Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Rhinitis Alergi Secara Herbal

Sponsors Link

Rhinitis alergi yang merupakan salah satu dari macam macam rhinitis ini sebenarnya merupakan kondisi umum yang terjadi pada 10 hingga 20% populasi manusia di dunia. Hal ini bisa terjadi karena reaksi alergi pada saat sistem kekebalan tubuh menanggapi secara berlebihan terhadap zat yang terhirup dan tubuh kemudian melepaskan zat kimia sehingga akhirnya timbul gejala alergi. Alergi yang umumnya menjadi penyebab rhinitis alergi adalah debu, serbuk sari, spora jamur yang bertebaran di udara dan juga bulu hewan peliharaan yang juga menjadi beberapa penyebab sinusitis maksilaris.

ads

Untuk sebagian orang juga memiliki risiko lebih tinggi terkena rhinitis alergi ini karena beberapa faktor seperti riwayat keluarga yang juga memiliki masalah rhinitis alergi, terlalu sering terpapar asap rokok dan sebagainya. Untuk mengatasi rhinitis alergi ini bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami seperti ulasan lengkap dari kami berikut ini.

  1. Air Garam

Air garam atau air saline yang juga bisa digunakan sebagai cara mengobati polip secara alami ini sangat baik untuk menenangkan gejala rhinitis alergi. Perawatan ini sangat mudah dilakukan di rumah dan sudah terbukti sangat efektif. Untuk menggunakan air saline ini sebagai cara mengatasi rhinitis alergi, anda membutuhkan alat khusus yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek.

  • Siapkan 1 cangkir air hangat lalu tambahkan dengan 1 sendok teh garam
  • Tambahkan juga dengan sedikit baking soda untuk meningkatkan manfaat dari air saline tersebut
  • Masukkan campuran ini ke dalam alat dan alirkan dari salah satu lubang hidung untuk mengilangkan lendir dan juga iritasi terlalu berlebihan akibat rhinitis alergi.
  1. Jahe

Jahe merupakan antihistamin alami dan juga mengandung anti virus tinggi. Allergen yang membawa virus alergi rhinitis yang juga bisa menyebabkan flu dan penyebab sinusitis juga bisa diatasi dengan menggunakan jahe ini. Selain itu, jahe juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghindari reaksi alergi yang berulang.

  • Campur 2 sendok makan jahe parut dalam 1 cangkir air
  • Rebus selama 3 menit dan saring lalu tunggu hingga berkurang panasnya
  • Tambahkan dengan 1 sendok makan madu lalu hirup uap dari ramuan herbal ini kemudian minum hingga habis.
  1. Madu Manuka

Madu manuka adalah jenis madu medis yang sangat baik digunakan sebagai cara mengatasi rhinitis alergi. Madu manuka menjadi salah satu ramuan kuno yang bisa meningkatkan khasiat anti bakteri dan juga anti inflamasi yang juga baik digunakan untuk meringankan gejala radang tenggorokan. Selain itu, madu manuka memiliki kandungan antibiotik yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya.

  • Campur 1 sendok makan madu manuka dengan 1 gelas air hangat
  • Minum air madu ini setiap pagi secara teratur
  1. Kunyit

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan mencegah seseorang terkena penyakit yang kronis. Imunitas yang baik akan mempercepat proses pemulihan penyakit sekaligus menguatkan sel darah putih untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa digunakan untuk mengobati rhinitis alergi. Kemampuan anti inflamasi yang ada dalam kunyit juga sangat ampuh untuk mengurangi pembengkakan pada mata dan wajah yang merupakan beberapa gejala dari rhinitis alergi dan obat radang tenggorokan.


  • Campur 1 sendok makan kunyit bubuk dengan 1 gelas air hangat
  • Konsumsi minuman ini sebelum tidur secara rutin sampai gejala rhinitis alergi bisa disembuhkan.
  • Cara lainnya adalah mencampur 2 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok teh madu manuka dan di konsumsi sampai rhinitis alergi sembuh total.
  1. Menggunakan Uap

Uap air panas juga sangat baik untuk meringankan saluran hidung dari lendir sekaligus membersihkan bagian dalam hidung agar bisa bernafas lebih lancar. Menggunakan uap air juga menjadi pilihan tepat sebagai cara mengatasi rhinitis alergi sekaligus merangsang saraf hidung dan menyingkirkan iritasi yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan meringankan gejala seperti hidung tersumbat, bersin dan sakit kepala dan meringankan hidung sakit saat flu.

  • Rebus 5 gelas air dan tuangkan dalam mangkuk besar.
  • Tambahkan dengan 5 tetes minyak pohon teh ke dalam air dan campur rata
  • Hadapkan wajah anda tepat diatas mangkuk dan tutup kepala anda dengan handuk tebal
  • Hirup uap panas dan hembuskan secara teratur

Cara mengatasi rhinitis alergi bisa dilakukan dengan mudah yakni memakai beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk menyembuhkan masalah pernafasan tersebut. Lakukan beberapa cara diatas secara teratur untuk hasil yang maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal