Sponsors Link

Begini Ternyata 6 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Karena Kotoran Paling Mudah

Sponsors Link

Telinga tersumbat adalah penyakit penyebab mimisan yang  bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya ialah karena kotoran menumpuk di dalamnya. Maka dari itu, cara mengatasi telinga tersumbat karena kotoran harus diketahui oleh semua orang.

ads

Hingga saat ini, cara mengatasi kotoran di telinga hanya menggunakan cutton bad. Padahal, cara ini tidak direkomendasikan. Karena justru membuat kotoran masuk lebih dalam hingga menyentuh gendang telinga. Tentu ini hal yang berbahaya dan harus dijauhi. Karena kotoran tidak hilang, telinga justru menjadi infeksi. Bahkan, gendang telinga bisa pecah.

Bingung mencari cara yang aman? Silakan cermati list berikut yang bisa dijadikan sebagai solusi teraman jika telinga terganggu dengan kotoran penyebab amandel.

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Karena Kotoran

Cara mengatasi telinga banyak kotoran penyebab kanker nasofaring tidak boleh sembarangan. Alih-alih telinga kembali bersih, justru infeksi yang terjadi. Silakan lakukan cara teraman dan paling menyembuhkan.

1. Masukkan Air Hangat ke Telinga

Cara yang pertama ialah masukkan air hangat ke dalam Telinga dengan perlahan-lahan. Setela itu balikkan kepala, sehingga air tersebut keluar lagi dari telinga. Biasanya, jika kotoran tidak terlalu menumpuk, dia akan encer dan ikut air yang keluar dari lubang telinga.

Cara ini bisa dibarengi dengan memukulkan tangan dengan lembut pada kepala dengan posisi berlawanan. Tips ini sama dengan masalah telinga mampat akibat kemasukan air setelah menyelam atau mandi.

2. Minum Obat anti Nyeri

Jika telinga tersumbat disertai nyeri dan presbikusis, maka konsumsi obat pereda nyeri yang ada di apotik. Pastikan, kalau dosisnya tepat dan sudah menurut resep dokter. Hal ini tidak hanya membuat nyeri hilang, organ telinga juga bebas dari pembengkakan dan infeksi.

Rasa nyeri ini biasanya muncul, ketika kotoran di telinga telah menempel pada kulit lunak. Sehingga bakteri yang ada di dalamnya berpindah tempat dan melukai kulit tersebut. Maka dari itu, selalu menjaga telinga agar tidak tersumbat.

Jika pun sudah terjadi, jangan ambil dengan cutton Bud. Karena gerakan tangan ketika memutar benda ini, justru meningkatkan ukuran luka.

3. Menjaga Posisi Kepala

Cara mengatasi telinga tersumbat karena kotoran  dan tuli konduktif selanjutnya, jaga posisi kepala agar tetap tegak. Jika tidur pastikan posisi telinga yang tersumbat menghadap ke bawah tidak ke atas. Karena biasanya, kotoran yang kering akan keluar dengan sendirinya.

Hindari posisi membungkuk. Karena ini justru membuat kotoran semakin memenuhi lubang telinga lalu muncul gejala polip. Akibatnya, sumbatan di telinga semakin banyak yang membuat telinga terasa tidak nyaman.


4. Teteskan Minyak Esensial Pada Telinga

Ada banyak minyak esensial yang bisa membersihkan telinga dari kotoran. Seperti minyak zaitun dan gliserin. Caranya ialah, teteskan minyak terebut ke dalam telinga yang tersumbat. Diamkan selama 10 detik tanpa menggerakkan kepala. Bisanya, telinga akan kembali terasa lega.

5. Menggunakan Obat Tetes Telinga di Apotik

Ada banyak obat tetes telinga dan obat otosclerosis yang dijual di apotik. Ini juga bisa digunakan untuk mengatasi telinga tersumbat akibat kotoran. Fungsinya ialah melunakkan kotoran yang memenuhi lubang telinga. Sehingga mudah dikeluarkan.

Ketika produk sudah digunakan selama dua hari, maka berikan tetes air hangat ke dalam telinga secara lembut. Setelah itu miringkan kepala agar air keluar kembali. Biasanya sisa obat tetes kimia yang digunakan sebelumnya, akan keluar bersamaan dengan kotoran yang telah dihaluskan.


Obat tetes ini sebagian besar berbahan kimiawi. Maka dari itu, berhati-hati ketika menggunakannya untuk menghilangkan gejala sinusitis. Jangan sampai obat digunakan tanpa resep. Karena dosisnya bisa tidak terkendali yang menyebabkan terjadinya infeksi telinga.

6. Operasi Pengangkatan Kotoran

Jika semua cara mengatasi tuli campuran di atas sudah dilakukan, tetapi kotoran tidak juga hilang, berarti ada sumbatan yang memang fatal. Untuk mengatasinya harus menggunakan jasa medis THT.

Salah satu cara medis untuk mengeluarkan kotoran telinga ialah dengan operasi pengangkatan kotoran.  Alat yang digunakan adalah besi yang ujungnya melengkung untuk menjangkau lubang telinga.

Kadang juga menggunakan alat hisap khusus yang dipasangkan pada telinga yang bermasalah. Kedua alat inilah yang bisa digunakan untuk mengatasi telinga tersumbat karena kotoran yang menumpuk di dalamnya.

Begitu cara mengatasi telinga tersumbat karena kotoran penyebab infeksi amandel yang paling aman. Silakan lakukan jika dirasa telinga sedang mengalami gangguan. Sekadar saran, jangan pakai peniti maupun cotton bud untuk mengeluarkannya. Karena justru cara ini membuat kotoran semakin memenuhi lubang telinga.

, , , ,