Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bau Pada Telinga Paling Efektif

Sponsors Link

Telinga yang bau bisa terjadi karena penumpukan nanah, darah, lilin telinga atau jenis cairan lain yang ada di dalam telinga. Selain itu, pecahnya gendang telinga karena luka, suara yang terlalu keras, penetrasi benda asing dan juga akumulasi air saat mandi atau berenang juga bisa menyebabkan telinga mengeluarkan bau tidak sedap. Dalam beberapa kasus macam macam penyakit telinga yang parah, bau pada telinga juga bisa disertai juga dengan menurunnya pendengaran, mengalami kemerahan dan juga pembengkakan. Ada banyak cara menghilangkan bau pada telinga yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi dan menghilangkan bau sekaligus mengurangi sakit dan radang yang terjadi di dalam telinga seperti berikut ini.

ads
  1. Minyak Mustar

Dalam minyak mustar mengandung sifat anti jamur dan anti bakteri yang menjadi obat terbaik untuk mengatasi berbagai patogen karena bakteri penyebab telinga bau dan juga cara mengobati telinga berair.

  • Campur 250 ml minyak mustar atau minyak sawi dengan 10 gram gooseberry, 20 gram jahe, 10 gram daun nimba dan 3 gram lada hitam.
  • Hangatkan semua bahan tersebut lalu diamkan hingga cukup hangatnya dan masukkan beberapa tetes ramuan ini ke dalam telinga yang bisa dilakukan 3 hingga 4 kali sehari selama seminggu.
  1. Kompres Hangat

Panas yang dihasilkan dari kompres hangat tidak hanya berguna untuk mengurangi rasa sakit namun juga baik untuk mengeluarkan cairan serta kotoran di dalam telinga penyebab telinga bau penyebab telinga sakit.

  • Celupkan kain katun dalam air hangat dan peras untuk mengeluarkan air berlebihnya.
  • Letakkan kain tersebut pada telinga selama 5 menit dan miringkan kepala ke sisi berlawanan untuk mengeluarkan cairan yang menumpuk di dalam telinga anda.
  • Ulangi cara ini selama 5 kali untuk hasil terbaik.
  1. Alkohol dan Cuka Putih

Menggosok telinga dengan campuran alkohol serta putih juga menjadi cara menghilangkan bau pada telinga karena kedua bahan ini berfungsi sebagai anti bakteri untuk membunuh patogen berbahaya penyebab telinga sakit yang juga bisa digunakan sebagai cara mengobati telinga bernanah.

  • Campurkan alkohol dengan cuka putih memakai perbandingan yang sama dan teteskan sebanyak 5 tetes ke dalam telinga memakai alat penetes.
  • Tunggu hingga 10 menit lalu miringkan kepala ke sisi berbeda untuk mengeluarkan cairan.
  • Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari agar hasilnya bisa maksimal.
  1. Minyak Nabati

Minyak nabati seperti minyak nimba yang juga sering disebut dengan margosa juga sangat ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi telinga penyebab telinga bau dan sakit.

  • Masukkan 3 tetes minyak ini ke dalam telinga untuk membunuhpatigen dan biarkan selama 15 menit.
  • Miringkan kepala ke arah berbeda untuk mengeluarkan minyak beserta cairan dan kotoran penyebab bau dari telinga anda.
  • Gunakan cara ini sebanyak 3 kali sehari agar hasilnya bisa cepat terlihat.

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi cara menghilangkan bau pada telinga karena bisa membunuh bakteri penyebab bau dan infeksi pada telinga sekaligus mengeluarkan nanah dari telinga anda sekaligus cara mengatasi telinga tersumbat karena pilek. Sifat antibiotik yang ada dalam bawang putih akan membunuh berbagai bakteri penyebab bau di telinga secara cepat dan aman.

  • Haluskan 3 siung bawang putih dan ekstrak jusnya saja.
  • Masukkan sekitar 4 tetes ekstrak bawang putih ke telinga dan diamkan selama 5 menit.
  • Letakkan hair dryer dengan jarak 12 inci dari telinga untuk mengeringkan telinga dan lakukan proses ini setiap hari sampai bau pada telinga bisa hilang.
  1. Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah yang merupakan cara menjaga kesehatan telinga secara alami juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau di telinga sekaligus mengobati telinga bernanah.

  • Ekstra jus dari bawang kemudian panaskan sebentar dalam microwave hingga cukup hangat.
  • Masukkan 2 hingga 3 tetes ekstrak bawang merah hangat ke dalam telinga dan tunggu hingga 5 menit.
  • Miringkan kembali ke arah berlawanan untuk mengeluarkan cairan dan lakukan 3 kali sehari.

  1. Kemangi

Kemangi menjadi cara menghilangkan bau pada telinga berikutnya yang juga ampuh untuk mengatasi infeksi telinga dan mengeluarkan kotoran penyebab bau dan bisa digunakan untuk cara mengatasi telinga berdenging sebelah kiri. Dalam kemangi juga memiliki sifat antibiotik yang bisa mengatasi infeksi dalam waktu cepat, menghilangkan rasa sakit sekaligus menghilangkan bau.

  • Bersihkan daun kemangi dan haluskan sampai menjadi pasta.
  • Peras airnya dan hangatkan sebentar kemudian masukkan 3 tetes ke dalam telinga dan ulangi 2 kali sehari selama beberapa hari sampai bau hilang.

Cara menghilangkan bau pada telinga sebenarnya tidak membutuhkan biaya terlalu mahal sebab bisa menggunakan berbagai bahan yang ada di sekitar khususnya bahan alami yang memiliki kandungan antibiotik tinggi. Namun jika bau pada telinga masih belum bisa hilang, maka segera kunjungi dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.

, , , , ,