Sponsors Link

Wajib Tahu 4 Cara Menghilangkan Polip di Hidung dengan Benar dan Tepat

Sponsors Link

Polip merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan. Jaringan yang dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh ini harus kita waspadai salah satunya dengan mengenali gejala polip. Seringkali polip ditemukan pada rongga hidung dan sangat mengganggu jalannya pernafasan. Namun sifat polip pada hidung sendiri cenderung lembut, jinak, dan tidak menyebabkan rasa sakit, dan juga tidak ganas.

ads

Polip pada hidung memang sulit untuk dihilangkan secara permanen, namun dapat disembuhkan, atau diminimalisirkan efek dan dampaknya. Pengobatan yang dilakukan bagi penderita polip hidung akan disesuaikan dengan kondisi polip hidung yang diderita.

Kali ini tim kliniktht akan menyajikan tentang cara menghilangkan polip di hidung yang dapat anda tempuh.

1. Obat semprot dan tetes hidung kortikosteroid

Biasanya langkah pertama untuk menghilangkan polip di hidung adalah dengan menggunakan obat semprot atau tetes hidung yang mengandung kortikosteroid. Penggunaannya sendiri juga membutuhkan kesabaran, karena baru akan bereaksi setelah satu atau dua minggu setelah penggunaan.

Obat ini bekerja dengan mengurangi radang hidung serta mengecilkan polip secara bertahap bahkan dapat menghilangkan polip.

Dengan cara penggunaan yang cukup mudah yakni dengan meneteskan atau menyemprotkan pada lubang hidung (posisi tubuh harus berbaring untuk memudahkan) dan tunggu sekitar 4 menit agar obat masuk sepenuhnya ke belakang hidung.

2. Obat tablet dan suntikan kortikosteroid

Ini merupakan obat yang akan diresepkan dokter jika polip anda sudah diobati dengan obat semprot tapi tidak kunjung sembuh atau jika ukuran polip yang anda derita cukup besar. Obat tablet sendiri biasanya disarankan hanya untuk dikonsumsi jangka pendek, kurang lebih 5-10 hari saja.

Karena dapat menimbulkan efek samping seperti tekanan darah tinggi, diabetes, osteoporosis dan berat badan bertambah.

Ada beberapa obat polip hidung di apotek lainnya yang mudah ditemukan dan aman digunakan seperti antihistamin, antibiotik, dekongestan, serta bronchitin EKSP.

3. Pengobatan alami

Pengobatan secara alami juga dapat ditempuh sebagai salah satu cara menghilangkan polip di hidung. Beberapa pengobatan alami yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi bawang putih, yup meskipun menimbulkan bau yang kurang sedap namun bawang putih memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Kandungan yang terdapat pada bawang putih diantaranya bersifat anti bakteri, anti inflamasi dan anti oksidan yang berfungsi untuk mengobati polip. Konsumsi bawang putih secara langsung untuk mendapatkan khasiat tersebut.
  • Campuran jeruk nipis dan jahe dalam satu ramuan dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dan tumbukan jahe halus, serta tambahkan pula daun sirih, cengkeh, dan daun serai rebus hingga air mendidih. Setelahnya saring dan diamkan hingga dingin. Konsumsi minuman tersebut setiap hari setelah bangun tidur dan atau sebelum memuai aktivitas. 

  • Konsumsi vitamin C atau sayuran dan buah yang mengandung vitamin tersebut secara rutin. Vitamin C mengandung senyawa vioflavonoid yang dapat membantu mengatasi masalah pada jaringan dan rongga hidung.

Itulah cara alami mengobati polip hidung yang bisa kita tempuh untuk menghindari langkah terakhir yakni operasi.

4. Operasi

Jika berbagai langkah pengobatan dengan cara di atas tidak dapat menyembuhkan polip anda. Maka cara terakhir yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan operasi polip. Proses operasi polip hidung sendiri dilakukan dengan menggunakan teknik endoskopi sehingga tidak menimbulkan luka sayatan.

Meskipun begitu anda juga patut waspada terhadap bahaya operasi polip hidung agar selalu berhati-hati setelah operasi polip. Biasanya akan dikombinasikan dengan pengobatan larutan garam (saline) dan juga obat semprot yang mengandung kortikosteroid.

, , ,
Oleh :
Kategori : Polip