Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Karena Naik Pesawat

Sponsors Link

Saat melakukan perjalanan memakai pesawat, telinga berdengung merupakan hal lumrah yang terjadi pada sebagian orang. Akan tetapi keadaan ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan dalam perjalanan tersebut dan juga sesudah turun dari pesawat. Tidak hanya mengganggu, namun penyebab telinga berdengung juga akan menyebabkan rasa sakit di telinga yang terkadang tidak tertahankan.

ads

Sebagian orang mungkin tidak menganggap hal ini menjadi masalah yang besar, namun pada beberapa orang lainnya akan merasa terganggu mengingat telinga merupakan salah satu organ yang sangat penting khususnya dalam hal mendengar dan keseimbangan tubuh. Jika anda mengalami masalah yang serupa dan sedang mencari solusi terbaik, maka anda sudah berada di situs yang tepat sebab kali ini kami akan membahas tentang cara cara mengatasi telinga berdengung karena naik pesawat selengkapnya.

  1. Gunakan Obat Tetes Hidung

Cara mengatasi telinga berdengung karena naik pesawat yang bisa anda lakukan adalah menggunakan obat tetes hidung yang bisa digunakan untuk menyembuhkan hidung sakit saat flu. Cara ini bisa digunakan untuk seseorang yang sedang mengalami flu dan kebetulan melakukan perjalanan dengan pesawat. Hidung yang tersumbat juga akan berpengaruh pada telinga sehingga bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat oral ini sebelum naik pesawat. Jika perjalanan menggunakan pesawat melebihi 8 jam, maka penggunaan obat ini bisa diulangi kembali.

  1. Menutup Hidung

Cara ini juga sudah banyak dipraktekkan pengguna pesawat terbang saat bepergian untuk mengatasi telinga berdengung dan mengatasi penyebab telinga sakit. Anda bisa menutup hidung kemudian menghembuskan nafas dalam keadaan mulut dan hidung yang tertutup. Tekanan udara yang dihasilkan tersebut nantinya akan membuka sumbatan yang terjadi pada tuba di telinga sehingga dengung telinga bisa hilang.

  1. Makan Permen

Cara mengatasi telinga berdengung selanjutnya bisa dilakukan dengan mengunyah permen saat berada dalam pesawat. Gerakan yang dihasilkan saat mengunyah permen ini akan membantu untuk membuka saluran tuba sehingga menjadi cara terbaik untuk cara mengobati telinga berdengung pada bisa berkurang dan tidak menyebabkan telinga terasa penuh. Akan tetapi, cara ini tidak bisa digunakan jika anda juga menderita penyakit sinus atau memiliki telinga yang sensitif.

  1. Buka Mulut dan Menguap

Cara mengatasi telinga berdengung karena naik pesawat dengan buka mulut dan menguap merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan meskipun anda sedang tidak mengantuk yang bisa digunakan juga pada macam macam penyakit telinga ringan. Lakukan buka mulut dan menguap secara sering yang berfungsi untuk membuka penyumbatan pada saluran tuba yang menjadi penyebab telinga berdengung saat naik pesawat.

  1. Menelan Ludah

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telinga berdengung saat naik pesawat terbang adalah dengan sesering mungkin menelan ludah. Cara kerja dari menelan ludah ini serupa pada saat mengunyah permen yang bisa membuka saluran tuba di telinga untuk menghilangkan masalah telinga berdengung tersebut.


  1. Minum Banyak Air

Saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, usahakan juga untuk lebih banyak minum dan lakukan sesering mungkin. Tidak hanya berguna untuk menghidrasi tubuh dan mengatasi gejala radang tenggorokan, namun minum banyak air juga berguna untuk membuka penyumbatan yang terjadi pada saluran tuba telinga penyebab telinga berdengung selama berada di ketinggian.

  1. Uapi Area Telinga

Menguapi telinga juga menjadi cara mengatasi telinga berdengung karena naik pesawat. Mintalah segelas air panas pada pramugari lalu masukkan tisu ke dalam gelas tersebut hingga terserap seluruhnya dan tersisa uap panas saja. Dekatkan gelas tersebut pada telinga dan biarkan uap hangat masuk ke dalam telinga. Cara ini tidak hanya baik digunakan untuk mengatasi telinga berdengung saat melakukan perjalanan dengan pesawat, namun juga berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada telinga sebab uap panas akan membuka saluran tuba dan melepaskan udara yang terperangkap di dalam telinga yang juga bisa dilakukan sebagai cara membersihkan kotoran telinga.

Cara mengatasi telinga berdengung karena naik pesawat bisa dilakukan dengan menstimulasi beberapa gerakan dan juga teknik lain yang semuanya bertujuan untuk membuka saluran tuba di telinga dan melepaskan udara yang terperangkap dalam telinga penyebab telinga berdengung tersebut.

, , , ,