Sponsors Link

9 Cara Mengatasi Tinnitus Paling Mudah di Lakukan

Sponsors Link

Tinnitus merupakan kondisi yang ditandai dengan persepsi suara mengganggu di dalam telinga namun tidak disebabkan karena suara dari luar atau suara yang sebenarnya terjadi. Tinnitus yang menimbulkan suara bising di telinga, berdengung atau berdesis yang menurunkan fungsi daun telinga. Tinnitus yang terjadi di dalam telinga sebenarnya bukanlah sebuah penyakit namun sebuah indikasi yang mendasari dan harus mendapat perhatian khusus.

ads

Sensasi bunyi yang ditimbulkan tinnitus mungkin akan besifat berkala atau persisten setiap saat. Suara yang terjadi di dalam telinga bisa bersifat rendah ataupun tinggi dan bisa terjadi di salah satu telinga atau bahkan keduanya. Tinnitus juga kemungkinan berkaitan dengan telinga namun sumber sebenarnya berasal dari jaringan sel otak. Cara mengatasi tinnitus bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Akupuntur

Akupuntur sebenarnya merupakan sebuah cara yang digunakan sejak dulu untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti terapi tinnitus yang juga sudah dibuktikan secara ilmiah. Jarum akupuntur yang ditempelkan pada tubuh sangat baik digunakan sebagai cara untuk mengatasi tinnitus yang sangat efektif.

  1. Terapi Musik

Musik ternyata juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi tinnitus dimana alunan musik yang lembut khususnya melodi alam seperti suara air yang mengalir dan berbagai suara alam yang lainnya.Terapi musik dikaitkan dengan oengaktifkan otot tertentu di telinga bagian dalam sekaligus menyempitkan otot tertentu sekaligus mencegah gelombang berisik  yang merupakan gejala tinnitus sehingga bisa menyembuhkan tinnitus.

  1. Bawang Putih

Cara mengatasi tinnitus bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan dari dapur seperti bawang putih. Sifat antioksidan dalam bawang putih bisa menghilangkan sensasi dering yang berkaitan dengan tinnitus sebagai pengobatan tinnitus alami.

  • Campur 6 siung bawang putih dengan 1 cangkir almon atau minyak zaitun sampai rata dan cincang halus.
  • Diamkan campuran ini dan simpan selama 1 minggu.
  • Saring rendaman bawang putih ini dan pakai beberapa tetes minyak ini pada telinga untuk meningkatkan pendengaran.
  1. Teknik Relaksasi

Beberapa teknik relaksasi seperti yoga dan juga pernafasan bisa membantu tubuh dalam melawan tinnitus dan juga cara merawat telinga agar tidak tuli secara menyeluruh. Selain itu, olahraga dengan teratur juga sangat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah sekaligus menurunkan faktor stres yang terjadi karena tinnitus.

  1. Menghindari Beberapa Stimulan

Asupan seperti alkohol, kafein dan juga kebiasan buruk seperti merokok terlalu berlebihan bisa memperparah masalah tinnitus yang anda alami. Nikotin menyebabkan aliran darah jadi terhambat ke struktur telinga. Mengurangi secara bertahap beberapa stimulan tersebut sangatlah ampuh untuk mengatasi masalah tinnitus yang anda alami.


  1. Biji Mustard Bubuk

Biji mustard bubuk juga bisa memberi kelegaan dan menenangkan sensasi tinnitus sekaligus cara mengatasi telinga berdengung. Bubuk biji mustard yang dibungkus dengan kapas bisa anda sisipkan ke telinga sebelum tidur dan dilepas keesokan paginya. Cara ini diulangi selama 3 hari berturut turut sehingga sensasi suara mendengung yang berkaitan dengan tinnitus bisa disembuhkan.

  1. Kenari

Cara mengatasi tinnitus berikutnya yang bisa digunakan adalah kenari. Ambil beberapa kenari dan rendam di dalam air garam selama lebih kurang 30 menit. Tiriskan dan biarkan hingga mengering lalu sangrai dengan api kecil hingga renyah. Konsumsi 1/2 ons kacang kenari tersebut setiap pagi yang sudah terbukti efektif dalam melawan penyakit tinnitus dan juga sensasi bising serta penyebab telinga berdengung lainnya.

  1. Menghindari Suara Keras

Suara yang terlalu keras seperti peralatan konstruksi, tembakan senjata, musik yang keras dan juga mesin berat bisa menimbulkan macam macam penyakit telinga. Perhatikan dan jaga telinga anda dari berbagai suara keras yang bisa merusak pendengaran dan menyebabkan telinga jadi mendengung dan bahkan bisa rusak permanen.

  1. Seng

Mikronutrien seng ini sangat penting untuk mengatur beberapa jenis proses biokimia yang dibutuhkan untuk mengatur usus, kulit, sistem saraf pusat, skeleteal, sistem kekebalan tubuh dan juga reproduksi. Seng akan meningkatkan hormon, pertumbuhan dan juga regenerasi serta meningkatkan imunitas. Seng juga merupakan sumber antioksidan dan anti inflamasi yang sangat berguna untuk dikonsumsi sebagai cara mengatasi tinnitus penyebab telinga sakit.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tinnitus