Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Suara Serak Akibat Radang Tenggorokan Paling Cepat

Sponsors Link

Radang tenggorokan adalah peradangan di tenggorokan yang di akibatkan oleh infeksi yang umumnya bersifat akut. Terkadang, radang tenggorokan juga bisa sekaligus mengenai laring atau pita suara. Akibatnya suara bisa serak, bahkan hilang.

ads

Meski umumnya suara perlahan bisa kembali dengan sendirinya, tapi suara yang hilang dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Anda juga bisa lihat ciri-ciri radang tenggorokan yang sudah parah dan perlu di tangani segera yang juga mungkin bisa bermanfaat juga bagi anda. Untuk itu, kita akan lihat cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan:

1. Mandi air hangat

Uap air hangat dapat membantu melembapkan pita suara dan meredakan radang tenggorokan. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial atau aromaterapi untuk membuat tubuh lebih relaks, meredakan stress, sehingga peradangan jadi bisa lebih cepat sembuh.

Anda juga bisa lihat ciri radang tenggorokan pada anak yang patut diwaspadai yang juga menarik untuk di pelajari. Atau anda juga bisa gunakan humidifier atau alat untuk melembapkan udara di rumah.

Karena biasanya, ketika anda tidur di malam hari, tenggorokan cenderung lebih kering, produksi air liur berkurang, dan peradangan akan bertambah parah.

2. Hindari rokok dan alkohol

Merokok, jelas yang kita tahu adalah dapat membuat iritasi pada tenggorokan. Kandungan nikotinnya juga dapat memperlambat penyembuhan radang. Dan, meskipun mungkin anda bukan perokok, namun asap rokok bisa membuat tenggorokan dan pita suara makin meradang.

Anda juga bisa lihat faktor penyebab amandel yang harus dicegah sejak dini yang menarik juga untuk kita pelajari. Saat anda radang tenggorokan, anda juga tidak di anjurkan untuk minum beralkohol karena bisa menyebabkan dehidrasi. Sehingga mengakibatkan tenggorokkan jdi lebih berat.

3. Berkumur air garam

Yang bisa anda gunakan caranya saat radang tenggorokan yang paling sederhana adalah, berkumur dengan air garam hangat. Cara ini terbukti efektif membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Larutan ini dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan pita suara. Usahakan untuk berkumur air garam hangat sebanyak 2-3 kali sehari sampai suara anda kembali seperti semula.

4. Perbanyak minum air putih

Suara yang hilang, ini bisa di akibatkan karena infeksi virus. Oleh karena itu, beristirahatlah secara cukup dan banyak minum air putih untuk membantu penyembuhan.


Paling tidak, minum air putih sebanyak 10 gelas sehari. Selain air putih, asupan hangat sepert kaldu atau sup juga bisa di gunakan, untuk meredakan peradangan radang tenggorokan.

5. Istirahatkan suara anda

Cara terbaik yang bisa anda lakukan juga adalah, dengan memberikannya waktu untuk beristirahat. Suara anda bisa kembali normal, jika anda mengistirahatkan sejenak. Anda juga bisa lihat obat sirup radang tenggorokan anak aman dikonsumsi yang juga bisa kita ketahui.

Cobalah untuk puasa bicara selama 1-2 hari. Cara ini umumnya berhasil, dan dapat menyembuhkan peradangan yang bahkan parah sekalipun. Dan akhirnya, radang tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya.

6. Memperbaiki pola makan

Memperbaiki pola makan dan gaya hidup jika suara serak di sebabkan oleh GERD, seperti menghindari makanan pedas dan minuman beralkohol.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan