Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Cepat

Sponsors Link

Untuk mengatasi radang tenggorokan dengan cepat, anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini. Apabila radang tenggorokan yang anda alami tidaklah kronis dan anda tidak berencana untuk mengobati radang tenggorokan ke dokter, cobalah lakukan beberapa tindakan perawatan yang akan dipaparkan dibawah. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan menghabisakan waktu yang lama untuk melakukannya karena semua cara ini dapat anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini 17 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan cepat :

ads
  1. Minum satu atau dua sendok madu.

Madu dapat bekerja sebagai  antiseptik alami dan telah dikenal sejak lama mampu meredakan masalah pada tenggorokan, madu dapat melapisi tenggorokan yang kering,  meringankan radang, serta membantu menekan batuk. Minumlah satu atau dua sendok makan madu alami secara teratur setiap hari.  Anda juga dapat melakukan tips berikut untuk mengatasi radang tenggorokan dengan madu :

  • Anda bisa menambahkan madu ke dalam air panas. Setidaknya itu akan melegakan tenggorokan anda saat meminumnya.
  • Anda dapat membuat minuman dari madu dan cabai untuk melegakan tenggorokan. Memang terdengar ekstrim tetapi tahukah anda bahwa cabai merupakan bahan yang juga mampu melawan sakit tenggorokan karena cabai mengandung capcaisin. Capcaisin merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan sakit. Untuk membuatnya : masukkan 1/2 sendok teh bubuk cabai dan 1 sendok teh madu ke dalam 1 cangkir air mendidih. Aduk hingga menyatu. Setelah hangat atau agak dingin anda bisa meminumnya secara perlahan. Jika Anda tidak tahan dengan rasa cabai yang pedas, kurangi jumlah cabai hingga 1/8 sendok teh atau bahkan lebih sedikit lagi.

Perlu dicatat, madu tidak boleh diberikan pada anak-anak di bawah usia 1 tahun karena diketahui bisa menyebabkan botulisme atau keracunan pada bayi karena madu mengandung bakteri yang belum bisa di proses oleh pencernaan anak kecil.

  1. Berkumur dengan air garam hangat

Berkumur dengan air garam hangat merupakan cara praktis yamg telah digunakan sejak lama untuk mengatasi radang tenggorokan. Air garam yang berperan sebagai antiseptik  akan membersihkan bakteri pada tenggorokan. Masukkan satu atau dua sendok garam dapur ke dalam satu gelas air hangat. Aduk sampai garam larut dalam air. Kemudian minum selagi hangat. Saat tenggorokan Anda terasa sakit, membran mukus membengkak dan meradang sehingga menyebabkan rasa sakit dan gatal. Garam akan menarik air dari dalam sel membran mukus, sehingga mengurangi pembengkakan dan membantu menenangkan tenggorokan Anda.

Ketika anda berkumur dengan air garam, jangan hanya mengkumur air pada pipi, kumurkan juga air garam pada tenggorokan anda. Tengadahkan kepala Anda dan pastikan air garam menyentuh bagian belakang tenggorokan, karena bagian inilah yang mengalami peradangan. Berkumurlah selama sekitar 30 detik sebelum air garam dibuang. Air garam sebaiknya jangan di telan. Berkumurlah dengan larutan ini hingga rasa sakit Anda berkurang.  Anda bisa berkumur dengan air garam hingga 3 kali dalam sehari. Tidak disarankan untuk berkumur terlalu sering karena hal itu bisa membuat membran mukus terlalu kering sehingga menambah iritasi pada tenggorokan.

  1. Minum jus buah

Beberapa buah dapat sangat efektif meredakan sakit radang tenggorokan. Dengan mengolah buah tersebut menjadi jus, akan lebih mudah bagi anda untuk mengkonsumsinya. Jus buah yang disarankan adalah jus apel, jus jeruk, jus lemon, dan jus lain yang mengandung vitamin C tinggi. Sangat direkomendasikan minum jus dari perasan buah segar. Namun hindari mencampurkan terlalu banyak gula pada jus. Gula akan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi bakteri untuk berkembang biak dan berpotensi semakin mengiritasi tenggorokan.


  1. Gunakan obat gosok hangat

Obat gosok hangat seperti balsam ataupun vapor rub memiliki kandungan bahan dekongestan aromatik seperti mentol dan pepermint yang bisa menenangkan tenggorokan dan membantu meredakan batuk penyebab radang. Ada banyak obat gosok hangat yang tersedia di apotik maupun supermarket yang dapat anda beli.  Bila anda berniat untuk membuat obat gosok sendiri, anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  • Panaskan 1 sendok makan lilin lebah di panci hingga mencair.
  • Setelah itu tambahkan 1/2 cangkir minyak kelapa.
  • Tambahkan 10 tetes minyak pepermint.
  • Anda juga bisa menambahkan sekitar 10 tetes minyak cengkeh agar lebih hangat.
  • Aduk semua bahan hingga menyatu rata.
  • Tuangkan campuran ke dalam wadah kaca dan biarkan hingga dingin sebelum digunakan.
  • Dekongestan bisa juga dicampurkan dengan petroleum jelly untuk dibuat menjadi salep.

Gunakan obat gosok tersebut untuk menghangatkan leher dan tenggorokan anda.

  1. Buatlah teh Chamomile

Teh Cammomile dapat menjadi alternatif bagi anda untuk mengatasi radang tenggorokan yang begitu menyiksa.  Teh Chamomile sangat menenangkan terutama jika diminum sebelum tidur, karena teh ini mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang berperan menciptakan ketenangan dan relaksasi pada tubuh. Teh Chamomile juga mengandung senyawa fenolik yang memiliki kandungan anti bakteri, yang mampu menyerap racun. Anti histamin pada teh chamomile juga bermanfaat untuk menenangkan reaksi-reaksi alergi pada seluruh tubuh. Sebuah penelitian menyarankan, dengan meminum 5-6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin, akan berdampak baik bagi tubuh untuk memerangi segala infeksi. Teh Cammomile siap seduh tersedia secara luas di supermarket. Periksa kandungan bahannya, dan pilih teh yang mengandung bunga Chamomile murni. Anda bisa menambahkan satu sendok makan madu dan perasan lemon (sebagai astringen yang membantu memperkecil jaringan yang membengkak) pada seduhan the tersebut untuk menambah manfaat teh Anda.

  1. Mandi atau berendam dalam air hangat

Tidak hanya mandi atau berendam dalam air hangat, anda juga dapat menggunakan humidifier (alat pelembab ruangan), atau berdiri di dekat ketel air mendidih untuk mendapatkan uap hangat. Menghirup uap hangat dapat meredakan rasa sakit tenggorokan. Uap air hangat akan melembapkan tenggorokan yang kering dan iritasi, serta membantu meredakan rasa sakit dan penyumbatan pernapasan. Lakukan teknik menghirup uap melalui hidung dan mulut agar uap masuk ke tenggorokan dan saluran hidung. Berikut ini trik – trik yang dapat anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan dengan air hangat :

  • Saat berendam dengan air hangat, tambahkan beberapa bahan herbal dan minyak esensial ke dalam bak mandi seperti minyak pepermin atau eukaliptus yang sering terdapat pada obat gosok untuk membantu menenangkan tenggorokan.
  • Jika anda hanya ingin mandi uap dalam waktu  sebentar dan tidak ingin berendam, tutup pintu kamar mandi dan nyalakan keran air panas untuk menghasilkan uap. Berdiri atau duduklah di kamar mandi dengan posisi senyaman mungkin  dan hirup uap yang dihasilkan selama 5 hingga 10 menit. Tenggorokan dan tubuh akan terasa lega dan ringan.
  • Cara yang lebih praktis anda dapat menguapi wajah dengan sepanci air panas. Posisikan wajah Anda di atas panci, sehingga uap akan mencapai hidung dan tenggorokan Anda. Gunakan handuk di atas kepala untuk menghalau uap bertebaran kemana – mana.
  • Gunakan Humidifier untuk menciptakan kelembapan udara dalam ruangan Anda. Humidifier sangat berguna selama musim dingin, saat udara cenderung lebih kering. Udara yang kering sangat menyakitkan bagi orang yang mengalami radang tenggorokan. Sebaliknya, udara lembab akan lebih nyaman bagi jaringan lunak dan membran pada tenggorokan. Selain itu udara lembab juga membantu membersihkan lendir dan cairan yang bersarang di tenggorokan.
  1. Kompres tenggorokan dengan sesuatu yang hangat

Rasa hangat dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Gunakan kain lembut seperti handuk atau washlap. Rendam kain dalam air panas atau hangat, peras dan lipat.Letakkan pada tenggorokan hingga dingin. Panas dalam kain akan membantu melancarkan sirkulasi di tenggorokan dan sedikit membantu mengurangi bengkak akibat radang. Jangan gunakan air yang terlalu panas agar tidak melukai kulit Anda. Selain menggunakan kain, Anda juga bisa menggunakan botol air hangat untuk memberikan kehangatan lebih lama di tenggorokan. Isi botol plastik dengan air hangat, lalu tempatkan pada tenggorokan.

  1. Jangan memaksa tenggorokan anda bekerja ektra

Kegiatan – kegiatan seperti berteriak dan bernyanyi sebaiknya anda hindari dulu. Penyebab radang akut tenggorokan yang paling sering adalah penggunaan pita suara secara berlebihan. Agar radang cepat sembuh, maka minimalkan penggunaan pita suara dengan tidak berbicara. Jangan melakukan apa pun yang akan meregangkan tenggorokan, misalnya bernyanyi.  Jangan memaksa suara Anda karena ada kemungkinan rusak secara permanen. Namun apabila anda harus tetap berkomunikasi lewat suara, maka bersuara dengan suara lembut lebih disarankan. Jangan menggunakan teknik berbisik. Berbisik justru mendorong pita suara melakukan fungsinya dengan berlebihan.

  1. Hindari bahan dan zat yang mengiritasi tenggorokan

Zat – zat kimia tertentu dapat menimbulkan alergi, dan iritasi pada tenggorokan. Zat kimiawi tersebut  antara lain parfum kimiawi berbau tajam yang terdapat pada cairan pembersih, penyegar ruangan, parfum tubuh, lilin beraroma, dan bahan beraroma lainnya yang sering kita pakai di rumah. Bahan pembersih seperti pemutih, pembersih jendela, dan detergen juga tidak ketinggalan.  Selain itu asap rokok, debu, bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, serbuk bunga, jamur, lumut dan lain – lain juga dapat memicu terjadinya alergi pada tenggorokan. Pastikan lingkungan rumah Anda bebas dari benda – benda pemicu alergi dan iritasi tersebut. Mencegah alergi sangat penting dalam mengurangi sakit tenggorokan dan gejala lain yang terkait. Langkah pertama adalah untuk membatasi paparan terhadap iritasi sebanyak mungkin. Gunakan juga masker untuk melindungi diri dari alergen yang terdapat di udara.

  1. Atasi dengan bawang putih

Walaupun manfaat kesehatannya belum didukung oleh penelitian ilmiah, banyak praktisi kesehatan holistis menyarankan penggunaan bawang putih untuk mengatasi radang tenggorokan dan masalah pernapasan ringan lainnya. Rempah beraroma tajam ini diyakini mampu merangsang imun untuk melawan virus. Bawang putih juga melawan bakteri penyebab rasa sakit dan iritasi saat sakit tenggorokan.  Berikut ini beberapa cara memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi radang tenggorokan :

  • Hangatkan satu atau dua siung bawang putih dalam microwave selama 10 hingga 15 detik. Lalu hancurkan bawang putih dengan ditekan, dan makan langsung. Lakukan cara ini satu kali dalam sehari, hingga sakit mereda.
  • Jika tidak suka aroma menyengat bawang putih, Anda bisa minum air hangat dengan campuran garam untuk meredakan sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat. Minum satu kali sehari atau sesuai kebutuhan. Air yang digunakan adalah air hangat bukan air panas.
  • Jika Anda suka rasa bawang putih, Anda bisa langsung mengisap bawang putih yang telah dikupas ddan di geprek selama beberapa menit.
  1. Minum teh licorice dan kayu manis

Kandungan pada tanaman licorise  yang kita kenal dengan  akar manis ini telah lama dipakai sebagai obat herbal. Licorice mengandung senyawa kimia yang dianggap mampu meredakan sakit tenggorokan dengan menipiskan membran mukus dan mengurangi pembengkakan. Sebagian penggunaan akar manis masih bersifat tradisional, namun ada juga khasiatnya yang telah terbukti secara klinis, asalkan hanya digunakan dalam dosis rendah selama jangka pendek. Sementara itu kayu manis memilki sifat antibakteri alami dan bisa membuat rasa teh licorice lebih enak. Untuk membuat minuman dari akar manis dan kayu manis ini, campurkan 1 sendok makan (15 ml) akar manis halus dan ½ sendok makan kayu manis ke dalam 2 cangkir (500 ml) air. Didihkan campuran tersebut dengan api kecil selama 15-20 menit. Saring dahulu sebelum diminum. Minumlah teh selagi hangat untuk membantu mengatasi flu, batuk, atau infeksi saluran pernapasan atas. Masukkan sedikit madu atau perasan lemon untuk membuat minuman ini semakin menyehatkan.

Perlu dii catat, konsumsi akar manis tidak boleh dilakukan hingga lebih dari 4 minggu, terkecuali dianjurkan oleh dokter. Mengonsumsi 100 mg akar manis atau lebih dalam waktu lama dapat meningkatkan tekanan darah dan menurunkan kadar kalium pada tubuh. Jika Anda menderita penyakit jantung, ginjal, atau tekanan darah tinggi, akar manis dalam jumlah sedikit saja dapat menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan meminumnya karena dapat menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur.

  1. Minum air jahe

Jahe mengandung senyawa keton yang bernama zingeron yang menciptakan efek pedas pada jahe. Selain zingeron, jahe juga mengandung minyak atsiri zingiberena atau zingirona, bisabolena, zigiberol, kurkumen, filandrena, gingerol, dan resin pahit. Kandungan gingerol inilah yang dapat membantu melegakan tenggorokan. Jahe dapat membuka saluran sinus dan membantu melegakan hidung dan tenggorokan, sekaligus memiliki sifat antiinflamasi. Gunakan jahe segar untuk mendapat manfaat maksimal, bukan jahe kering atau jahe bubuk. Kupas dan cincang 2,5 cm jahe segar. Letakkan dalam wadah cangkir dan tuang air mendidih ke atasnya. Biarkan terendam selama beberapa menit, kemudian saring, dan minum. Usahakan meminum selagi hangat. Anda boleh menambahkan madu, lemon, atau sejumput bubuk cabai menurut selera. Simpel namun sangat bermanfaat.

  1. Konsumsi sup ayam

Ketika mengalami radang tenggorokan anda biasanya akan mengalami kesulitan saat menelan makanan. Ada dapat mengkonsumsi sup ayam untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Selain membantu anda memenuhi kebutuhan energi, penelitian ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa sup ayam benar-benar mengandung bahan yang menyembuhkan infeksi dan melegakan saluran pernapasan. Sup ayam mengandung anti – inflamasi ringan serta mampu mengurangi dahak yang terdapat pada tenggorokan. Anda dapat membuat sup ayam dengan bahan – bahan bernutrisi seperti wortel, bawang merah, bawang putih, seledri, dan lobak. Dalam mengolah sup ayam sebagai menu dikala mengalami radang tenggorokan, pastikan untuk memasak sup ayam sendiri dari ayam segar, atau beli dari tempat yang memasaknya menggunakan ayam segar.


  1. Berkumur dengan larutan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah antiseptik ringan yang dapat meredakan iritasi tenggorokan. Hidrogen peroksida memiliki efek desinfektan yaitu mampu menghancurkan berbagai bakteri, jamur, dan virus penyebab radang tenggorokan.  Cairan ini juga mampu meningkatkan suplai darah ke selaput lendir yang rusak, yang memberikan kontribusi untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan pertahanan terhadap infeksi baru. Hidrogen peroksida tersedia dalam bentuk botolan di apotek. Untuk membuat larutannya, ikuti petunjuk yang ada dalam kemasan. Anda hanya perlu mengencerkan satu tutup botol hidrogen peroksida dalam satu cangkir air. Masukkan larutan ini ke dalam mulut dan berkumurlah sehingga menyentuh bagian belakang tenggorokan Anda. Setelah kurang lebih 1 menit buang cairan kumur tersebut. Gunakan larutan hidrogen peroksida dengan kadar  3%. Setelah menggunakan berkumur, anda sebaiknya minum beberapa tetes madu untuk menghilangkan efek pahit dari hydrogen peroksida.

  1. Banyak istirahat

Agar lebih cepat pulih dari radang tenggorokan anda memerlukan istirahat yang cukup. Beristirahatlah sepanjang hari, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi, makan makanan sehat, dan jangan pergi keluar rumah di malam hari. Jangan terlalu banyak bergerak.  Anda bisa membaca buku, mendengar music atau menonton TV untuk mengusir kebosanan dan mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit. Selain itu penting untuk memastikan tubuh anda tetap hangat. Apalagi jika radang tenggorokan yang anda alami disertai dengan gejala demam dan flu, menyelimuti tubuh adalah hal yang penting. Jangan biarkan tubuh Anda kedinginan karena akan memperparah penyakit Anda.

  1. Hindari makanan dan minuman dingin

Ketika radang tenggorokan menyerang dan anda minum es, maka hal tersebut dapat memperparah kondisi anda. Ini karena minum es dapat mempersempit saluran napas anda dan merangsang refleks batuk yang membuat peradangan pada tenggorokan semakin berat.

  1. Minum obat

Anda juga dapat meminum obat penghilang rasa nyeri dan demam seperti parasetamol, aspirin, dan ibuprofen. Hal ini akan membantu menyembuhkan tenggorokan Anda lebih cepat. Baca dengan teliti dan ikuti petunjuknya dengan seksama, jangan minum melebihi dosis yang dianjurkan. Obat ini kemungkinan akan membuat Anda mengantuk, dan itu akan mempermudah anda untuk beristirahat selama pemuliahan.

Jika sakit tenggorokan Anda tidak sembuh setelah beberapa hari dan gejala baru seperti kesulitan bernapas atau menelan, nyeri sendi, sakit telinga, benjolan di leher, ruam, terdapat darah di dahak dan demam lebih dari 38°C terjadi, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter. Mungkin saja anda mengidap infeksi virus atau bakteri lainnya yang tidak dapat disembuhkan tanpa pengobatan yang tepat. Dengan memeriksakan diri ke dokter, akan mencegah anda dari bahaya penyakit yang tidak diinginkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan