang biasanya menjadi penyebab anak sering mimisan, udara yang kering, ketinggian, dingin, alergi hidung, terdapat luka di hidung dan juga karena terbentur dengan keras. Pendarahan hidung yang terjadi karena benturan bisa terjadi karena hentakan tersebut menyebabkan dinding pembuluh darah di sekitar area hidung menjadi pecah dan akhirnya mengeluarkan darah. Apabila ini terjadi pada anda, jangan terburu buru panik sebab ada beberapa cara mengatasi hidung berdarah akibat benturan yang bisa anda lakukan sendiri tanpa perlu pergi ke dokter. Berikut ulasan selengkapnya.

ads
  1. Kompres Dingin

Kompres dingin merupakan obat mudah untuk menghentikan hidung berdarah yang terjadi karena benturan. Suhu dingin yang dihasilkan dari kompres akan memperkecil pembuluh darah sehingga aliran darah bisa diperlambat dan dihentikan dalam waktu beberapa menit.

  • Bungkus beberapa buah es batu dengan selembar handuk tipis.
  • Duduk dengan posisi tegak dan miringkan kepala anda ke arah belakang.
  • Tempelkan kompres dingin tersebut pada hidung selama 5 sampai 10 menit dan ulangi sesuai dengan kebutuhan anda atau sampai darah berhenti.
  • Perhatikan untuk tidak menempelkan es batu secara langsung ke hidung anda.
  1. Cuka Apel

Selain berguna sebagai obat radang tenggorokan, cuka apel juga menjadi cara efektif untuk menghentikan pendarahan hidung dalam waktu cepat. Cuka apel juga berguna untuk melindungi tubuh dari kehilangan darah terlalu berlebihan sekaligus menutup dinding pembuluh darah yang rusak akibat benturan.

  • Rendam kapas dalam cuka apel dan masukkan ke dalam lubang hidung.
  • Diamkan selama 10 menit supaya pendarahan bisa berhenti.
  • Selain cuka apel, anda juga bisa menggunakan cuka putih suling dengan cara yang sama.
  1. Cabe Rawit

Meskipun terdengar aneh, namun cabe rawit juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan hidung. Cabe rawit akan bekerja sebagai stimulan sel sekaligus mengatur aliran tekanan darah sehingga tekanan berat dari area pendarahan bisa dikurangi dan membekukan pendarahan tersebut dengan cepat.

  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk cabe rawit pada 1 cangkir air hangat dan aduk sampai rata.
  • Minum air seduhan tersebut dan pendarahan hidung akan segera berhenti.
  1. Bawang Merah

Bawang merah bisa digunakan untuk cara mengobati telinga berair dan ternyata juga menjadi agen pembekuan yang baik sehingga sangat efektif digunakan untuk menghentikan pendarahan hidung. Aroma menyengat alami yang dihasilkan dari bawang merah juga akan membantu proses penggumpanan darah dengan cepat.

  • Potong 1 bawang merah menjadi 2 dan tekan 1 iris bawang merah tersebut pada hidung kemudian hirup aroma bawang yang menyengat tersebut.
  • Cara lainnya adalah dengan meneteskan 2 sampai 3 sari bawang merah ke lubang hidung.

  1. Air Saline

Selain bisa digunakan untuk cara mengobati telinga bernanah, air saline juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan dengan cara menenangkan dan melembabkan membran nasal yang teriritasi dengan air garam tersebut.

  • Tambahkan sejumput garam pada 1/2 gelas air dan aduk hingga rata.
  • Masukkan beberapa tetes air garam ini ke dalam lubang hidung yang berdarah.
  • Cara lainnya adalah dengan menggunakan obat tetes salibe nasa spray yang bisa diberli di apotek.
  1. Ketumbar

Ketumbar juga menjadi bahan alami yang baik digunakan untuk menghentikan pendarahan hidung. Sifat mendinginkan dan menenangkan akan sangat membantu untuk menghentikan pendarahan dalam waktu cepat. Selain itu, dalam ketumbar juga mengandung antihistamin yang mampu menangkal alergi.

  • Masukkan beberapa tetes minyak ketumbar dalam lubang hidung atau jus ketumbar segar ke dalam hidung anda.
  • Cara lainnya, haluskan beberapa lembar daun ketumbar lalu terapkan di area dahi sehingga efek pendingin yang dihasilkan bisa menghentikan pendarahan di hidung dengan cepat.

Beberapa cara mengatasi hidung berdarah akibat benturan yang sudah kami berikan sangat baik untuk dilakukan karena hanya menggunakan bahan alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Pastikan untuk menghentikan beberapa cara diatas apabila pendarahan hidung sudah berhenti.

, ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan