Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Telinga Bindeng Sebelah Terbukti Paling Efektif

Sponsors Link

Fungsi daun telinga menjadi salah satu yang paling penting di seluruh anggota tubuh. Telinga bindeng yang bisa dialami anak anak dan orang dewasa dapat terjadi kapan pun yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan terasa sakit seperti ditusuk jarum. Telinga bindeng ini bisa terjadi sesekali atau sering dan bisa terjadi pada kedua telinga atau salah satu bagian telinga.

ads

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan dari telinga bindeng seperti nafsu makan yang menurun, mudah emosi karena keseimbangan yang terganggu, sulit tidur, demam karena infeksi, keluar cairan dari telinga, vertigo dan juga gangguan pendengaran. Sedangkan untuk penyebab telinga bindeng bisa terjadi karena naik pesawat terbang, menyelam, flu atau pilek, infeksi telinga, menumpuknya cairan di telinga dan juga bisul di dalam telinga. Lalu, bagaimana cara mengatasi telinga bindeng sebelah ini?, simak ulasan terupdate dan bermanfaat dari kami berikut ini.

  1. Tiup Bagian Telinga

Salah satu penyebab telinga bindeng adalah karena menumpuknya cairan sehingga menutupi saluran telinga. Cairan yang menumpuk ini bisa berbentuk air atau kotoran yang tidak dibersihkan. Cara membersihkan kotoran telinga ini adalah dengan meniup bagian telinga yang bindeng tersebut dari luar dengan bantuan orang lain. Saat cairan atau kotoran ini terpecah, maka baru lanjutkan dengan membersihkan saluran telinga tersebut dengan hati hati. Hindari meniup telinga terlalu keras karena tekanan udara terlalu besar akan merusak pendengaran anda.

  1. Bersihkan Telinga

Telinga bindeng sebelah juga bisa terjadi karena jarang dibersihkan. kotoran ini akan menumpuk di dalam telinga dan akhirnya membuat telinga tidak dapat adaptasi dengan tekanan udara yang berasal dari luar kemudian timbul bindeng. Bersihkan telinga secara teratur memakai cotton buds atau alat pembersih telinga lain dengan hati hati.

  1. Kompres Hangat

Telinga bindeng yang disebabkan karena infeksi tidak bisa diobati dengan cara ditiup namun diperlukan kompres hangat sehingga bisa menghilangkan telinga bindeng sekaligus meredakan infeksi yang terjadi di dalam telinga. Namun, apabila bindeng ini diikuti dengan rasa sakit yang tak tertahankan, maka segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius.

  1. Teripang Emas

Salah satu hewan laut yakni teripang emas yang biasanya dijual dalam bentuk ekstrak, bisa digunakan untuk mengatasi telinga bindeng. Dalam teripang emas ini mengandung mineral, antiseptik dan juga muko polisakaraida yang berguna untuk menyembuhkan radang di dalam telinga, mengembalikan fungsi sel telinga yang rusak dan mengatasi telinga bindeng dari dalam secara alami.

  1. Uap

Menghirup uap juga menjadi cara tepat untuk menyingkirkan telinga bindeng atau tersumbat yang dikarenakan penyakit flu. Uap ini nantinya akan mengencerkan cairan atau kotoran yang ada di telinga penyebab telinga bindeng.

  • Tuangkan air panas mendidih dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender.
  • Tutup kepala dengan handuk menutupi mangkuk tersebut dan tarik nafas secara perlahan hingga telinga bindeng bisa disembuhkan.
  • Cara lainnya, anda juga bisa mandi dengan air hangat untuk lebih meringankan telinga bindeng tersebut.

  1. Kombinasi Cuka Apel dan Alkohol

Untuk menghilangkan telinga bindeng yang disebabkan karena infeksi bakteri penyebab telinga sakit, anda bisa menggunakan kombinasi cuka apel dan alkohol yang cukup ampuh mengatasi masalah telinga ini.

  • Campur alkohol dengan cuka apel memakai perbandingan sama banyak.
  • Tidur dengan posisi miring lalu teteskan campuran tersebut ke telinga bindeng.
  • Supaya campuran ini tidak keluar dari telinga, sumbat dengan kapas dan tetap dalam posisi berbaring.
  • Diamkan selama 5 sampai 10 menit agar obat ini bisa bekerja dengan baik.
  1. Bilas Dengan Air Hangat

Membilas telinga yang bindeng dengan air hangat juga efektif untuk membuka sumbatan penyebab telinga bindeng tersebut. Untuk cara mengatasi telinga tersumbat ini, anda hanya membutuhkan air mineral yang dihangatkan dan juga semprit untuk menyemprotkan air tersebut.

  • Isi semprit telinga dengan air hangat lalu miringkan kepala ke samping dan tarik lubang telinga ke arah bawah agar saluran telinga bisa terbuka.
  • Masukkan ujung semprit ke lubang telinga dan arahkan semprit sedikit ke atas dan ke samping.
  • Semprotkan isi air tersebut ke lubang telinga untuk menghilangkan penyumbatan telinga.
  • Diamkan selama 10 menit dan miringkan kepala ke arah berlawanan untuk mengeluarkan kotoran telinga dengan mudah.

Demikian ulasan kami kali ini tentang cara mengatasi telinga bindeng sebelah yang bisa dilakukan secara mudah di rumah. Namun, apabila telinga bindeng tidak kunjung sembuh dan disertai juga dengan rasa sakit, maka segera kunjungi dokter THT karena bisa jadi anda menderita salah satu dari macam macam penyakit telinga sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan