Sponsors Link

9 Cara Mengatasi Suara Hilang Akibat Batuk Dengan Mudah

Sponsors Link

Apakah anda pernah merasakan hilangnya suara akibat batuk? Pasti sangat tidak nyaman rasanya. Hal itu juga menggangu aktivitas kita setiap hari. Bahkan kita akan merasakan sangat capek hanya untuk berusaha mengeluarkan suara. Jika sudah begitu, dengan tidak sadar kita akan menggunakan bahasa isyarat menggunakan tangan. Walaupun tidak mahir, namun itu cukup membantu membuat orang lain mengerti apa maksud kita saat kehilangan suara. Hilangnya suara biasanya terjadi akibat batuk berdahak. Batuk berdahak yang sudah cukup lama tidak sembuh membuat peradangan pada pita suara. Peradangan itu terjadi akibat adanya proses infeksi lanjutan setelah batuk berdahak dan radang tenggorokan.

ads

Untuk itu anda juga harus tau Gejala Radang Tenggorokan agar tidak berdampak pada infeksi pita suara. Namun jika sudah terlanjur terkena radang tenggorokan ada beberapa Obat Radang Tenggorokan yang dapat anda konsusi sebelum menjadi semakin parah.  Sebelum suara hilang biasanya penderita akan merasakan serak dan sakit pada tenggorokan. Pada umumnya suara akan kembali normal dengan sendirinya dalam waktu 3 hingga 7 hari. Namun jika anda ingin segera memulihkan suara dengan cepat dan aman, berikut beberapa cara mengatasi suara hilang akibat batuk yang dapat anda coba:

  1. Berkumur dengan air garam

Dengan berkumur tenggorokan akan lebih lembab dan dapat memulihkan pita suara sehingga suara anda akan kembali normal. Sedangkan garam memiliki fungsi untuk membunuh virus dan bakteri yang membuat pita suara infeksi dan batuk. Kumur secara rutin setiap habis bangun tidur dan sebelum tidur sampai suara kembali normal.

  1. Minum air lemon dan madu hangat

Campuran air perasan lemon dan madu akan meringankan peradangan di tenggorokan dan pita suara anda. Kedua bahan tadi memiliki campuran antibakteri dan meringankan infeksi. Madu juga dipercaya dapat menenangkan sekaligus membersihkan penyumbatan lendir di tenggorokan. Anda juga dapat mengkonsumsi madu sebanyak 4 sendok sehari secara teratur.

  1. Teh hangat dan kayu manis

Kayu manis memiliki sifat antibakteri, antiseptic, dan anti inflamasi yang cocok dikonsumsi saat batuk dan membantu memulihkan pita suara anda. Tambahkan satu sendok makan bubuk kayu manis ke satu cangkir teh panas lalu aduk hingga tercampur rata. Diamkan beberapa saat hingga panasnya berkurang sebelum diminum. Campuran teh dan kayu manis dapat diminum tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Minum air jahe

Jahe memiliki sensasi menghangatkan saat diminum. Dengan begitu pita suara akan terasa lebih rileks dan dapat kembali berfungsi mengeluarkan suara. Usahakan minum air jahe dalam kondisi hangat.

  1. Minum air putih

Cara mengatasi suara hilang akibat batuk yang paling mudah sebenarnya adalah minum air putih yang cukup. Anda bisa mengkonsumsi air putih dalam suhu normal atau hangat. Tidak hanya dapat memulihkan suara anda, minuma air putih secara teratur dan cukup yaitu 8-12 gelas perhari juga dapat membantu sistem metabolisme tubuh anda.

  1. Bawang putih

Jika anda suka anda bisa mengkonsumsi satu suing bawang putih yang sudah dihancurkan dan ditambahkan satu sendok madu. Konsumsi campuran bahan itu sebanyak satu sendok teh setiap hari dengan tambahan 3 sampai 4 gelas air putih untuk menghilangkan baunya. Namun beberapa orang mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih justru berbahaya untuk laryngitis. Karena itu kami sarankan untuk berkonsulasi dulu ke dokter sebelum mencoba cara ini.


  1. Permen mint

Permen pelega tenggorokan atau permen dengan rasa mint biasanya menjadi pilihan pertama saat suara mulai serak. Namun untuk mendapatkan manfaat yang optimal kita harus memilih permen mint dengan komposisi gula 0%. Karena terlalu banyak gula justru akan membuat tenggorongan semakin radang dan terasa gatal, akibatnya suara pun tak kunjung pulih.

  1. Hangatkan tubuh dengan sauna atau yoga

Rasa hangat akan membuat tubuh kita lebih releks. Pita suara merupakan bagain dari tubuh sehingga perlu juga sekali-sekali dibuat releks agar dapat bekerja kembali dengan baik. Salah satu cara untuk membuat tubuh hangat yaitu sauna dan yoga. Kegiatan yoga yang ringan dapat dilakukan saat anda sakit batuk sekalipun. Berikut kegiatan yoga sederhana yang dapat anda lakukan untuk membantu mengembalikan uara anda: duduk di lantai, tekuk kedua lutut kaki, jauahkan kedua sisi bagian dalam paha atau membuka kaki, letakkan tangan diatas lutut dan nafas dalam melalui hidung. Seteleh itu hembuskan nafas secara kencang melalui mulut, lihat keatas dan regangkan jari tangan lalu keluarkan suara sebisa anda. Usahakan suara berasal dari diafragma bukan dari tenggorokan. Lakukan hal itu beberapa kali.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat menjadi cara mengatasi suara hilang akibat batuk yang terakhir. Untuk menghindari semakin parahnya radang pada pita suara, ada baiknya anda beristirahat dengan cukup. Memaksakan berbicara akan membuat pita suara semakin memburuk dan pemulihannya semakin lama. Untuk menghindari situasi dimana anda harus berbicara anda bisa istirahat dirumah. Jika terpaksa harus ngomong, berbisik menjadi salah satu alternative untuk mengurangi penggunaan pita suara anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan