Sponsors Link

Wajib Tahu 7 Cara Mengobati Amandel Baik Secara Medis Maupun Alami

Sponsors Link

Amandel memang penyakit yang cukup membuat kita kesusahan. Rasa sakit, perih, dan juga nyeri ketika menelan makanan merupakan beberapa dampak dari penyakit amandel. Belum lagi pantangan amandel, makanan penyebab amandel, serta bahaya amandel yang dapat mengintai segala rentang usia.

ads

Lalu apa yang harus kita perhatikan jika terlanjut terkena penyakit satu ini? Hal yang harus kita perhatikan tentunya adalah pengobatan. Cara mengobati amandel sendiri dapat dilakukan secara konservatif atau jika sudah kronis dan tidak ada jalan lain maka dilakukan tindakan medis seperti pemberian antibiotik dan juga operasi.

Sebaiknya anda menghindari tindakan operasi, karena kelenjar amandel sendiri sangat penting bagi tubuh. Cara konservatif biasanya yang seringkali disarankan oleh mayoritas dokter.

Jika anda dapat bekerja sama dengan baik maka amandel anda dapat sembuh tanpa tersentuh meja operasi. Yuk, kita simak uraian berikut ini tentang cara mengobati amandel :

1. Perawatan dengan konsumsi sayuran

Mengkonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin juga merupakan obat yang mujarab untuk penyakit amandel. Kenapa?karena vitamin merupakan bahan bakar tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan dari serangan berbagai macam kuman, bakteri, dan virus.

2. Perawatan dengan konsumsi buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas.

3. Menggunakan ramuan teh dan madu

Ramuan teh dan juga madu dapat digunakan untuk meredakan radang amandel. Bisa juga ditambahan jeruk nipis sehingga terdapat tambahan vitamin. Dengan konsumsi ramuan tersebut secara rutin, diharapkan dapat meredakan amandel yang bengkak dan secara bertahap dapat mengobati penyakit amandel.

4. Larutan garam

Air hangat dan tambahan garam dapat juga digunakan untuk mengatasi radang amandel. Larutan garam ini dapat digunakan untuk berkumur-kumur jika ingin meredakan amandel yang membengkak.

5. Obat

Penggunaan obat-obatan juga dapat dilakukan jika dirasa perlu. Terlebih jika peradangan amandel sudah sangat mengganggu.

Beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi amandel termasuk antibiotik untuk amandel kronis adalah sebagai berikut:

  • Obat antiinflamasi non steroid. Digunakan untuk meredakan nyerim mengurangi peradangan, serta meredakan demam yang umumnya mengikuti penyakit amandel.
  • Antibiotik penisilin. Digunakan untuk menghentikan pertumbuhan serta membunuh bakteri penyebab radang amandel.
  • Antibiotik, digunakan untuk menghentikan serta membunuh bakteri.
  • Analgesi, digunakan untuk meredakan nyeri yang timbul disekitar tenggorokan sebagai dampak dari penyakit radang amandel. 

6. Istirahat dan pola hidup sehat

Penderita amandel memerlukan waktu istirahat yang cukup serta harus menerapkan pola hidup sehat jika ingin terobati. Pola hidup sehat juga perlu diterapkan terlebih dengan mengurangi konsumsi makanan tidak sehat yang mengandung zat pewarna atau penyedap rasa berlebihan. Serta harus konsumsi air putih secara rutin agar area sekitar amandel tetap lembab.

7. Bedah atau operasi

Bedah tau tindakan operasi merupakan cara mengobati amandel yang paling akhir. Dimana tindakan ini hanya diambil jika memenuhi beberapa syarat khusus diantaranya

  • Amandel terjadi secara berulang dalam setahun bisa sampai 3 kali.
  • Radang amandel menyebabkan kejang demam
  • Peradangan amandel menyebabkan kesulitan menelan, bengkak, kesulitan bernafas, gangguan tidur, serta komplikasi jantung dan paru-paru.
  • Radang amandel tidak mempan diberikan antibiotik ataupun pengobatan yang lain.
  • Infeksi bakteri yang terjadi hingga menimbulkan nanah disekitar amandel dan terjadi kambuhan.

Penting bagi anda untuk memperhatikan pula tanda-tanda amandel kambuh agar dapat mengantisipasi peradangan berulang.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan