Sponsors Link

13 Cara Menghilangkan Radang Tenggorokan Dengan Cepat

Sponsors Link

Radang tenggorokan merupakan infeksi pada tenggorokan dan amandel yang disebabkan oleh bakteri bernama Streptococcus grup A. Bakteri tersebut tinggal di daerah hidung dan tenggorokan, serta dapat menular pada orang lain lewat batuk, bersin, atau makan dan minum di wadah yang sama dengan orang sudah terserang radang tenggorokan. Dapat menular lewat batuk dan bersin, maka wajar jika radang tenggorokan dapat menyerang siapa pun (orang dewasa dan anak-anak). Terlebih pada musim penghujan seperti sekarang ini dimana banyak wilayah yang terkena banjir. Dalam kondisi seperti ini, bakteri pun dapat berkembang biak dengan cepat.

ads

Gejala radang tenggorokan sendiri biasa ditandai dengan sakit tenggorokan, sulit untuk menelan makanan, demam, amandel yang bengkak dan memerah. Radang tenggorokan sebenarnya merupakan infeksi ringan, meski demikian anda tidak boleh menyepelekan penyakit ini sebab dapat menimbulkan komplikasi. Dalam beberapa kasus, radang tenggorokan bisa sangat membahayakan. Akan tetapi anda tidak perlu panik. Dengan bahan atau alat-alat di sekitar anda, anda dapat menghilangkan radang tenggorokan dengan cepat sebelum bertambah parah.

Cara Menghilangkan Radang Tenggorokan dengan Cepat

Berikut adalah cara menghilangkan radang tenggorokan dengan metode Pengobatan dari dalam:

  1. Banyak minum air

Perbanyaklah minum air saat sedang mengalami radang tenggorokan agar saluran tenggorokan anda tetap terhidrasi. Minumlah air dengan suhu normal atau hangat, jangan minum air dengan suhu panas.

  1. Minum teh dengan madu

Jika anda bosan terus menerus minum air, anda bisa menggantinya dengan minum teh. Teh biasa dihidangkan dengan kondisi hangat, tentunya teh baik untuk mengatasi radang tenggorokan anda. Teh jenis apapun dapat anda konsumsi, misalnya teh herbal, teh hitam, atau teh hijau. Teh herbal membantu meredakan peradangan sehingga melegakan radang tenggorokan, sementara itu teh hitam atau teh hijau memiliki kandungan aktioksidan di dalamnya yang baik untuk meningkatkan imunitas serta menangkal infeksi.

Untuk menambah rasa tehnya, anda dapat mengganti gula dengan madu. Jika suka, anda dapat mengkonsumsi campuran teh, madu, dan jahe untuk hasil lebih baik. Madu baik bagi anda yang menderita radang tenggorokan disertai batuk, sebab madu merupakan obat yang efektif mengatasi batuk. Tak hanya itu, madu juga akan membantu anda tidur lebih nyaman di malam hari.

  1. Konsumsi vitamin C

Vitamin C baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan jaringan di tenggorokan dan menurunkan risiko penyebaran penyakit. Mengkonsumsi 1000mg vitamin C membantu melawan infeksi yang akan masuk ke tubuh. Konsumsi 4000mg vitamin C setiap harinya dapat menyingkirkan infeksi yang sudah ada dalam tubuh. Jika sudah terserang radang tenggorokan, anda dapat mengkonsumsi suplemen dan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, kiwi, dan buah lainnya. Dan jika anda sulit menelan makanan, buah diatas dapat anda konsumsi dalam bentuk jus atau smoothies.

  1. Konsumsi vitamin D

Kurangnya asupan vitamin D rupanya dapat menyebabkan anda terserang radang tenggorokan. Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi akibat bakteri, sementara itu vitamin D berperan penting dalam imun tubuh karena pertahanan anti-mikrobanya.


  1. Makan kaldu tulang

Makanan yang satu ini memiliki banyak kandungan yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Kaldu tulang menyediakan mineral yang mudah diserap serta baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti kalsium, magnesium, silikon, sulfur, dan fosfor. Di dalam kaldu tulang juga terdapat kandungan kondroitin sulfat dan glukosamin (biasa terdapat di suplemen makanan) yang dapat mengurangi pembengkakan.

   6. Konsumsi madu asli

Radang tenggorokan dapat anda atasi dengan mengkonsumsi madu asli. Tidak hanya sekadar menghilangkan radang tenggorokan, madu asli juga menguatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian, madu memiliki kandungan anti-bakterial yang mampu membuat pelindung dalam tubuh untuk mencegah infeksi.

7. Makan es krim/makanan dingin

Cara yang satu ini rasanya cocok digunakan untuk mengobati radang tenggorokan pada anak-anak dibanding cara lainnya. Es krim atau makanan dingin lainnya rupanya dapat mengurangi rasa sakit akibat radang pada amandel. Ada baiknya es krim yang diberikan pada anak-anak adalah es krim yang dibuat sendiri karena kandungan gulanya tidak sebanyak es krim yang dijual di pasaran.

Dan berikut adalah salah satu cara menghilangkan radang tenggorokan dengan metode Pengobatan dari luar:

8. Kompres hangat

Saat sedang radang sering kali kita sulit untuk menelan makanan lantaran tenggorokan anda terasa sakit. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengatasinya masalah tersebut, anda dapat melingkarkan handuk yang dibasahi air hangat ke bagian leher. Rasa hangat dari handuk tersebut akan membantu meredakan rasa sakit di daerah tenggorokan.

9. Gunakan alat pelembab udara (air humidifier)

Salah satu penyebab anda terkena radang tenggorokan mungkin karena udara di sekitar anda kering. Itu sebabnya anda harus berada di tempat yang udaranya agak lembab. Untuk melembabkan udara anda dapat menggunakan alat pelembab udara (air humidifier). Dengan alat ini, anda dapat membuat udara di sekeliling anda agak lembab.

10. Mandi air hangat

Sudah disebut sebelumnya, udara kering merupakan salah satu penyebab anda terkena radang tengorokan. Untuk itu anda dapat menggunakan alat pelembab udara. Akan tetapi, alat satu ini tidak dimiliki banyak orang Indonesia lantaran harganya yang relatif mahal. Itu sebabnya mandi air hangat dapat menjadi alternatif agar udara di sekitar anda lembab. Saat mandi, jangan lupa hirup uap air panas untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit di tenggorokan.


11. Tinggikan kepala

Radang tenggorokan sering kali juga disertai flu atau hidung tersumbat. Sayangnya hal tersebut membuat kita semakin menderita lantaran sulit untuk tidur nyenyak. Itu sebabnya jika anda terserang radang tenggorokan sekaligus flu atau hidung tersumbat, sebaiknya saat tidur anda meninggikan kepala anda. Tumpuk2 bantal agar posisi kepala anda lebih tinggi disbanding tubuh anda. Posisi kepala yang lebih tinggi membantu anda bernapas lebih mudah sehingga tidak perlu bernapas lewat mulut, dimana dapat menyebabkan tenggorokan kering.

12. Berkumur dengan campuran cabai rawit

Bumbu dapur yang memiliki rasa pedas ini dapat menjadi salah satu obat untuk menyingkirkan radang tenggorokan. Cabai rawit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang efektif melawan bakteri penyebab radang tenggorokan. Tak hanya itu, di dalam cabai rawit juga terdapat capsaicin yang berguna untuk mengeluarkan racun dan kuman yang menyebabkan infeksi.

Pengobatan dengan cabai rawit tidak sulit untuk dilakukan. Anda cukup menyiapkan segelas air hangat, ¼ sdt cabai rawit, dan 1 sdm jus lemon. Campur tiga bahan tadi, aduk, kemudian gunakan campuran bahan tadi untuk berkumur. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Jika perlu, ulangi cara ini selama 2-3 hari dan lihat perubahannya.

13. Berkumur dengan air garam

Sama seperti sebelumnya, berkumur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan radang tenggorokan. Jika merasa aneh berkumur dengan cabai rawit, anda dapat berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam dapat meredakan sakit, peradangan, juga infeksi pada tenggorokan sebab dalam prosesnya dapat membunuh kuman yang menempel di sela-sela mulut atau tenggorokan.

Setelah mencoba cara-cara diatas, jangan lupa untuk beristirahat secukupnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Radang Tenggorokan