Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Sinus Di Hidung Alami Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Sinus adalah rongga kecil yang berisi udara dan terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Jika tidak diperhatikan, dinding sinus akan terkena peradangan atau inflamasi karena virus atau bakteri yang berkembang.

ads

Apabila Anda mengalami hal ini, tentunya akan membuat Anda sangat tidak nyaman untuk beraktivitas karena gejala-gejala yang timbul dari sinusitis. Lalu, bagaimana cara menghilangkan sinus di hidung dengan mudah dan alami?

1. Tidak Merokok atau Menghisap Asap Rokok

Menghindari bahkan berhenti untuk merokok merupakan salah satu cara menghilangkan sinus di hidung. Karena rokok mengandung hawa panas yang saat diisap atau dihirup akan merangsang organ dalam hidung hingga menimbulkan iritasi dan memperbesar resiko munculnya perawatan pasca operasi sinusitis.

2. Selalu Mencuci Tangan Terutama Saat Flu

Ini dikarenakan tangan merupakan anggota tubuh yang banyak menyentuh benda atau apapun yang berada di sekitar kita. Tanpa sadar tangan menampung sejumlah kuman dan bakteri, dan menyentuh anggota tubuh yang lain tanpa membersihkannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, setelah menyentuh apapun – mencuci tangan merupakan langkah yang paling penting untuk menghindari kuman menyebar, terutama pada area hidung mimisan karena benturan.

3. Membersihkan Saluran Hidung

Dengan membersihkan rongga hidung Anda, akan membantu untuk cara membersihkan kotoran telinga hidung dari virus dan bakteri yang dapat berkembang dan menyebabkan iritasi dan peradangan. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan uap air panas atau membersihkan sakit dalam rongga hidung dengan air garam.

4. Kompres Air Hangat

Mengompres wajah atau sekitar hidung dengan menggunakan air hangat mampu mengobati sinus yang Anda alami. Ini dikarenakan suhu panas yang dihasilkan dari handuk yang direndam dengan air panas tersebut dapat mengeluarkan lendir-lendir yang berada di dalam rongga hidung.

5. Tidur dengan Posisi Kepala Diangkat

Tidur dengan posisi ini akan membuat Anda lebih nyaman sehingga batuk yang muncul karena sinusitis. Namun, tetap perhatikan agar leher Anda tidak akan merasa kaku jika kepala Anda diposisikan terlalu tinggi. Sebaiknya saat tidur, posisi kepala tetap disejajarkan dengan tubuh namun sedikit lebih diangkat untuk mencegah leher yang terasa kaku dan menimbulkan sakit kepala.

6. Menggunakan Dekongestan

Dekongestan adalah obat telinga tersumbat karena flu yang digunakan untuk meredakan kongesti atau hidung yang tersumbat karena flu maupun sinusitis. Dekongestan mampu meredakan pembengkakan pembuluh darah pada hidung dan mampu memudahkan Anda untuk bernapas dengan lega.


7. Minum Air Putih Yang Cukup

Air putih memang merupakan satu dari berbagai cara untuk tetap menjaga tubuh kita tetap sehat. Karena sifatnya yang alami dan mampu mengembalikan energi kita setelah beraktivitas. Air putih juga dapat menjaga kita agar terhindar dari dehidrasi dan mengurangi bahkan membersihkan rongga pernapasan dari virus dan bakteri penyebab sinusitis.

8. Makan Makanan Pedas

Makanan pedas ternyata sangat bagus dikonsumsi untuk penderita sinusitis. Makanan pasca operas polip pedas mampu membuka sinus yang tersumbat dahak atau lendir, serta dapat merangsang saraf-saraf di mulut dan radang tenggorokan tidak sembuh-sembuh sehingga dapat memicu hidung mengeluarkan lendir.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan sinus di hidung dengan mudah dan dapat Anda terapkan. Untuk pemakaian obat, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menghindari efek samping yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sinusitis