Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Karena Flu Yang Ampuh

Sponsors Link

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala sakit flu. Flu sendiri merupakan sakit yang disebabkan karena virus influenza. Karena itu banyak juga yang menyebut sakit flu dengan sebutan influenza. Flu dan batuk merupakan penyakit yang tergolong ringan jika cepat ditangani. Beberapa ahli kesehatan juga mengatakan bahwa penyakit flu dapat hilang sendiri setelah beberapa hari saat virus di dalam tubuh mati. Biasanya orang akan mudah terkena flu saat cuaca disekitar tidak menentu sehinga virus influenza dapat berkembang dengan cepat dan masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan dan lainnya.

ads

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa sakit tenggorokan adalah salah satu gejalan penyakit flu yang biasanya diikuti oleh pilek dan batuk. Penyebab Sakit Tenggorokan Sampai Ke Telinga karena flu biasanya disebabkan karena terjadi iritasi pada tenggorokan. Iritasi tersebut juga dapat disebabkan oleh virus yang sama seperti penyebab flu yaitu influenza. Iritasi tersebut juga dapat menjadi Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah atau saat menelan makanan lainnya. Rasa sakit itulah yang biasanya membuat anda tidak nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu kami akan memberikan cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu yang mudah dan mungkin belum banyak diketahui orang.

Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Selain karena virus influenza peradangan tenggorokan juga dapat terjadi karena bakteri. Jika sakit tenggorokan dikarenakan banteri maka pemberian obat seperti antibiotic dapat meredakan sakit tenggorokan yang sering juga disebut dengan radang tenggorokan. Sedangkan jika sakit tenggorokan dikarenakan oleh virus tidak bisa diatasi menggunakan antibiotic. Berikut cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu yang dapat dilakukan dengan mudah:

  1. Mengkonsumsi madu jahe

Salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan sakit tenggorokan saat flu adalah meminum ramuan campuran madu dan jahe. Madu akan memberikan efek menyegarkan pada tenggorokan sedangkan jahe membantu menghangatkan tenggorokan sehingga sumbatan pada tenggorongan dapat hilang dan sakit tenggorokan juga ikut berkurang.

  1. Berkumur

Berkumur adalah salah satu cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu yang sangat mudah. Dengan berkumur diharapkan kotoran yang terdapat di mulut hingga tenggorokan dapat hilang terbawa air. Untuk pengobatan, setelah berkumur disarankan air dibuang tidak ditelan.

  1. Meminum cuka apel

Meminum campuran air cuka apel dan madu juga dapat membantu anda menghilangkan sakit tenggorokan. Campurkan air cuka apel dan madu ke dalam satu gelas air putih lalu aduk hingga rata. Setelah itu minum campuran cuka apel, madu, dan air tadi secara berlahan hingga tenggorokan terasa lebih enak.

  1. Minum teh hangat

Air hangat dapat membantu anda menenangkan tenggorokan. Jika anda tidak suka mengkonsumsi air putih secara berlebihan anda bisa menggunakan air teh hangat atau jeruk hangat untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Makanan hangat seperti sup ayam saat panas juga dapat anda konsumsi untuk menghilangkan sakit tenggorokan karena flu.

  1. Air kalabet

Air kalabet biasa anda jadikan solusi untuk menghilangkan sakit tenggorokan akibat flu. Masukkan satu sendok teh kalabet ke dalam air diwadah lalu direbus dengan api sedang hingg mandidih. Setelah itu air akan berubah menjadi kekuningan lalu angkat dan saring air. Lalu minum air ketika hangat.


  1. Minum air putih

Sakit tenggorokan juga dapat disebabkan karena tenggorokan kita kering. Karena itu mengkonsusi air putih hangat dalam jumlah yang banyak akan mencegah tenggorokan kita kering dan menghilangkan rasa sakit. Selain itu minum air putih hangat juga sangat baik untuk tubuh karena banyaknya mineral yang terdapat di dalam air putih yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Berkumur air garam

Berkumur air garam merupakan salah satu cara berkumur yang efektif juga untuk menghilangkan rasa sakit tenggorokan. Garam mampu membantu membunuh kuman dan bakteri di dalam tubuh terutama mulut. Berkumur obat garam juga sama seperti berkumur air bisa dan tidak boleh ditelan. Usahakan saat berkumur air garam tidak hanya sampai didalam mulut tetapi juga sampai ke tenggorokan setelah itu buang air garam dan bilas dengan cara minum air putih.

  1. Megnkonsumsi permen atau obat pelega tenggrokan

Obat untuk meredakan tenggorokan paling banyak adalah obat hisap atau sering jga disebut permen untuk pelega sakit tenggorokan. Tidak hanya perusahaan obat namun perusahaan makanan seperti permen juga memproduksi pereda tenggorokan ini. Biasnaya bahan utamanya adalah perasa mint yang mampu membuat tenggorokan terasa dingin dan menghilangkan sakit tenggorokan.

  1. Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C

Mengkonsumsi buah dan sayuran tinggi vitamin C dapat membantu menyembuhkan sakit teggorokan. Walaupun saat sakit tenggorokan kita cenderung enggan untuk makan dan minum karena akan terasa sakit saat menelan, namun kandungan vitamin C dalam buah sangat bermanfaat dan dapat membantu menghilangkan sakit pada tenggorokan.

  1. Istirahat yang cukup

Setelah semua cara dilakukan, anda juga memerlukan istirahat yang cukup. Dengan begitu sistem imun atau daya tahan tubuh anda akan kembali baik dan mambantu tubuh untuk memerangi penyebab sakit tenggorokan tersebut. Dengan hilangnya penyebab sakit tenggorokan maka akan hilang juga rasa sakit itu.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan