Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Telinga Sakit Saat Memakai Headset Paling Mudah

Sponsors Link

Meskipun dengan berkembangnya teknologi saat ini juga diciptakan berbagai jenis headset yang dikatakan sehat dan aman untuk telinga, namun sebenarnya sebaik apapun kualitas headset yang anda gunakan akan berdampak buruk bagi telinga dan bisa menimbulkan macam macam penyakit telinga. Selain selalu menjaga kebersihan headset dari debu dan kotoran, kuantitas penggunaan headset juga harus dibatasi termasuk juga seberapa besar volume yang digunakan pada saat memakai headset tersebut. Jika headset terlalu digunakan terlalu sering dan menggunakan volume yang besar, maka kerusakan dan gangguan di area telinga akan terjadi. Namun jika anda sudah menjadi pengguna headset dalam waktu yang cukup lama dan sakit di area telinga sudah terjadi, maka anda bisa menggunakan beberapa cara mengatasi telinga sakit saat memakai headset yang akan kami berikan berikut ini.

ads
  1. Hindari Headset Kecil

Jika anda selama ini selalu menggunakan jenis headset yang berukuran kecil atau dikenal dengan earphone dimana dalam penggunaannya langsung dimasukkan ke dalam telinga, maka ada baiknya anda segera mengganti headset tersebut dengan ukuran yang lebih besar seperti headphone supaya masih ada udara yang masuk ke dalam telinga sehingga penyebab telinga sakit juga akan berkurang.

  1. Kurangi Durasi dan Volume Pemakaian

Dalam penelitian medis mengatakan jika seseorang yang mendengarkan musik seperti MP3 player dengan total durasi sebanyak 12 jam per hari memakai default earphone atau earphone bawaan pabrik, maka volume yang harus digunakan tidak boleh melebihi 80% dan sangat tidak dianjurkan untuk menaikkan volume hingga mencapai 100% dan hanya boleh digunakan maksimal selama 5 menit saja sebagai cara merawat telinga agar tidak tulis. Untuk itu, istirahatkan telinga anda sesudah 5 menit pemakaian selama beberapa menit dan baru bisa digunakan kembali.

  1. Konsumsi Penghilang Rasa Sakit

Dari American Academy of Pediatrics [AAP] memberi saran untuk menggunakan penghilang rasa sakit  seperti ibuprofen dan juga acetaminophen untuk cara mengatasi telinga sakit saat memakai headset dan juga cara mengatasi telinga tersumbat karena pilek. Hal ini bisa dilakukan jika telinga yang sakit diakibatkan karena jenis infeksi karena penggunaan headset yang terlalu berlebihan sebab masih terbilang aman digunakan. Namun pastikan untuk mengikuti semua instruksi penggunaan dalam kemasan dan sesuai dengan dosis pemakaian.

  1. Kompres Dingin dan Hangat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada saat menggunakan headset adalah kompres dingin dan kompres hangat yang juga sangat baik dilakukan sebagai cara mengobati telinga berdengung. Metode ini sangat aman dilakukan baik untuk orang dewasa maupun anak anak. Letakkan kompres yang diisi es batu dan kompres yang sudah dibasahi dengan air hangat pada telinga yang sakit secara bergantian yakni 10 menit menggunakan kompres dingin dan 10 menit menggunakan kompres hangat yang dilakukan sebanyak berulang kali hingga sakit pada telinga bisa berkurang.

  1. Gunakan Obat Tetes Telinga Ninopatik

Obat tetes telinga ninopatik merupakan jenis obat tetes yang terbuat dari bahan herbal yang bisa ditemukan dalam toko obat atau toko online secara mudah yang bisa digunakan untuk cara mengatasi gangguan pendengaran. Obat tetes ini menggunakan bahan utama minyak zaitun yang akan bekerja sama efektifnya dengan pengobatan tradisional untuk cara mengatasi telinga sakit saat memakai headset.


  1. Lakukan Latihan Leher

Sakit pada telinga saat menggunakan headset juga bisa diatasi dengan melakukan latihan leher tertentu yang baik untuk mengurangi tekanan pada leher. Langkah untuk melakukan latihan leher sekaligus cara menjaga kesehatan telinga secara alami ini adalah:

  • Duduk dengan posisi tegak dan kedua kaki yang rata dengan permukaan lantai.
  • Secara perlahan, putar leher anda dan juga kepala ke arah kanan sampai sejajar dengan bahu.
  • Putar kembali kepala serta leher anda ke arah yang berlawanan hingga sejajar dengan bahu kiri.
  • Lanjutkan dengan mengangkat bahu sampai tinggi dan usahakan hingga bahu menutupi area telinga.
  • Lakukan gerakan ini secara perlahan, naik dan turun sebanyak 5 hitungan dan rileksasikan tubuh anda.
  • Ulangi cara ini diantara pemakaian headset anda.

Cara Mengatasi Telinga Sakit Saat Memakai Headset bisa dilakukan dengan cara selalu menggunakan headset bawaan pabrik dan batasi waktu pemakaian serta hindari volume terlalu besar. Selain itu, lakukan perawatan telinga seperti yang sudah kami berikan diatas secara teratur agar kesehatan telinga bisa selalu terjaga dengan baik.

, , , ,