Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Telinga Sakit Karena Headset yang Terlalu Lama

Sponsors Link

Sakit pada telinga yang disebabkan karena pemakaian headset bisa terjadi karena penekanan daun telinga yang terjadi dalam waktu cukup lama sehingga membuat saraf dan juga pembuluh darah yang ada di dalam telinga tertekan dan peredaran darah menjadi tidak lancar. Selain itu, suara dari headset yang terlalu kencang dan juga kelembapan karena telinga yang tertutup juga menjadi penyebab dari telinga yang sakit tersebut dan bahkan jika dilakukan terus menerus akan merusak gendang telinga.

ads

Hal buruk yang bisa terjadi karena penggunaan headset terlalu sering adalah tuli permanen yang tidak akan bisa mengembalikan fungsi daun telinga seperti sediakala. Berikut ini, kami punya beberapa cara mengatasi telinga sakit karena headset yang bisa anda lakukan di rumah.

  1. Menggunakan Headset Dengan Benar

Cara mengatasi telinga sakit karena headset yang pertama adalah dengan menggunakan volume yang tidak terlalu besar dan jangan gunakan headset ini saat sedang di dalam pesawat terbang atau lingkungan yang ramai sebab dalam kondisi ini, anda akan cenderung meningkatkan volume headset yang bisa merusak pendengaran. Selain itu, hentikan pemakaian headset setiap 20 menit sekali dan biarkan telinga beristirahat selama setengah hingga satu jam sebab organ dalam koklea mudah letih dan bisa menyebabkan kerusakan permanen serta macam macam penyakit telinga.

  1. Gunakan Jahe

Jahe menjadi cara mengatasi telinga sakit karena headset berikutnya yang mengandung anti inflamasi sehingga bisa mengatasi penyebab telinga sakit dan juga kemungkinan infeksi yang juga terjadi karena pemakaian headset tersebut. Untuk cara menggunkan jahe terdapat dua cara yakni:

  • Gunakan air perasan jahe dan oleskan ke lubang telinga.
  • Cara kedua adalah dengan mencampur jahe dengan minyak zaitun lalu oleskan di telinga dan biarkan meresap selama beberapa menit.
  1. Daun Kemangi

Dalam daun kemangi mengandung vitamin C, beta karoten, eugenol dan juga borneol yang mengandung sifat anti bakteri serta antiseptik yang sangat baik digunakan untuk mengatasi rasa sakit di telinga karena headset dna bisa juga digunakan sebagai cara membersihkan kotoran telinga.

  • Haluskan beberapa lembar daun kemangi yang sudah dicuci bersih lalu saring memakai kain bersih untuk mengambil ekstraknya.
  • Berikan 2 tetes ekstrak jus kemangi tersebut ke dalam telinga untuk mengatasi rasa sakit dan diamkan beberapa saat.
  • Miringkan kepala ke arah berlawanan untuk mengeluarkan sisa jus kemangi dan bersihkan dengan lap.
  1. Bawang Merah

Sifat anti bakteri yang ada dalam bawang merah sangat baik digunakan sebagai cara mengatasi telinga sakit karena headset sekaligus melawan bakteri yang juga menjadi penyebab telinga sakit dan juga cara mengobati telinga bernanah.

  • Ambil beberapa siung bawang merah dan tumbuh sampai halus.
  • Tambahkan dengan sedikit air bersih dan matang lalu oleskan air bawang tersebut pada telinga bagian luar.
  • Hal ini sangat baik dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di dalam telinga.

  1. Bawang Putih

Dalam bawang putih mengandung beberapa zat penting yang sangat baik untuk mengatasi rasa sakit sekaligus membersihkan telinga dan mengatasi penyebab telinga berdengung karena fosfor yang terkandung didalamnya.

  • Kupas bawang putih lalu cuci sampai bersih dan potong menjadi 2 bagian.
  • Masukkan potongan bawang putih tersebut ke dalam masing masing telinga untuk penyumbat telinga.
  • Untuk awal akan timbul sensasi panas di dalam telinga namun akan hilang dalam beberapa saat.
  • Sumbat telinga dengan bawang putih selama 30 hingga 35 menit atau bisa juga digunakan sepanjang malam saat anda tidur.

Telinga yang merupakan salah satu organ penting manusia ini sangat penting untuk dijaga kesehatannya sehingga tidak sampai rusak dan tidak membutuhkan beberapa cara mengatasi telinga sakit karena headset seperti yang sudah kami berikan diatas. Pastikan juga anda tidak menggunakan volume yang terlalu besar saat menggunakan headset dan jangan lakukan terlalu lama sebagai cara menjaga kesehatan telinga secara alami. Selain itu, hindari juga membersihkan telinga dengan cotton bud karena bisa menyebabkan luka dan kotoran yang semakin masuk ke dalam telinga.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan