Sponsors Link

3 Cara Menghentikan Pendarahan di Hidung Akibat Benturan

Sponsors Link

Mengalami cidera di hidung karena benturan harus segera diatasi, apalagi jika sampai membuat hidung berdarah. Hal tersebut mengindikasikan bahwa ada jaringan di dalam hidung yang sobek sehingga membuat pembuluh darah pecah.

ads

Jika tidak diatas dengan baik, pendarahan di hidung bisa masuk ke dalam sistem pernapasan dan menimbulkan bahaya lainnya. Cara mengatasi hidung berdarah akibat benturan terutama cara menghentikannya bisa dilakukan dengan hal-hal berikut ini.

  1. Menghentikan Pendarahan Ringan

Jika pendarahan yang terjadi pada area hidung tidak begitu parah maka yang Anda harus lakukan untuk  mengobati pendarahan sama halnya dengan cara mengatasi hidung berair karena penyebab flu di pagi hari seperti berikut ini.

  • Duduk dengan punggung lurus dan miringkan tubuh ke depan untuk mengurangi tekanan darah di area hidung masuk ke dalam sistem pernapasan. Hal ini juga bisa memberi hidung gaya gravitasi dan keluar melalui lubang hidung
  • Cubit lubang hidung dengan lembut untuk menghentikan pendarahan, tekan jangan terlalu keras selama 15 menit. Cara ini juga ampuh sebagai cara melegakan hidung tersumbat karena flu.
  • Bernapaslah dengan mulut dan usahakan untuk memosisikan kepala lebih tinggi dari dada. Ulangi langkah mencubit dan mengembuskan napas lewat hidung beberapa kali selang beberapa jam.
  1. Menghentikan Pendarahan Parah

Benturan di hidung kadang memberikan efek yang parah. Dalam skala tertentu malah bisa sampai memengaruhi telinga hingga Anda memerlukan bantuan alat pendengaran telinga yang bagus untuk bisa mendengar. Jika pendarahan yang terjadi di hidung Anda pun terbilang parah, Ada baiknya Anda melakukan pengobatan dengan cara berikut ini.

  • Kompres hidung Anda selama 10 hingga 20 menit setelah mendapatkan benturan yang mengakibatkan pendarahan. Agar kulit terhindar dari gigitan dingin, gunakan handuk atau kain lainnya sebagai pembungkus es.
  • Konsumsilah obat-obatan yang mampu meredakan rasa sakit dan mengandung zat antiinflamantori seperti ibuprofen. Ibuprofen juga biasa dikonsumsi untuk meredakan rasa sakit setelah melakukan tahapan operasi sinus atau dalam masa perawatan pasca operasi polip hidung.
  • Tidurlah dengan kepala terangkat untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan.
  • Jika Anda merasa hidung Anda tidak hanya berdarah melainkan juga mengalami keretakan, Ada baiknya Anda langsung menghubungi dokter di rumah sakit terdekat.
  1. Melakukan Tindakan Nasal Packing atau Cauterization

Langkah terakhir sebagai cara mengentikan pendarahan di hidung akibat benturan yang cukup parah adalah dengan melakukan tindakan nasal packing atau cauterization. Tindakan ini barangkali akan disarankan oleh dokter jika bagian hidung Anda mengalami trauma yang cukup parah  dengan lama pendarahan lebih dari 20 menit.


Nasal packing atau Cauterization adalah dua tindakan paling umum untuk mengatasi pendarahan di hidung. Cara ini dilakukan dengan memasukkan balon yang dapat digelembungkan atau inflatable balloon ke dalam satu atau dua lubang hidung untuk memberikan tekanan pada pembuluh darah yang pecah untuk menghentikan pendarahan.

Selain berdarah karena benturan yang membuat Anda perlu mencari tahu cara mengatasi pendarahan di hidung akibat benturan, hidung juga memiliki kelainan lain seperti sinusitis, polip, dan rhinitis. Perbedaan sinusitis dan rhinitis cukup mencolok meski tampak sama.

Ketiga kelainan tersebut biasanya diatasi dengan operasi sekalipun bahaya operasi polip dan jenis kelainan lainnya mengintai. Namun dengan perawatan dan pengobatan yang tepat, apapun kelainan hidung yang Anda alami pasti akan segera sembuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan