Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bersin yang Terus Menerus dengan Aman

Sponsors Link

Bersin merupakan kondisi saat udara kotor keluar dari hidung dan mulut secara bersamaan. Salah satu cara tubuh membersihkan rongga hidung adalah dengan bersin. Pada umumnya bersin dapat terjadi karena menghirup partikel-partikel asing yang berada di sekitar. Namun bersin yang terus-menerus dapat terjadi karena disebabkan udara dingin atau berdebu maupun sedang terserang virus influenza. Berikut dibahas cara menghilangkan bersin yang terus-menerus dengan cepat dan aman dicoba.

ads
  1. Bawang Putih

Bawang putih sebagai anti bakteri dapat menghilangkan bersin yang terus-menerus. Cara penggunaanya adalah cincang halus 5 siung bawang putih kemudian campur dengan air panas kemudian hirup uapnya selama 10 menit. Bawang putih juga sangat ampuh digunakan sebagai cara mengobati telinga sakit karena headset.

  1. Teh Chamomile

Kandungan zat antioksidan tinggi dalam teh chamomile dapat menghilangkan zat oksidan dan benda-benda asing dalam hidung. Anda dapat menambahkan jeruk nipis dan madu ke dalam teh chamomile untuk menghilangkan bersin yang terus-menerus. Selain itu, teh chamomile juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan.

  1. Jahe

Selain sebagai pengobatan tinnitus, jahe juga dapat mengatasi alergi pernapasan seperti bersin-bersin karena mengandung zat antiflamasi. Penggunaan jahe sebagai obat ini dapat dilakukan dengan menggeprek 1 ruas jahe dan  ambil seratnya. Setelah itu campurkan serat jahe dengan air panas dan tambahkan madu secukupnya. Konsumsilah minuman sehat ini secara rutin sebelum tidur agar pernapasan menjadi lega dan jauh dari bersin-bersin. Tidak hanya itu, jahe juga dapat Anda gunakan sebagai minuman pereda sakit tenggorokan yang mudah dibuat.

  1. Minyak Mint

Anti bakteri yang terdapat dalam minyak mint dapat membantu mengatasi bersin-bersin maupun alergi pernapasan lain. Dengan menghirup minyak mint maka sistem pernapasan menjadi lebih longgar. Anda dapat mencampurkan minyak mint dengan air panas kemudian hirup uapnya selama 10 menit. Jangan lupa oleskan juga minyak mint ini pada bagian bawah hidung untuk melegakan pernapasan.

  1. Makanan Pedas

Dengan mengonsumsi makanan pedas, bersin maupun benda asing dalam hidung atau kerongkongan dapat keluar dengan sendirinya. Namun jangan terlalu berlebihan juga karena tidak baik bagi kesehatan pencernaan terutama lambung. Makanan pedas ini juga baik dikonsumsi sebagai cara mengobati telinga tersumbat paling ampuh.

  1. Buah Asam

Buah-buahan asam seperti jeruk nipis, mangga muda dan kedondong juga efektif untuk menghilangkan bersin-bersin dan sebagai cara mengobati tenggorokan panas. Rasa asam di dalam buah-buahan tersebut dapat melegakan pernapasan terutama hidung serta membantu menghilangkan bakteri yang terperangkap di sana.


  1. Vitamin C

Selain buah-buahan asam, vitamin C juga baik dikonsumsi untuk mengatasi bersin yang terus-menerus. Vitamin C sudah terbukti dapat menjaga kesehatan dan menekan saluran pernapasan. Konsumsilah buah-buahan bervitamin C seperti nanas, lemon, pisang dan sayur-sayuran. Selain menyembuhkan bersin terus-menerus, vitamin C juga sangat efektif digunakan sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu.

  1. Ekstrak Jelatang

Untuk menghilangkan alergi pernapasan seperti bersin-bersin, Anda dapat mengonsumsi ektrak jelatang karena di dalamnya mengandung kalsium, zat besi, astringent dan antihistamin. Ekstrak jelatang juga merupakan salah satu obat rhinitis alami untuk hidung tersumbat dan hidung gatal. Anda bisa mendapatkan jelatang dalam bentuk teh maupun ekstraknya yang dikemas dalam bentuk kapsul. Anda dapat mencampurkan madu dalam teh jelatang kemudian meminumnya. Sambil diminum, hirup juga uapnya untuk melegakan pernapasan. Apabila Anda mendapatkan jelatang dalam kemasan kapsul maka konsumsilah sesuai anjuran dokter.

  1. Uap Aromaterapi

Menghirup uang aromaterapi dapat digunakan sebagai cara untuk meredakan bersin yang terus-menerus. Caranya campurkan beberapa tetes minyak aromaterapi dengan air panas dalam wadah kemudian hirup dalam-dalam uapnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan langkah ini hingga bersin-bersin berhenti.

  1. Obat Inhaler atau Tetes Hidung

Obat inhaler atau tetes hidung dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri yang ada dalam saluran pernapasan terutama hidung. Gunakan obat inhaler ini sesuai dosis jika cara-cara alami di atas tidak ada yang berhasil.

Itulah 10 cara menghilangkan bersin yang terus-menerus dengan cepat dan aman untuk dilakukan. Namun jika bersin-bersin terjadi selama 3 hari dan tidak kunjung sembuh, maka Anda patut memeriksakannya ke dokter untuk mendapat penanganan.

, ,