Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Rhinitis Vasomotor dengan Bahan Alami dan Aman

Sponsors Link

Pengertian rhinitis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan hidung. Sedangkan rhinitis vasomotor atau disebut juga rhinitis non-alergi adalah kondisi yang disebabkan karena pembuluh darah melebar di membran hidung. Beberapa gejala rhinitis vasomotor meliputi sering bersin-bersin, hidung tersumbat dan mengeluarkan ingus tanpa penyebab pasti.

ads

Biarpun gejala yang rhinitis vasomotor tidak terlalu membahayakan, namun gejalanya dapat datang dan pergi sepanjang tahun. Gejala rhinitis vasomotor ini dapat berlangsung selama beberapa minggu bahkan lebih lama lagi jika tidak segera ditangani. Oleh karena itulah, berikut disajikan cara mengatasi rhinitis vasomotor dengan bahan alami dan aman digunakan.

  1. Bawang Putih

Kandungan quercetin dan antihistamin alami dalam bawang putih berkhasiat sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal dan mengatasi rhinitis vasomotor. Dengan mengonsumsi bawang putih, penyembuhan rhinitis vasomotor dapat berlangsung lebih cepat karena di dalam bumbu dapur satu ini ada antibakteri dan antibiotik. Anda dapat mengonsumsi bawang putih dengan cara mengunyahnya dalam keadaan mentah sebanyak 2 hingga 3 siung tiap harinya. Alternatif lainnya Anda pun bisa menambahkan bawang putih mentah maupun bawang putih bubu dalam masakan.

  1. Cuka Apel

Antihistamin alami dan antubiotik yang terdapat dalam cuka apel juga sangat efektif untuk menyembuhkan rhinitis vasomotor. Dengan mengonsumsi cuka apel, gejala rhinitis vasomotor seperti hidung tersumbat, bersin-bersin hingga pilek pun dapat teratasi. Selain itu, cuka apel juga dapat mengobati tenggorokan gatal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara mengonsumsi cuka apel pun sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkan 2 sendok teh cuka apel pada 1 gelas air hangat. Tambahkan juga 1 sendok makan madu dan air perasan lemon untuk memperkaya rasanya. Untuk mendapatkan khasiat maksimal, Anda dianjurkan untuk meminum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari hingga rhinitis vasomotor hilang atau sembuh.  Cuka apel juga sangat baik Anda konsumsi sebagai cara untuk mengatasi tenggorokan gatal.

  1. Jahe

Cara mengatasi rhinitis vasomotor berikutnya adalah menggunakan bahan rempah-rempahan berupa jahe. Di dalam jahe terdapat kandungan antihistamin alami, antibakteri, anti flamasi, anti virus hingga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Jahe merupakan obat herbal alami yang sangat baik untuk menghilangkan sakit kepala, batuk hingga hidung tersumbat yang merupakan gejala rhinitis vasomotor.

Cara meracik jahe sebagai obat rhinitis vasomotor pun terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan jahe parut dengan cengkeh dan kayu manis ke dalam 1 gelas air. Kemudian rebuslah semua bahan tadi selama 5 menit, saringlah sarinya dan tunggulah hingga dingin. Setelah itu Anda dapat menambahkan madu dan jus lemon untuk memperkaya rasanya.

Konsumsilah ramuan jahe ini sebanyak 3 kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal. Anda juga dapat mengunyah atau menambahkan jahe dalam masakan sebagai alternatif lain untuk mengatasi rhinitis vasomotor. Jahe juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu dan cara mengatasi suara hilang akibat batuk dengan cepat.


  1. Kunyit 

Selain jahe, rempah-rempah berupa kunyit juga berkhasiat sebagai cara mengatasi rhinitis alergi maupun mengatasi rhinitis vasomotor. Kunyit sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi gejala rhinitis vasomotor seperti pilek, mulut kering, batuk hingga bersin-bersin. Hal ini karena di dalam kunyit terdapat kandungan antioksidan dan antiflamasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengonsumsi kunyit sebagai obat rhinitis vasomotor sangatlah sederhana.

Anda cukup mencampurkan 6 sendok makan kunyit bubuk dan 6 sendok madu mentah lalu menyimpannya dalam wadah kedap udara. Setelah itu ambil 1 sendok teh campuran tersebut dan minumlah sebanyak 2 kali sehari. Sebagai alternatif lain, Anda pun dapat mencampur kunyit dalam 1 gelas susu hangat dan konsumsilah setiap hari.

  1. Air Saline

Air saline berkhasiat untuk mengatasi rhinitis vasomotor karena dapat membantu membuang lendir dari dari hidung. Penggunaanya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dan sedikit baking soda dalam 2 cangkir air hangat. Setelah itu masukkan campuran air tersebut dalam salah satu hidung kemudian keluarkan kembali secara perlahan. Anda dapat melakukan cara serupa pada lubang hidung lainnya. Anda pun dapat menggunakan air saline ini sebagai cara mengobati polip dengan cepat.

Itulah 5 cara mengatasi rhinitis vasomotor dengan bahan alami dan aman digunakan. Penggunaan bahan alami untuk menyembuhkan rhinitis vasomotor ini tentunya aman sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

, , , ,