Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk Berdahak

Sponsors Link

Batuk berdahak dan tenggorokan gatal sering menyerang siapa saja tanpa memandang usia, terutama di musim penghujan seperti sekarang ini dimana daya tahan tubuh rentan menurun. Meski terkesan sepele, namun batuk berdahak dan tenggorokan gatal sebenarnya cukup merepotkan penderitanya. Bagaimana tidak, jika anda terserang batuk berdahak anda akan sulit melakukan aktivitas seperti sedia kala lantaran anda akan sering bolak-balik ke kamar mandi untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan. Belum lagi rasa gatal yang menyerang anda saat batuk dapat membuat anda kesulitan untuk berkonsentrasi. Alhasil kegiatan yang sedang anda lakukan pun tidak berjalan lancar.

ads

Tidak hanya karena perubahan cuaca, faktor lainnya pun dapat membuat anda terserang batuk yang disertai tenggorokan gatal misalnya akibat alergi, virus, dehidrasi, dan lainnya. Itu sebabnya kita tidak boleh menyepelekan batuk yang tengah menyerang. Meski demikian anda tidak perlu khawatir bagaimana cara mengatasi masalah batuk berdahak yang disertai tenggorokan gatal. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, anda dapat mengatasi dua masalah tersebut. Berikut 11 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk Berdahak dengan mudah menggunakan bahan bahan herbal alami yang sangat mudah sekali ditemukan di sekitar anda :

Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk Berdahak Secara Alami

Mengatasi penyakit dengan bahan-bahan alami nampaknya menjadi pilihan beberapa orang, mungkin termasuk anda, untuk menyembuhkan diri dari penyakit. Selain terjamin aman, menyembuhkan penyakit dengan bahan-bahan alami nampaknya juga mudah dan lebih ekonomis alias lebih hemat. Berikut 11 cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi tenggorokan gatal dan batuk berdahak:

1. Garam

Bahan yang satu ini tentunya terdapat di semua rumah. Selain untuk menyembuhkan sakit gigi, garam rupanya juga dapat mengatasi tenggorokan gatal dan batuk berdahak. Pasalnya garam membantu mengurangi dahak (yang kemudian menyebabkan rasa gatal di tenggorokan) serta membantu mengurangi peradangan. Pengobatan dengan garam juga  mudah dilakukan. Anda hanya perlu melarutkan garam ke dalam segelas air, kemudian berkumur dengan larutan air garam tersebut. Ingat larutan ini hanya untuk berkumur, jadi jangan sampai air garamnya tertelan.  Berkumurlah 2-3 kali sehari sampai gatal di tenggorokan reda.

2. Madu

Bahan alami yang satu ini sudah dikenal baik untuk kesehatan. Madu dapat mengatasi tenggorokan gatal dan batuk berdahak sebab madu membantu mengurangi iritasi. Sebisa mungkin madu yang anda gunakan adalah madu asli agar tidak terjadi resiko alergi. Anda hanya perlu mengkonsumsi langsung satu sendok makan madu asli. Jika anda tidak dapat mengkonsumsi madu secara langsung, anda dapat mencampur madu ke dalam teh anda. Mudah bukan?

3. Madu, lemon, dan jahe

Dari tiga bahan alami ini, anda dapat membuat minuman untuk mengatasi tenggorokan gatal serta batuk berdahak. Cara membuat minuman dari ketiga bahan ini terbilan mudah.

Pertama, tuang madu secukupnya ke dalam gelas kemudian tambah dengan air panas. Selanjutnya peras 2-3 iris lemon ke dalam gelas berisi madu dan air panas sebelumnya. Terakhir anda tinggal menambahkan jahe secukupnya dan aduk rata semua bahan tadi. Minum beberapa kali untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan serta batuk.


4. Susu dan kunyit

Bumbu dapur yang satu ini sudah dikenal luas khasiatnya sebagai tanaman obat. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, kunyit disebut mampu mengatasi berbagai penyakit, salah satunya ialah mengatasi tenggorokan gatal dan batuk berdahak. Caranya juga terbilang cukup mudah. Sebelum tidur, anda hanya perlu merebus segelas susu dan kunyit di dalam panci. Kemudian minum setiap malam sampai tenggorokan anda tidak gatal lagi dan batuk pun hilang.

5. Cuka sari apel

Bahan untuk mengatasi tenggorokan gatal dan batuk berdahak yang satu ini agak sulit ditemui. Namun cuka sari apel dapat membantu anda menghilangkan batuk serta gatal di tenggorokan. Cara mengkonsumsinya juga mudah, yaitu sama seperti madu. Anda hanya perlu mencampurkan 8 oz (kurang lebih 230 ml) cuka sari apel ke dalam air panas atau teh anda. Tidak sulit kan?

6. Lada hitam dan madu

Lada hitam dan madu ternyata dapat mengatasi masalah batuk berdahak yang disertai tenggorokan gatal loh. Pasalnya lada hitam membantu merangsang sirkulasi dan saluran lendir kita, sementara itu madu merupakan bahan alami untuk meredakan batuk. Tentunya perpaduan antara bumbu dapur ini dan madu dapat mengatasi masalah yang menimpa anda. Cara membuat ramuan dari bahan ini juga mudah. Anda hanya perlu mencampur 1 sdt bubuk lada hitam dan 2 sdm madu ke dalam gelas, lalu tambahkan air panas. Tutup gelas selama 15 menit agar ramuan tadi tercampur, kemudian saring, dan minumlah.

7. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini sudah terpercaya manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kandungan dalam bawang putih mempunyai sifat anti-bakteri, anti-peradangan, dan anti-virus. Tak hanya itu, bawang putih mampu menghilangkan dahak dari tenggorokan anda. Tentunya bawang putih dapat membantu mengatasi masalah batuk berdahak. Pengobatan batuk berdahak dengan bawang putih tidaklah sulit. Rebus beberapa suing bawang putih mentah, kemudian minum air rebusannya. Ramuan tersebut akan membantu mengatasi rasa gatal yang menyebabkan batuk terus-menerus. Bisa juga anda menambahkan bawang putih pada masakan anda. Bagaimanapun bentuknya (dimakan langsung, tambahkan dalam masakan, campur ke minuman), bawang putih akan membantu menghilangkan dahak dari tenggorokan.

8. Teh kamomil

Bunga kamomil banyak dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya yaitu batuk berdahak. Mengkonsumsi teh kamomil setiap malam dapat membantu mengurangi pembengkakan pada lapisan mukosa (selaput lendir) sebab dalam bunga kamomil terdapat kandungan flavonoid dan apigenin yang dapat membantu membersihkan peradangan yang menyebabkan peningkatan pada produksi lendir. Tidak hanya baik untuk mengatasi batuk berdahak, teh kamomil juga dapat mengatasi rasa gatal di tenggorokan. Kandungan dalam bunga kamomil punya sifat menenangkan yang tentunya dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk Berdahak Secara Medis

Batuk berdahak yang disertai dengan tenggorokan gatal tentunya sangat mengganggu. Untuk mengatasinya dengan bahan alami tentu memerlukan waktu lebih lama. Bagi anda yang mungkin memiliki aktivitas padat bisa mengatasinya dengan beberapa obat.


9. Semprotan khusus tenggorokan

Alat yang satu ini merupakan salah satu solusi alternatif bagi anda yang sedang mengalami masalah batuk berdahak dan  tenggorokan gatal. Semprotan khusus tenggorokan biasanya mengandung phenol (zat asam karbon) yang berkhasiat menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan. Obat satu ini bisa anda dapatkan di apotek serta dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.

10. Permen pelega tenggorokan (lozenge)

Bagi anda yang meski sakit namun tidak dapat meninggalkan pekerjaan anda, menghisap permen pelega tenggorokan (lozenge) menjadi jawaban atas masalah anda. Meski terkesan sepele, namun permen pelega tenggorokan rupanya dapat membantu mengatasi batuk dan tenggorokan gatal. Rupanya kandungan menthol dalam permen pelega tenggorokan meredakan rasa gatal di tenggorokan, meski hanya sementara. Menghisap permen pelega tenggorokan membantu menghasilkan produksi air liur sehingga tenggorokan tetap basah. Lembabnya tenggorokan  mengurangi rasa gatal yang juga mengurangi keinginan untuk batuk.

11. Essential oils (campuran minyak esensial)

Siapa sangka, essential oils rupanya juga dapat membantu mengatasi batuk dan tenggorokan gatal loh. Untuk mengatasi penyakit tersebut anda dapat membuat minyak hasil campuran beberapa essential oils untuk dibalur di bagian tenggorokan, leher, serta dada ataupun cukup hanya menghirup aroma minyak essential yang sudah anda buat. Minyak esensial yang bisa digunakan diantaranya yaitu peppermint essential oils, bergamot essential oils, lavender essential oils, tea tree essential oils, dll.

Misalnya saja dalam bergamot essential oils terdapat bahan yang bertindak sebagai ekspektoran yang mampu melancarkan dahak dan lendir di saluran pernapasan. Sementara itu, lavender essential oils mengandung ekspektoran juga antipasmodik yang dapat meredakan batuk jenis apapun. Minyak ini juga dapat digunakan pada anak-anak.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan